Efisiensi Mobil Listrik untuk Kendaraan Masa Kini

12 September, 2022

Image Efisiensi Mobil Listrik untuk Kendaraan Masa Kini

Efisiensi mobil listrik tidak perlu diragukan lagi jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Seperti namanya, mobil ini menggunakan sumber tenaga yang berasal dari baterai atau listrik sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli BBM. Hal ini pastinya lebih efisien dan hemat khususnya di tengah kenaikan harga BBM seperti sekarang.

Beberapa waktu belakangan ini popularitas mobil listrik memang semakin populer. Mobil listrik dianggap lebih ramah lingkungan sehingga tidak heran jika banyak produsen kendaraan yang merilis produk mobil listrik dengan berbagai fitur canggih.

Peningkatan pasaran mobil listrik selaras dengan kebijakan pemerintah yang menghimbau masyarakat untuk beralih dari mobil konvensional ke mobil listrik. Kebijakan ini didukung dengan dibangunnya SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di berbagai wilayah Indonesia untuk memudahkan pemilik kendaraan dalam melakukan isi ulang daya baterai.

Cara Kerja dan Efisiensi Mobil Listrik

Cara Kerja dan Efisiensi Mobil Listrik

Secara umum, cara kerja mobil listrik sebenarnya cukup sederhana. Sumber energi yang digunakan pada mobil listrik berasal dari baterai. Pada mobil ini terdapat teknologi inverter yang berguna untuk mengubah daya baterai DC menjadi AC. Selanjutnya arus listrik AC ini akan mengubah motor induksi sehingga dapat mengaktifkan roda penggerak.

Jika dulunya harga mobil listrik lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil konvensional. Namun seiring perkembangannya, saat ini telah banyak jenis mobil listrik yang dipasarkan dengan harga cukup terjangkau.

Tidak hanya menawarkan harga unit yang terjangkau saja, akan tetapi mobil listrik juga menawarkan biaya pengisian daya yang lebih murah jika dibandingkan dengan pengisian bahan bakar minyak. Biaya untuk pengisian baterai mobil listrik berkisar antara Rp 1.700 - Rp 1.800 per 1.3 kWh. Sedangkan biaya pengisian BBM berkisar Rp 10.000 -Rp 17.000 per liter.

Dengan perhitungan tersebut, mobil listrik hanya membutuhkan biaya pengisian daya sekitar Rp 200 ribu untuk perjalanan dari Jakarta ke Bali. Sedangkan pada mobil konvensional, membutuhkan biaya bensin sekitar Rp1,2 juta untuk rute tersebut. Jauh lebih hemat bukan?

Mengutip siaran pers yang dipublikasikan kemenperin.go.id, hasil studi dan riset yang dilakukan oleh Kementerian Perindustrian dengan menggandeng Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta industri otomotif menunjukkan bahwa mobil listrik dinilai mampu menghemat energi hingga 80% jika dibandingkan dengan mobil konvensional yang menggunakan BBM. Tidak hanya itu, penggunaan mobil listrik ini juga dapat menghemat BBM hingga dua kali lipat jika dibandingkan saat memakai bahan bakar B20.

Selain lebih efisien, mobil listrik juga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Mobil listrik hanya menghasilkan emisi karbon dioksida (C02) sebesar 0.5 gram/km. Sedangkan mobil konvensional menghasilkan emisi C02 sebesar 125 gram/km.

Jadi, bisa dikatakan bahwa beralih menggunakan mobil listrik dapat menjadi alternatif pilihan yang tepat sebagai kendaraan modern masa kini. Dengan kelebihan mobil listrik dan tingkat efisiensi yang tinggi tersebut, mobil listrik pastinya lebih hemat dan Anda tidak perlu pusing dengan keadaan ketika ada kenaikan harga BBM.

Wuling Air EV Bisa Sebagai Pilihan Mobil Efisien 1000x569

Wuling Air EV Bisa Sebagai Pilihan Mobil Efisien

Saat ini ada banyak pilihan mobil listrik, salah satunya adalah mobil listrik berdimensi compact  dengan desain future-tech, Wuling Air ev. Mobil listrik tidak hanya dibekali dengan berbagai fitur canggih saja, namun juga memiliki tingkat efisiensi yang baik. Mobil ini cocok untuk kebutuhan berkendara sehari-hari khususnya bagi masyarakat perkotaan.

Wuling Air ev juga dibekali dengan fitur easy charger sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi ulang daya baterai, didukung kualitas daya tahan baterai mobil listrik yang optimal. Selain lebih praktis, cara ini pastinya juga lebih hemat dibandingkan menggunakan mobil konvensional dengan bahan bakar bensin.

Kenaikan harga BBM memang dapat membuat masyarakat kebingungan karena harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli bahan bakar, sehingga pengguna harus memutar cara agar irit pengeluaran bensin. Namun dengan beralih ke mobil listrik, Anda tidak perlu khawatir dengan keadaan tersebut karena mobil menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Efisiensi mobil listrik juga lebih bagus jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer