Ingin Modifikasi Roda Mobil? Perhatikan Hal Berikut!

18 September, 2023
clock-bold
3 menit membaca

Image Ingin Modifikasi Roda Mobil? Perhatikan Hal Berikut!

Ketika modifikasi menjadi hobi, banyak yang bisa dikulik para pecinta otomotif ini. Mulai dari melapisi kap mobil dengan finishing doff, dengan tujuan melindungi lapisan cat asli, mengganti knalpot, hingga merombak sound system mobil dengan versi yang paling fancy. Namun terutama dan penting adalah modifikasi roda mobil sesuai dengan standar yang ada, apa saja? Mari cek artikel berikut.

Walaupun mesin dan performa keseluruhan mobil sudah mantap, roda turut memegang peranan penting dalam menjaga kestabilan mobil saat dikendarai. Keluarga Wuling  pasti membutuhkan roda cengkraman dari bahan karet yang bagus dan berkualitas saat berkendara di jalan.

Ketika membeli mobil dari dealer, tentunya pihak pabrikan sudah melakukan perhitungan dan pertimbangan tertentu agar setiap detail dari mobil tersebut sudah berfungsi sedemikian rupa baiknya agar mendukung performa mobil secara keseluruhan. Mulai dari cat mobil, mesin, kaki-kaki, hingga roda. Namun terkadang hobi mengulik suku cadang mobil membuat tangan ‘gatal’ untuk bereksplorasi dan menyesuaikan dengan selera pemiliknya.

Kenali Karakter Roda Mobil 

Kenali Karakter Roda Mobil

Ketika awal diluncurkan, Wuling melengkapi seri Confero S dengan ban berjenis Champiro Eco 195/60 R15 produksi pabrikan lokal, yaitu GT Radial dari PT Gajah Tunggal, Tbk. Pada GIIAS 2017, sebulan setelah peluncuran resminya, Confero S disajikan dengan tampilan lebih trendi. Confero S Sport Family Van saat itu disematkan 2 pasang ban Toyo DRB berukuran 205/55/16 dan dibuat lebih menawan dengan velg Work Emotion CR 16 inci.

Di sini terlihat ban versi pabrikan dengan versi modifikasi hanya berbeda tipis baik itu dari segi lebar, indeks beban, hingga diameter ban/velg Wuling Confero S tersebut. Bisa disimpulkan hasil modifikasi ini terbilang masih aman untuk menahan beban mobil serta daya cengkraman saat berjalan.

Baca juga: Modifikasi Interior Mobil Wuling

Sedangkan pada Cortez, spesifikasi bannya adalah 205/55/R16, sedikit lebih besar dari ‘kakaknya’. Bagi yang suka dengan tampilan roda besar, maka berekspresi dengan velg Wuling Cortez bisa dijadikan pilihan. Namun, sebelum Anda melakukan transaksi pastikan bahwa ban yang akan Anda beli memiliki rating AA atau minimal A.

Mengingat kondisi alam Indonesia hanya ada panas dan hujan, maka pilihan ban tidak menjadi terlalu sulit ketimbang jika tinggal di area bersalju. Selalu tanyakan kepada dealer ban terpercaya untuk membantu Anda memilih ban yang pas untuk melakukan modifikasi velg Wuling Confero atau Cortez Anda.

Utamakan Keamanan Roda Ban

Utamakan Keamanan Roda Ban

Salah satu tujuan dari modifikasi vleg roda mobil adalah untuk penyegaran. Terkadang kita sudah terlalu sayang dengan mobil kita, sehingga daripada menjualnya kita berusaha membuat penyegaran dalam tampilannya agar tetap terlihat menarik. Karena itu, pastikan dahulu untuk merawat ban mobil Anda tersebut.

Mengingat ukuran ban mobil yang cukup besar dan tidak semudah ukuran motor untuk ditambal, maka selalu siap sedia 2 atau minimal 1 ban cadangan yang kompatibel dengan ban lainnya. Ingat juga bahwa normalnya setiap bulan ban mobil akan berkurang tekanannya sebanyak 1 psi, jadi selalu pastikan keamanan berkendara dengan mengecek tekanan setiap ban Anda sebelum beraktivitas.

Baca juga: 4 Cara Simpel Melakukan Perawatan Interior Mobil

Nah, salah satu keuntungan membeli Wuling adalah keluarga Wuling bisa lansung mengakses informasi tekanan ban melalui layer MID di balik setir kemudi dengan kelebihan fitur TPMS atau Tire Pressure Monitoring System. Untuk info lebih mendalam tentang perawatan ban bisa baca di link merawat ban mobil ini.

Lega 'kan jika sudah memahami betul nyamannya menggunakan Wuling? Apalagi bisa melakukan modifikasi roda mobil Wuling Confero atau Wuling Cortez kesayangan Anda! Salam untuk keluarga Wuling di rumah dan selalu buat hidup lebih baik!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer