Jarak Ideal Sorot Lampu Mobil, Pahami Cara Mengaturnya

29 March, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Jarak Ideal Sorot Lampu Mobil, Pahami Cara Mengaturnya

Jarak ideal sorot lampu mobil merupakan salah satu poin penting untuk dipahami oleh pemilik kendaraan sebelum menggunakannya. Apalagi berkendara di malam hari, jika sorot lampunya kurang tepat, bisa mengganggu pencahayaan dan membuat pengemudi di depan kesulitan untuk melihat jalan.

Sorot lampu ini dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan kenyamanan sepanjang berkendara dengan berbagai cara. Pengemudi lain akan terpapar silau cahaya lampu mobil karena sorot lampu jauh mobil yang terlalu tinggi sehingga menutupi penglihatan jalan raya.

Apabila sorot lampu terlalu jauh akan mengganggu pengguna jalan lain saat berpapasan, tetapi jika terlalu rendah pandangan pengemudi di malam hari akan terbatas. Agar aman untuk berkendara dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya, Anda harus memahami jarak ideal sorot lampu mobil yang dipaparkan di bawah ini.

Aturan Menggunakan Sorot Lampu Mobil di Jalan

Membahas mengenai jarak ideal sorot lampu mobil sebenarnya sudah memiliki acuan seperti yang tercantum pada Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2015 tentang Kendaraan. Dalam peraturan tersebut telah mengatur cukup detail mengenai jarak ideal sorot lampu mobil.

Selain itu, sudah ditentukan juga apabila peraturan ini tidak diindahkan pengemudi bisa mendapatkan denda dari petugas yang berwajib. Berikut merupakan kutipan dari Pasal 24 ayat (1) PP Kendaraan, mengenai lampu mobil:

  1. Berjumlah 2 (dua) buah atau kelipatannya
  2. Dipasang pada bagian depan Kendaraan Bermotor
  3. Dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) millimeter dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400 (empat ratus) millimeter dari sisi bagian terluar Kendaraan
  4. Dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 (empat puluh) meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 (seratus) meter ke arah depan untuk lampu utama jauh.

Pengguna mobil dapat dikenakan hukuman jika peraturan tersebut tidak diindahkan. Sebagai konsekuensi, pengemudi dapat dikenakan hukuman penjara paling lama 2 (dua) bulan atau denda sebesar maksimal Rp 500 ribu.

Berapa Jarak Cahaya Lampu Jauh Mobil?

Berapa Jarak Cahaya Lampu Jauh Mobil?

Menurut standar internasional, lampu jauh mobil harus dapat menyinari hingga jarak minimal 100 meter di depan kendaraan sebelum cahaya menurun hingga intensitas yang lebih rendah dari lampu jauh. Namun pada praktiknya, tergantung pada spesifikasi mobil dan kualitas lampu yang dipasang, beberapa mobil dapat memiliki lampu jauh yang dapat menyinari hingga jarak yang lebih jauh dari itu.

Selalu penting untuk menjaga lampu kendaraan Anda dalam kondisi baik dan membersihkannya secara teratur untuk memaksimalkan kinerjanya. Jarak pandang ini harus memungkinkan waktu reaksi yang memadai dalam menghadapi berbagai situasi di jalan.

Oh ya sebelum lanjut membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Standar Ketinggian Lampu Mobil

Ketinggian lampu mobil juga diatur seperti pada Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2015, yaitu ketinggian arah sinar lampu utama tidak lebih dari nol derajat tiga puluh empat menit ke kanan dan nol derajat sembilan menit ke kiri, dengan lampu ditempatkan dalam posisi yang tidak melebihi 1,3% (persen) dari perbedaan antara ketinggian arah sinar lampu saat tanpa muatan dan saat bermuatan.

Faktor Lampu Mobil Tidak Fokus

Tidak fokusnya lampu mobil bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab lampu mobil tidak fokus:

  • Posisi Lampu yang Tidak Tepat

Pastikan lampu mobil terpasang benar dan tidak ada goyang atau terlepas dari posisi aslinya. Posisi yang salah dapat mengganggu fokus cahaya.

  • Penyetelan yang Salah

Jika lampu mobil telah disetel ulang atau diganti, pastikan penyetelan sesuai dengan spesifikasi pabrik. Penyetelan yang tidak tepat dapat menyebabkan fokus cahaya terganggu.

  • Kotoran atau Debu

Kotoran atau debu yang menempel pada lensa lampu juga dapat mengurangi fokus cahaya. Pastikan untuk membersihkan lensa secara teratur.

  • Kerusakan Reflektor atau Lensa

Reflektor atau lensa lampu yang pecah atau rusak dapat menyebabkan cahaya tersebar tidak merata, sehingga mengurangi fokusnya.

  • Perubahan Ketinggian Kendaraan

Jika kendaraan mengalami perubahan ketinggian, misalnya karena mengganti ban atau menambah beban di bagian belakang. Hal ini dapat mempengaruhi fokus lampu.

  • Kerusakan pada Sistem Pengatur Cahaya

Sistem pengatur cahaya yang rusak dapat menyebabkan lampu mobil tidak fokus. Periksa kabel dan sambungan untuk memastikan semuanya dalam kondisi baik.

Demikian penjelasan pentingnya jarak ideal sorot lampu mobil di jalan raya. Selain untuk kenyamanan Anda dalam berkendara, sorot lampu yang ideal tidak akan mengganggu pengemudi lain ketika berpapasan dan tidak membuat kekurangan pencahayaan pada malam hari. Sementara bila sorot lampu terlalu tinggi bisa menyebabkan pengemudi lain merasa silau. Jadi pastikan poin-poin di atas diikuti oleh pengendara mobil sebaik mungkin.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer