9 Tips Nyaman Bepergian Jauh Pakai Mobil Listrik

31 December, 2022

Image 9 Tips Nyaman Bepergian Jauh Pakai Mobil Listrik

Akhir tahun memang paling pas jika digunakan untuk liburan bersama keluarga. Agar perjalanan bisa lancar dan menyenangkan, pastinya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan bukan? Salah satunya sudah pasti kendaraan atau mobil. Kira-kira aman tidak jika bepergian jauh pakai mobil listrik?

Untuk Anda yang masih bingung apakah mobil listrik cocok dan aman untuk bepergian jarak jauh, maka jawabannya sudah pasti aman. Saat ini telah banyak mobil listrik yang dirancang dengan kapasitas baterai cukup besar. Selain itu, lokasi SPKLU juga sudah tersebar di banyak titik di seluruh Indonesia sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ingin melakukan pengisian ulang daya baterai mobil listrik.

Agar perjalanan liburan bersama keluarga bisa nyaman dan aman, ada beberapa tips bepergian jauh pakai mobil listrik yang perlu Anda perhatikan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Cek Kondisi Kesehatan

1. Cek Kondisi Kesehatan

Hal paling penting yang perlu diperhatikan saat ingin bepergian jauh sudah pasti adalah kondisi fisik. Kondisi fisik pengendara dan orang yang ikut rombongan liburan harus fit dan sehat. Maka dari itu, sebelum bepergian, wajib untuk beristirahat dengan cukup.

Cek Kondisi Kendaraan

2. Cek Kondisi Kendaraan

Selain kondisi rombongan, kendaraan yang akan digunakan untuk bepergian jauh juga harus dalam kondisi yang prima. Anda bisa melakukan pemeriksaan kendaraan secara mandiri di rumah atau membawanya ke bengkel sebelum bepergian.

Siapkan Rute

3. Siapkan Rute

Agar perjalanan jauh yang efisien dengan mobil listrik, pastikan sebelum berangkat Anda telah mempersiapkan rute dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan perencanaan perjalanan seperti di titik mana akan beristirahat, rute alternatif jika memang memungkinkan  dan lainnya.

6. Ponsel harus memiliki daya cukup 1000x569

4. Perhitungkan Ketersediaan Kapasitas Baterai

Sebelum bepergian jauh menggunakan mobil listrik, Anda juga perlu menghitung ketersediaan kapasitas baterai dengan jarak tempuh yang bisa dicapai. Hal ini penting diperhitungkan karena akan berperan penting dalam menentukan lokasi pengisian daya. Untuk menghitungnya, Anda perlu tahu seberapa hemat mobil listrik tersebut.

Siapkan Akses Internet

5. Siapkan Akses Internet

Tips penting lainnya yang perlu diperhatikan saat ingin bepergian jauh pakai mobil listrik adalah pastikan siapkan akses internet yang bagus. Hal ini sangat berguna untuk kelancaran selama perjalanan termasuk untuk mengakses aplikasi pengisian daya. Selain itu, pastikan juga saldo dompet digital cukup karena diperlukan untuk membayar biaya pengisian daya mobil listrik.

Ponsel Harus Memiliki Daya Cukup

6. Ponsel Harus Memiliki Daya Cukup

Selain baterai kendaraan, ponsel juga perlu memiliki baterai yang cukup saat ingin bepergian jauh menggunakan mobil listrik. Ponsel diperlukan untuk melakukan pengecekan tempat pengisian daya. Maka dari itu, usahakan untuk membawa cadangan daya seperti powerbank.

Bawa Emergency Tools

7. Bawa Emergency Tools

Saat melakukan perjalanan jauh, usahakan untuk selalu membawa emergency tools di dalam kendaraan. Di antaranya seperti ban serep, segitiga emergency, dongkrak, cairan penambal ban, kartu tol, hingga obat-obatan.

Bawa Makanan yang Cukup

8. Bawa Makanan yang Cukup

Untuk menghemat waktu, sebaiknya sediakan makanan yang cukup di dalam kendaraan selama bepergian jauh menggunakan mobil listrik. Dengan cara seperti ini, Anda tidak perlu banyak berhenti untuk membeli makanan sehingga akan lebih efisien waktu dan daya baterai.

Istirahat Jika Lelah

9. Istirahat Jika Lelah

Bepergian dalam jarak yang jauh sudah pasti membutuhkan fisik yang prima. Maka dari itu, jika merasa lelah atau capek, sebaiknya berhenti dan beristirahat. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan akibat sopir mengantuk atau kelelahan.

Salah satu rekomendasi mobil listrik terbaik yang cocok untuk liburan bersama keluarga adalah Wuling Air ev. Mobil ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar serta dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Hal ini membuat bepergian jauh pakai mobil listrik akan lebih aman dan nyaman selama perjalanan.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer