Biaya dan Persiapan Untuk Kursus Stir Mobil Buat Pemula

5 October, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image Biaya dan Persiapan Untuk Kursus Stir Mobil Buat Pemula

Bisa mengendarai sebuah mobil tentu bukan perkara yang mudah, karena banyak teknik yang perlu dipelajari. Supaya lebih cepat dalam belajar mobil, maka Anda perlu kursus stir mobil yang profesional.

Meskipun kursus stir mobil sudah ada sejak lama, namun banyak masyarakat yang belum mengetahui keperluan biayanya. Sebelum Anda memutuskan menggunakan jasa stir mobil, maka Anda perlu mengetahui dulu perhitungan biaya yang diperlukan saat memakai jasa stir mobil.

Biaya Kursus Stir Mobil

Biaya Kursus Stir Mobil

Ketika Anda belajar mobil, maka bisa memilih untuk belajar mobil manual atau matic. Pada dasarnya, setiap tempat kursus akan mematok harga yang berbeda-beda. Namun selalu pastikan Anda memilih tempat kursus yang profesional.

Tempat kursus juga biasanya menyediakan paket untuk pembuatan surat izin mengemudi atau SIM A. Untuk kursus yang disertai dengan paketan biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Biaya kursus stir mobil cukup bervariasi tergantung mobil yang digunakan. Untuk mobil matic biayanya berkisar antara 800 ribu hingga 1,3 juta. Sedangkan mobil manual sedikit lebih mahal, berkisar antara 900 ribu hingga 1,6 juta.

Perbedaan harga ini berdasarkan jumlah pertemuan antara 6-12 kali pertemuan. Sedangkan jasa pembuatan SIM A dikenakan biaya tambahan 400-600 ribu tergantung lokasi kota tempat Anda berada.

Persiapan Sebelum Belajar Stir Mobil

Setidaknya, Anda harus menyiapkan 7 hal sebelum memulai belajar mengendarai mobil di tempat kursus mobil. Mengingat pastinya Anda punya kesibukan dan punya kebutuhan yang lainnya. Maka dari itu, sangat penting mempersiapkan segalanya terlebih dahulu. Berikut beberapa hal yang perlu Anda catat.

1. Siapkan Biaya

Siapkan Biaya

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa kursus stir mobil terdekat, Anda perlu menyiapkan biaya kursusnya. Tempat kursus yang terpercaya dan populer biasanya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tempat kursus pada umumnya. Anda perlu pastikan memilih tempat kursus yang berkualitas dan terpercaya.

2. Ketahui Keuntungan yang Diperoleh

Ketahui Keuntungan yang Diperoleh

Bukan hanya biaya, Anda juga perlu mengetahui berbagai keuntungan yang akan diberikan oleh tempat kursus. Supaya lebih lengkap, maka Anda bisa memilih tempat kursus stir mobil yang menawarkan paket pembuatan SIM.

3. Tentukan Jam Kursusnya

Tentukan Jam Kursusnya

Dalam paket kursus mobil biasanya akan melakukan pertemuan sebanyak 6 sampai 9 kali. Agar Anda lebih cepat belajar mengendarai mobil, maka bisa memilih hari kursus yang tidak berjauhan jarak waktunya. Akan lebih mudah juga untuk mencari tempat kursus stir mobil terdekat dari lokasi rumah agar nyaman ketika harus bolak-balik.

4. Tepat Waktu

Tepat Waktu

Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan jasa stir mobil, pastikan selalu datang tepat waktu. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari risiko pengurangan waktu. Semakin telat, maka waktu belajar Anda akan semakin berkurang. Agar nyaman dan menghemat waktu perjalanan, Anda bisa memilih tempat kursus stir mobil terdekat dari rumah.

5. Rutin Latihan

Rutin Latihan

Supaya lebih cepat dalam belajar mengendarai mobil, maka Anda perlu melakukan latihan yang rutin dan berulang. Setelah mendapatkan pengajaran dari tempat kursus, Anda bisa mempraktekkan sendiri di jalanan yang dekat dengan rumah.

6. Bertanya Secara Detail

Bertanya Secara Detail

Apabila Anda memiliki berbagai keraguan saat menyetir mobil, jangan ragu dan malu untuk selalu bertanya. Hal yang umumnya ditanyakan seperti tentang keamanan dan keselamatan dalam mengendarai mobil.

7. Harus Berani

Harus Berani

Dengan memiliki sikap yang berani dalam mengendarai mobil, maka Anda akan lebih cepat dalam belajar. Anda perlu mengontrol keberanian, agar bisa menyetir mobil lebih fokus. Dalam berkendara, Anda juga harus selalu rileks atau tenang.

 

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer