Wajib Tahu! Pengertian dan Perbedaan Torsi dan Tenaga pada Mobil | Wuling

Auto Tips

Wajib Tahu! Pengertian dan Perbedaan Torsi dan Tenaga pada Mobil

21 Oktober, 2020

Image Wajib Tahu! Pengertian dan Perbedaan Torsi dan Tenaga pada Mobil

Torsi dan tenaga adalah dua hal yang sering ditemukan saat membaca spesifikasi seputar mobil ataupun berita berita seputar otomotif. Namun, apakah Anda sudah memahami apa perbedaan antara keduanya?

Bisa dikatakan keduanya saling berkaitan, namun keduanya adalah hal yang berbeda. Untuk memahami perbedaan keduanya lebih mendalam, Anda bisa memperhatikan perbedaan penting antara keduanya pada penjelasan dibawah.

Pengertian Torsi

Pengertian Torsi

Mekanisme gerakan antara poros engkol dan piston menghasilkan sebuah gerakan putaran yang disebut dengan torsi. Jadi pengertian langsung dari torsi adalah energi yang dikeluarkan sejak mobil berada dalam keadaan diam hingga mobil berjalan. Pada mobil energi ini merujuk pada akselerasi mobil, semakin besar torsi yang dihasilkan pada mobil, maka semakin baik akselerasinya.

Baca juga: 7 Komponen Mesin Mobil, Bagian dan Fungsinya Apa Saja?

Pengertian Tenaga

Pengertian Tenaga

Kalau tadi torsi adalah energi yang diberikan dari mesin yang sedang menyala, maka pengertian tenaga atau power adalah energi yang berasal dari mesin supaya mobil dapat mencapai kecepatan tertinggi (top speed). Kecepatan ini sangat berpengaruh oleh seberapa panjang ganggang yang terdapat di mesin mobil. Semakin panjang ukurannya, maka tenaga yang dibutuhkan akan makin kecil.

Hubungan Torsi & Tenaga Terhadap Akselerasi

Hubungan Torsi & Tenaga Terhadap Akselerasi

Para teknisi mengatakan keduanya ini dihasilkan dari dua rumus yang berbeda. Rumus perhitungan torsi adalah hasil kali dari gaya dan jarak. Sementara itu tenaga didapatkan dari hasil kali torsi dan rpm. Dari perhitungan ini didapatkan kesimpulan bahwa saat sebuah mobil melakukan sebuah gaya dorong, maka mobil tersebut akan mengahasilkan kecepatan tertentu. Semakin angka torsi yang dihasilkan, maka dengan gaya yang sama akan menghasilkan daya yang jauh lebih besar.

Prioritas Pilih Kendaraan Dilihat dari Torsi & Tenaga

Prioritas Pilih Kendaraan Dilihat dari Torsi & Tenaga

Setiap mobil memiliki torsi dan tenaga yang berbeda beda, tergantung dari jenis dan fungsi mobil tersebut. Jenis mobil city car tentunya akan membutuhkan torsi dan tenaga yang berbeda dengan mobil dengan jumlah penumpang yang lebih banyak.

Perhitungan torsi menggunakan besaran Newton (N) atau Kilogram meter, sementara tenaga menggunakan besaran satuan Horsepower (Hp) atau PS. Dalam perhitungannya, kita dapat memanipilasi nilai torsi dengan menggunakan girboks. Dengan menggunakan alat ini, perubahan pada gigi rasio akan bisa merubah torsi. Sedangkan tenaga tidak dapat dimanipulasi dengan cara apapun, jadi kecepatan sangat berpengaruh dari tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

Baca juga: Pentingnya Ganti Oli Mesin Mobil Secara Rutin!

Pada salah satu varian mobil Wuling yaitu Almaz, Anda akan menemukan kombinasi antara mesin turbo berteknologi terbaru dan Continuously Variable Transmission (CVT). CVT adalah transmisi otomatis yang berfungsi untuk merubah rasio secara bertahap sepanjang rentang rasionya. Teknologi terbaru ini memberikan perpindahan transmisi yang jauh lebih responsif dan halus.

Dari segi tenaga, Wuling Almaz dibekali dengan teknologi Honeywell terbaru dengan kapasitas 1.451 cc, dimana output yang dihasilkan adalah 140 dk/5.200 rpm dan torsi 250 Nm di putaran 1.600-3.600 rpm. Dengan output sebesar ini, Anda akan memiliki pengalaman berkendara yang jauh lebih baik setiap harinya.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik