7 Komponen Mesin Mobil, Bagian dan Fungsinya Apa Saja? | Wuling

Auto Tips

7 Komponen Mesin Mobil, Bagian dan Fungsinya Apa Saja?

4 Oktober, 2020

Image 7 Komponen Mesin Mobil, Bagian dan Fungsinya Apa Saja?

Sebagai varian terbaru, Cortez S Type S banyak ditunggu para pecinta otomotif karena mengusung mesin yang sangat bertenaga di kelasnya dengan harga yang lebih terjangkau. Mobil ini mengusung mesin turbo 4 silinder segaris, DOHC, DVVT berkapasitas 1.451 cc, Wuling Cortez S Type S mampu mengeluarkan tenaga hingga 140 daya kuda pada putaran 5.200 rpm.

Dengan tenaga yang sangat besar tersebut dipastikan Wuling Cortez S Type S memiliki dukungan komponen mesin dengan fungsi yang sangat baik. Untuk mengetahui apa saja komponen apa saja yang menghasilkan tenaga luar biasa pada Cortez S Type S, Anda bisa simak pada penjelasannya berikut ini.

Blok Silinder

Blok Silinder

Blok silinder adalah komponen yang paling utama dan merupakan dasar sebuah mesin mobil. Fungsi utama dari blok silinder adalah sebagai tempat dudukan engkol mekanisme engkol. Di dalam blok silinder terdapat beberapa silinder mesin yang masing masing terhubung dengan piston dan poros engkol pada ujung batang yang lain. Pergerakan piston yang naik turun yang membuat pergerakan pada bagian engkol dan menjalankan siklus kerja mesin.

Baca Juga: 6 Ragam Komponen AC Mobil

Silinder Head

Silinder Head

Silinder head adalah komponon penting mesin mobil yang dipasang di blok silinder. Silinder head memiliki peranan penting pada ruang pembakaran karena berfungsi untuk memindahkan panas menjadi tenaga. Pada umumnya silinder head terbuat dari bahan alumunium alloy yang sangat ringan yang memiliki efisiensi pendingin sangat baik dan biasanya dilapisi dengan Nikasil. Perawatan silinder head yang benar akan memberikan tenaga dan performa yang optimal.

Piston atau Torak

Piston atau Torak

Piston atau Torak adalah jantung mesin yang berperan langsung pada proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga. Piston yang bergerak naik turun akan mengasilkan energi ke seluruh bagian mesin, mulai dari mekanisme engkol, fly wheel hingga pemindah daya dan penggerak roda. Kepala piston memiliki beberapa macam bentuk, ada yang cembung dan ada juga yang datar.

Baca Juga: Pentingnya Ganti Oli Mesin Mobil

Batang Piston atau Connecting Rod

Batang Piston atau Connecting Rod

Batang Piston atau Connecting Rod memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara poros engkol dan piston. Batang piston akan menerima tenaga yang dikeluarkan piston dan merubahnya menjadi energi putar.

Ring Piston

Ring Piston

Walaupun tidak terlalu terlihat, ring piston memiliki fungsi yang sangat penting. Ring piston berperan untuk merapatkan piston dengan blok silinder untuk mencegah kebocoran saat proses kompresi sedang berjalan. Bocornya gas saat kompresi dan oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran akan menimbulkan permasalahan pada mesin mobil secara keseluruhan. Selain itu ring piston juga berfungsi untuk mengurangi oli yang berlebih di dindind silinder.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Mobil Saat PSBB Selama di Rumah Saja

Poros Engkol atau Crank Shaft

Poros Engkol atau Crank Shaft

Energi gerak akan dirubah menjadi energi putar oleh poros engkol atau crank shaft, energi inilah yang kemudian akan menggerakkan roda. Selain itu poros engkol juga memiliki fungsi untuk menjaga pergerakan piston supaya dapat bekerja normal. Dalam prosesnya, pergerakan poros engkol akan dibantu batang piston yang pemasangannya ada dibawah blok silinder.

Karter atau Oil Pan

Karter atau Oil Pan

Keseluruhan kinerja mesin tidak akan berjalan sempurna tanpa adanya karter. Karter atau oil pan berfungsi sebagai penampungan oli mesin yang digunakan sebagai pelumas seluruh komponen mesin. Letak karter berada dibawah blok silinder dan dilengkapi dengan penyumbat oli atau drain plug yang ditambahkan dengan baut dan gasket untuk mencegah kebocoran oli mesin.

Baca Juga: 6 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Demikian berbagai komponen yang terdapat pada mesin mobil. Masing masing komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda beda namun saling berkesinambungan. Perawatan masing masing komponen yang benar akan memberikan tenaga mesin yang optimal. Keluarga wuling dapat melakukan perawatan mesin Cortez S Type S di dealer wuling terdekat supaya selalu optimal dan nyaman dikendarai.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik