Wiper Mobil: Komponen, Fungsi dan Cara Kerjanya

25 February, 2021

Image Wiper Mobil: Komponen, Fungsi dan Cara Kerjanya

Kaca mobil yang terkena suatu kotoran atau terkena air hujan biasanya akan dibersihkan dengan menggunakan wiper dan biasanya wiper terpasang di bagian depan dengan belakang. Dengan adanya wiper, maka pandangan pengendara tidak akan terhalang dan bisa melihat jelas ke arah depan atau belakang.

Wiper memang memiliki peranan yang sangat penting untuk keselamatan para pengendara, karena kinerja wiper sangat berkaitan dengan peningkatan keselamatan berkendara. Apabila hujan deras dan mobil tidak menggunakan wiper, maka kaca mobil berembun. Embun yang terlihat di kaca akan menghalangi pandangan pengendara.

Ketika pandangan pengendara terhalang, maka risiko kecelakaan berkendara sangatlah tinggi. Hal ini menjadikan wiper sebagai piranti tambahan mobil yang sangat penting dan harus ada pada semua jenis kendaraan.

Komponen Wiper Mobil

Wiper mobil memang terdiri dari berbagai komponen penyusun seperti wiper blade, wiper link, saklar wiper, motor wiper dan wiper arm atau lengan wiper.

Motor Wiper

Motor Wiper

Motor Wiper menjadi salah satu bagian dari sistem wiper yang berguna untuk menggerakan wiper secara otomatis dan motor wiper yang banyak dipakai biasanya memakai magnet yang dilengkapi dengan gigi reduksi. Setidaknya ada 2 tipe motor wiper yang bisa menimbulkan medan magnet yaitu tipe ferrite magnet yang memakai ferrite magnet permanen dan tipe wound rotor yang memakai lilitan coil untuk hasilkan elektromagnet.

Motor wiper yang sering dipakai belakangan ini yaitu tipe ferrite magnet, karena tipe wiper ini memiliki ukuran yang terbilang kecil dan memiliki bobot yang ringan, sehingga sangat cocok dipasangkan pada jenis mobil apapun.

Wiper Link

Wiper Link

Wiper link sering disebut juga sebagai tuas wiper yang berguna untuk melakukan perubahan gerakan putaran dari motor wiper menjadi sebuah gerakan yang bolak balik dari arah kiri serta kanan. Bagian depan mobil biasanya menggunakan sistem wiper yang memakai dua buah blade sekaligus dan mekanisme yang dipakai untuk menggerakan kedua blade memakai sistem paralel tandem.

Saat wiper mulai dinyalakan, maka motor wiper akan memutar crank arm dan hal ini akan membuat batang penghubung akan saling tarik dorong. Wiper link akan membuat wiper arm bekerja dengan setengah lingkaran yang mengelilingi poros pivot. Linking rod atau batang penghubung yang biasanya terpasang pada kedua arm wiper akan membuat kedua blade bekerja secara bersamaan dan bekerja secara paralel.

Wiper Arm

Wiper Arm

Wiper Arm atau lengan wiper biasanya terdiri dari head yang berguna buat mengikat wiper arm dengan wiper shaft. Pegas akan berguna untuk bisa menahan blade. Sedangkan arm piece akan berguna untuk proses pemasangan blade dan retainer untuk menahan seluruhnya.

Wiper Blade

Wiper Blade

Wiper blade biasanya terdiri dari suatu atau sebuah karet yang berguna untuk membersihkan bagian permukaan kaca mobil. Adanya kombinasi antara leaf spring packing dengan lever dan clip untuk memasangkan blade pada bagian lengan wiper.

Apa Fungsinya untuk Mobil?

Apa Fungsinya untuk Mobil?

Wiper berfungsi untuk membersihkan kaca mobil di bagian depan dan belakang, meskipun tidak semua mobil dipasang wiper di belakang. Pembersihan yang dilakukan oleh wiper bisa menghilangkan minyak, debu, air hujan dan kotoran yang menempel pada bagian kaca mobil.

Apabila tidak ada wiper, tentu air hujan yang membasahi kaca akan mengembun dan kondisi kaca menjadi tidak jelas. Tak hanya itu, kotoran yang menempel pada kaca mobil dalam waktu yang lama dan mengendap, tentu sangat sulit dihilangkan. Kotoran yang dibiarkan, tentu akan membuat pandangan pengemudi terhalang dan hal ini membuat risiko kecelakaan sangatlah besar.

Tak hanya soal wiper, namun ada juga washer yang sangat membantu kinerja dari wiper. Washer akan menyemprotkan atau mengeluarkan cairan pembersih pada kaca mobil, sehingga berbagai kotoran yang menempel pada kaca mobil lebih mudah untuk dihilangkan. Washer bisa dipasang di bagian depan mobil atau di bagian belakang.

Tidak semua kotoran yang menempel di mobil bisa hilang dengan wiper, sehingga kaca mobil perlu disiram dengan cairan pembersih khusus yang disemprotkan otomatis oleh washer. Dengan berbagai fungsi yang signifikan, tentu washer sangatlah dibutuhkan dalam sebuah mobil.

Washer juga sangat meringankan kerja pemilik mobil, karena tidak perlu membersihkan kaca mobil secara manual. Washer juga sangat meringankan kinerja dari wiper dan hasil pengusapan juga akan lebih bersih. Washer biasanya terbuat dari cairan khusus yang banyak dijual di berbagai bengkel mobil. Tak hanya sekedar membersihkan kotoran, washer juga bisa mencegah datangnya kembali kotoran di kaca mobil.

Cara Kerja Wiper

Cara Kerja Wiper

Pada saat saklar wiper dalam posisi off, maka wiper tidak akan berfungsi. Pada saat saklar wiper dalam posisi yang mode low speed, maka wiper akan bekerja dalam kecepatan rendah. Pada saat saklar wiper dalam posisi mode high speed, maka wiper akan bekerja dengan kecepatan yang lumayan tinggi.

Setelah memahami cara kerja, komponen dan fungsi detail wiper mobil maka sebaiknya rawat wiper sebaik mungkin dan rajin membersihkannya.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer