Apakah Mobil Listrik Tahan Banjir dan Bagaimana Perawatannya?

27 December, 2022

Image Apakah Mobil Listrik Tahan Banjir dan Bagaimana Perawatannya?

Mungkin masih banyak orang yang bertanya, apakah mobil listrik tahan banjir? Maka jawabannya adalah tergantung dari kondisi kendaraan dan seberapa parah banjir yang akan dilalui. Agar lebih jelasnya, simak penjabaran di bawah ini.

Seperti namanya, mobil listrik merupakan jenis kendaraan yang menggunakan sumber tenaga yang berasal dari baterai. Baterai pada mobil listrik akan mengalirkan arus listrik yang nantinya berguna untuk menyalakan mesin dan memutar roda penggerak.

Lalu bagaimana jika mobil listrik digunakan untuk berkendara pada musim hujan seperti sekarang ini? Apakah masih aman?

Keunggulan Mobil Listrik untuk Berkendara di Musim Hujan dan Banjir

Keunggulan Mobil Listrik untuk Berkendara di Musim Hujan dan Banjir

Pada dasarnya, kondisi hujan atau bahkan banjir telah diperhitungkan oleh para ahli yang menciptakan mobil listrik. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir untuk berkendara dengan mobil listrik saat musim hujan dan banjir.

Berikut ini beberapa keunggulan mobil listrik yang membuatnya tahan terhadap banjir.

1. Situasi Hujan Sudah Diperhitungkan

Para produsen mobil listrik pastinya sudah memperhitungkan penggunaan kendaraan ini pada musim penghujan. Salah satu contohnya adalah dengan melengkapi mobil dengan menggunakan pelindung pada beberapa komponen vital seperti baterai yang telah dilindungi dengan segel khusus yang bersifat kedap. Itu artinya, mobil ini aman digunakan untuk berkendara saat musim hujan atau bahkan untuk melewati genangan air sekalipun.

2. Menggunakan Bahan yang Aman untuk Melewati Genangan Air

Mobil listrik dirancang dengan bahan terbaik untuk menjamin bahwa kendaraan ini aman jika digunakan untuk melewati genangan. Jadi Anda tidak perlu khawatir mobil listrik akan mengalami korsleting jika digunakan melewati genangan ketika banjir.

3. Aman Dicas Saat Hujan

Mobil listrik sebenarnya aman dicas saat hujan. Jadi jika dalam kondisi terpaksa, Anda tetap bisa ngecas mobil listrik meskipun saat turun hujan. Hal ini karena produsen telah mempertimbangkan hal tersebut dengan matang. Salah satu contohnya adalah dengan membuat kepala charger dan soket listrik kedap air sehingga pengisian daya saat hujan akan tetap aman.

Tips Merawat Mobil Listrik Saat Musim Hujan

Tips Merawat Mobil Listrik Saat Musim Hujan

Mobil listrik memang aman digunakan untuk berkendara saat hujan maupun kondisi banjir. Hanya saja, untuk memastikan kondisi kendaraan tetap prima dan optimal, pastikan lakukan perawatan dengan baik khususnya ketika musim hujan. Berikut tipsnya.

1. Periksa Daya Baterai

Saat mengendarai mobil listrik dalam kondisi hujan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah cek daya baterainya. Sebelum  berkendara, pastikan daya baterai mobil listrik sudah penuh sehingga Anda tidak perlu berhenti untuk melakukan pengisian ulang daya.

2. Periksa Kondisi Ban

Usahakan untuk menghindari ban mobil yang sudah botak ketika berkendara saat musim hujan. Daya cengkram ban mobil yang sudah botak cukup buruk untuk mencengkram permukaan jalan. Maka dari itu sangat berisiko jika Anda gunakan berkendara saat musim hujan karena bisa menyebabkan mobil lebih mudah tergelincir.

Anda juga perlu memeriksa tekanan angin ban. Tekanan angin ban mobil listrik harus pas, tidak kurang dan tidak berlebih agar mobil bisa bermanuver dengan optimal.

3. Karet Wiper Harus Dalam Keadaan Baik

Ketika musim hujan, wiper sangat berfungsi untuk membantu membersihkan kaca mobil dari air. Tujuannya adalah untuk membantu pengemudi bisa melihat jalanan dengan baik. Maka dari itu, sebelum berkendara, pastikan wiper dalam kondisi yang baik. Cek juga air pembersih kaca dan pastikan masih terisi penuh.

4. Segera Cuci Mobil Listrik Setelah Terkena Air Hujan

Air hujan mengandung zat asam yang bisa menyebabkan korosi pada permukaan kendaraan. Maka dari itu, segera cuci mobil listrik setelah digunakan berkendara ketika hujan untuk menghilangkan kotoran sekaligus sisa air hujan yang masih menempel.

Salah satu jenis mobil listrik yang sudah teruji aman digunakan saat musim hujan dan tahan banjir adalah Wuling Air ev. Mobil listrik mini ini telah melalui serangkaian uji keamanan, termasuk uji perendaman air IP67. Pengujian dilakukan dengan merendam baterai mobil ke dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit dalam kondisi baterai tertutup dan terbukti baterai mobil Wuling Air ev tetap aman untuk digunakan. Jadi tidak perlu khawatir apakah mobil listrik tahan banjir jika Anda menggunakan Wuling Air ev ini.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer