6 Tips Pindahan Rumah dengan Jasa Mobil Pick Up

18 January, 2023

Image 6 Tips Pindahan Rumah dengan Jasa Mobil Pick Up

Bagi sebagian besar orang, pindahan rumah mungkin merupakan PR besar yang merepotkan. Tak jarang orang-orang merasa malas, bahkan sampai pusing memikirkan urusan pindahan rumah, apalagi jika barang yang harus dipindah ada banyak. Mulai dari perabot besar hingga perabot kecil, semua harus diangkut dari rumah lama menuju rumah baru. Jasa pindahan rumah menggunakan mobil angkut barang pun menjadi hal yang tak bisa dilewatkan apabila seseorang ingin pindah rumah. Biasanya, jasa ini menggunakan mobil pick up box yang mampu membawa muatan banyak dengan bobot cukup berat.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang akan pindah rumah dan merasa pusing dengan urusan tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Sebelum Anda pindahan rumah dengan jasa mobil pick up, ada enam tips yang perlu Anda perhatikan.

Apa saja enam tips pindahan rumah yang bisa dilakukan? Simak pembahasannya berikut!

Pilih Jasa Pindahan Rumah yang Profesional

Pilih Jasa Pindahan Rumah yang Profesional

Tips pindahan rumah yang pertama yaitu pilihlah jasa pindahan rumah yang profesional. Carilah jasa dengan testimoni yang bagus dan terpercaya. Pastikan jasa pindahan rumah yang Anda pilih menggunakan mobil pick up yang kondisinya bagus agar mampu mengangkut seluruh perabot rumah Anda sampai di tujuan.

Minta juga kepada jasa pindahan rumah untuk menyediakan terpal untuk menutup barang pindahan supaya tidak kotor terkena debu saat di jalan. Terpal juga berfungsi untuk mencegah barang-barang terkena basah apabila di perjalanan tiba-tiba hujan. Selain itu, konsultasikan juga kepada penyedia jasa pindahan, kira-kira seberapa banyak barang yang perlu Anda bawa, apakah nantinya akan menggunakan lebih dari satu mobil pick up, atau menggunakan satu mobil pick up saja tapi bolak-balik.

Packing Sejak Jauh-Jauh Hari

Packing Sejak Jauh-Jauh Hari

Sebaiknya, mulailah packing sejak jauh-jauh hari sebelum hari pindahan rumah. Hal ini bertujuan agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk menata barang dengan hati-hati dan tidak terburu-buru. Anda bisa packing mulai dari barang-barang yang jarang dipakai hingga barang-barang yang paling sering dipakai. Usahakan packing sudah selesai sebelum hari H, supaya saat hari H, Anda tinggal fokus mengangkut dan memindah barang dari rumah lama menuju rumah baru.

Buat Daftar Barang yang Akan Dipindahkan

Buat Daftar Barang yang Akan Dipindahkan

Sembari packing, Anda bisa mencatat dan membuat daftar barang yang akan dipindah secara mendetail. Pada daftar tersebut, bagilah barang-barang Anda ke dalam beberapa kelompok sesuai jenisnya. Selain itu, untuk barang-barang yang jumlahnya lebih dari satu, tulislah jumlah pasti dari barang tersebut. Sebagai contoh misalnya, kelompok peralatan dapur terdiri atas piring sejumlah 50, gelas sejumlah 50, sendok sejumlah 100, dan seterusnya. Supaya terstruktur rapi, Anda bisa membuat daftar ini dalam bentuk tabel.

Dengan membuat daftar barang yang mendetail, Anda bisa mengetahui dan memperkirakan seberapa banyak barang yang perlu dipindah menggunakan mobil pick up. Selain itu, daftar ini juga akan memudahkan Anda saat unpacking setelah sampai di rumah baru.

Sortir Barang yang Ingin Disumbang dan Dibuang

Sortir Barang yang Ingin Disumbang dan Dibuang

Jika barang Anda terlalu banyak, saat packing, sebaiknya sortir barang-barang yang ingin disumbangkan dan dibuang. Untuk barang yang sudah tidak layak pakai, sebaiknya dibuang. Sedangkan untuk barang yang masih layak pakai namun jarang digunakan, sebaiknya disumbangkan. Menyortir barang seperti ini akan membantu Anda mengurangi barang-barang yang harus dibawa ke rumah baru. Sehingga barang yang Anda bawa ke rumah baru benar-benar merupakan barang yang Anda butuhkan saja.

Gunakan Box untuk Menata dan Membungkus Barang

Gunakan Box untuk Menata dan Membungkus Barang

Untuk barang-barang selain perabot rumah yang berukuran besar, seperti furniture dan barang elektronik, sebaiknya dikumpulkan sesuai jenisnya dan ditata rapi dalam box. Jenis box yang direkomendasikan untuk pindahan rumah adalah corrugated plastic box karena bahannya tebal dan tahan air, sehingga bisa dipakai berulang kali dan tidak mudah rusak meskipun terkena basah. Selain bermanfaat untuk membungkus dan mengelompokkan barang, penggunaan box juga berguna untuk melindungi barang agar tidak tercecer dan mudah hilang.

Selain itu, sediakan juga box khusus untuk membawa barang-barang penting, seperti dokumen. Untuk barang-barang penting ini sebaiknya tidak dinaikkan ke mobil pick up jasa pindahan. Lebih baik Anda bawa sendiri di kendaraan pribadi Anda supaya lebih aman dan tetap terawasi.

Gunakan Bubble Wrap untuk Barang Rentan Pecah/Rusak

Gunakan Bubble Wrap untuk Barang Rentan Pecah/Rusak

Saat packing, jangan lupa untuk membungkus barang-barang yang rentan rusak atau pecah dengan bubble wrap agar barang tersebut aman sampai tujuan. Barang yang dimaksud seperti barang pecah belah, jam dinding, remote TV, remote AC, pajangan, serta barang lainnya yang mudah rusak apabila tertimpa atau tergencet.

Demikian enam tips pindahan rumah dengan jasa mobil pick up. Sebelum hari H pindahan, sebaiknya Anda berpamitan kepada tetangga setempat untuk membangun kesan baik kepada tetangga. Jangan lupa juga untuk memastikan seluruh barang telah terbawa dan tidak ada yang tertinggal di rumah lama. Semoga pindahan rumah Anda berjalan lancar!

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer