6 Cara Merawat Wiper Mobil Supaya Lebih Awet | Wuling

Auto Tips

6 Cara Merawat Wiper Mobil Supaya Lebih Awet

17 Maret, 2018

Wiper adalah salah satu aset penting bagian mobil kita yang harus selalu terawat jika perjalanan ingin terasa nyaman. Wiper yang terbuat dari bahan karet berfungsi untuk membersihkan kaca depan dari debu, air, dan kotoran yang menempel sepanjang perjalanan, seringkali digunakan di kala hujan. Namun yang bahaya adalah saat musim panas bisa menjadi lebih rentan sehingga kering, getas atau rapuh, dan akhirnya pecah-pecah. Maka untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, lakukan 6 cara merawat mobil bagian wiper seperti paparan di berikut:

Cek Kondisi Wiper

Cek Kondisi Wiper

Yang pasti  harus Keluarga Wuling perlu lakukan adalah menginspeksi wiper mobil paling tidak tiga bulan sekali. Pastikan permukaan wiper mobil masih mulus dan lentur sehingga masih baik untuk digunakan saat mengaktifkan wiper ke kaca.

Umumnya wiper  mobil punya masa fungsional sekitar 6 hingga 12 bulan. Selain batas umur kewajaran pemakaian, pada rentang waktu tersebut kerusakan juga sangat mungkin terjadi. Seperti mulai berderit, lapisan pecah atau membekas di permukaan kaca mobil.

Baca juga: 6 Komponen Mobil Wajib Dicek Saat Musim Hujan

Menyeka Lapisan

Menyeka Lapisan Wiper Mobil

Anda harus membiasakan rajin menyeka lapisannya menggunakan kertas tisu yang agak basah, misalnya saat mengisi bensin atau sesaat setelah memarkir mobil. Hal ini berguna untuk membersihkan lapisannya dari debu atau mungkin minyak yang menempel.

Menggunakan Cairan Khusus

Menggunakan Cairan Khusu Whipper

Poles karet wiper dengan cairan pelindung bahan karet secara rutin. Usahakan juga untuk selalu menggunakan cairan khusus wiper dan tidak air biasa. Hal ini dilakukan agar lapisan karet pada wiper dapat mudah bergerak.

Cairan Wiper

Cairan Wiper

Penting sekali untuk mengecek cairan wiper untuk membersihkan kaca mobil, pastikan agar cairan tersebut tetap terisi dengan air biasa atau cairan pembersih khusus. Cairan ini mencegah goresan terjadi pada kaca ketika wiper bekerja.

Angkat Wiper di Kondisi Tertentu

Angkat Wiper di Kondisi Tertentu

Saat memarkir mobil, khususnya di lokasi yang terpapar cahaya matahari yang panas dan terik, selalu angkat wiper agar tidak menempel ke kaca dan membuatnya mudah panas. Hal ini juga menjaga kualitas kaca mobil Anda tidak rusak.

Baca juga:  Pengaruh Cuaca Panas Pada Kondisi Mobil Anda

Rutin Ganti

Rutin Ganti

Saat Anda hendak mengganti wiper mobil dengan yang baru, pastikan untuk mencari yang berkualitas dan tidak sekadar murah. Carilah yang berbahan silikon karet agar umurnya lebih panjang dan juga tidak mudah merusak lapisan kaca depan mobil Anda. Selalu rawat Wuling Anda secara berkala agar fisiknya tetap prima.

Pastikan Anda merawat wiper mobil seperti yang dipaparkan di atas, selamat mencoba!

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik