Mengatasi Silau Cahaya Lampu Mobil di Malam Hari | Wuling

Life Style

Mengatasi Silau Cahaya Lampu Mobil di Malam Hari

8 Juni, 2020

Image Mengatasi Silau Cahaya Lampu Mobil di Malam Hari

Berkendara di malam hari membutuhkan kewaspadaan ekstra. Pemandangan sekitar yang gelap membuat pengendara berhati-hati dengan keadaan sekitar, seperti silau cahaya lampu mobil yang dipancarkan pengendara berlawanan arah dapat menyilaukan mata. Efeknya bisa membuat penglihatan sedikit buram dan membahayakan pengendara dari lawan arah tersebut.

Di satu sisi, sinar cahaya lampu mobil yang terang dapat membantu menerangi jalan dan menambah penglihatan saat menyetir mobil di malam hari. Namun disisi lain berbahaya karena terlalu menyilaukan. Untuk itu, sebelum melakukan perjalanan di malam hari ada baiknya bagi mengecek kesiapan kendaraan termasuk diri sendiri.

Kondisi Kaca Depan Bersih

Kondisi Kaca Depan Bersih

Dari sisi kendaraan, Anda harus memastikan kondisi kaca depan benar-benar bersih baik diluar maupun bagian dalam. Saat permukaan kaca kotor atau tergores, cahaya bisa terpecah saat mengenai kotoran tersebut dan membuat silau pandangan.

Supaya tak silau, Anda sebaiknya tak melihat langsung ke cahaya lampu dari pengendara lawan arah. Namun bila mata sudah terasa silau, lihatlah ke sebelah kanan dan perhatikan garis pembatas berwarna putih. Hal ini membantu Anda tetap berada di dalam jalur. Ketika penglihatan mulai kembali normal, Anda bisa kembali memfokuskan pandangan ke depan.

Mika Lampu yang Bersih

Mika Lampu yang Bersih

Mika lampu juga harus dipastikan dalam kondisi bersih. Ini mungkin sering luput dari pandangan pemilik mobil. Mika lampu yang bersih dapat membantu penglihatan bagi si pengendara itu sendiri maupun pengguna jalan lain karena cahaya yang terpecah lantaran terhalang kotoran.

Mengalihkan Pandangan ke Dasbor

Mengalihkan Pandangan ke Dasbor

Anda bisa mengurangi cahaya lampu dengan mengalihkan mata ke arah dasbor mobil untuk mengurangi kesilauan. Usai melihat sinar yang terlalu terang, mata Anda akan melakukan penyesuaian dari gelapnya jalan ke dasbor.  Usahakan juga agar mata Anda tetap bergerak misalnya mengecek kaca spion di kanan, kiri, daripada hanya terdiam di satu titik untuk mengurangi rasa lelah pada mata.

Jaga Kondisi Badan

Jaga Kondisi Bada

Rasa lelah juga mempengaruhi penglihatan Anda. Oleh karena itu, pastikan beristirahat dengan cukup secara beberapa kali ketika melakukan perjalanan jauh. Cara ini untuk mencegah bahaya ketika menghadapi silau cahaya lampu mobil. Mata yang lebih waspada dapat menghadapi cahaya tersebut.

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi silau cahaya lampu mobil saat berkendara di malam hari. Tetap berhati-hati saat berkendara, ya!