Cara Memulai Usaha dengan Mobil dari Nol Saat PPKM

4 October, 2021

Image Cara Memulai Usaha dengan Mobil dari Nol Saat PPKM

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memulai usaha sendiri, terlebih dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini. Masyarakat dituntut untuk lebih kreatif dalam menambah penghasilan setiap bulannya.

Memulai usaha tidak sesederhana mempersiapkan modal dan mengetahui usaha apa yang akan dijalankan. Ada hal lain yang harus dipersiapkan dalam memulai sebuah usaha selain cara berjualan, terlebih kalau Anda memulai usaha dari nol. Ada banyak rintangan dan halangan yang nantinya Anda temui saat memulai usaha.

Keluarga Wuling, berikut ini adalah cara sukses memulai usaha dari nol yang bisa Anda praktekkan untuk menambah penghasilan setiap bulannya.

1. Persiapkan Mental

Persiapkan Mental

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan memantapkan hati. Usaha yang akan Anda jalankan harus benar-benar dimulai dengan hati yang mantap, jangan sampai memulai usaha dengan setengah hati karena Anda akan mudah jatuh oleh keadaan. Bukannya mendapatkan hasil yang baik, Anda malah akan berhenti di tengah jalan.

2. Usaha Apa yang Akan Anda Jalankan?

Usaha Apa yang Akan Anda Jalankan?

Apabila sudah memiliki kesiapan mental yang mantap, cara selanjutnya untuk memulai usaha dari nol adalah mulai memikirkan apa yang akan dijalankan. Anda bisa mulai melakukan riset apa saja tren bisnis yang saat ini sedang berkembang. Ini sangat penting supaya Anda memiliki informasi yang cukup saat memulai usaha Anda nantinya.

Pada tahapan ini tidak ada salahnya Anda mulai berpikir out of the box untuk mendapatkan ide, seperti misalnya food truck sebagai solusi untuk menjangkau konsumen lebih dekat. Atau bisa juga bisnis transportasi online sebagai solusi masyarakat urban. Ada cukup banyak ide kreatif yang bisa Anda gali setiap harinya.

3. Perencanaan

Perencanaan

Tahapan selanjutnya saat memulai usaha adalah membuat sebuah perencanaan yang jelas dengan fleksibilitas dan inovasi di dalamnya. Anda juga harus menyertakan visi dan misi apa yang akan dibawa saat menjalankan bisnis Anda. Salah satu bagian perencanaan dalam memulai sebuah usaha adalah penggunaan alat transportasi yang tepat.

Anda dapat mempertimbangkan Wuling Formo S sebagai kendaraan niaga untuk usaha, varian terbaru dari Wuling ini adalah mobil MPV yang sangat tepat untuk memulai usaha karena memiliki kabin yang lega dengan storage memadai untuk mengangkut semua perlengkapan usaha Anda nantinya.

Selain itu, mobil ini juga dapat dijadikan kendaraan keluarga yang nyaman dengan 8 seat penumpang karena didukung mesin 4 Cyl in-Line DOHC yang membuat mesin lebih dingin sehingga berkendara lebih mulus tanpa bising serta didukung teknologi I-VVT untuk efisiensi bahan bakar.

4. Fokus!

Fokus

Pada awal memulai usaha, Anda tidak perlu buru-buru melipatgandakan keuntungan untuk mengejar balik modal. Anda harus benar-benar fokus untuk membuat usaha stabil terlebih dahulu. Ini adalah cara atau tahapan yang sangat penting dalam memulai sebuah usaha.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mulai membuat diri Anda lebih terorganisir setiap harinya. Apabila tidak bisa mengorganisir diri sendiri, lalu bagaimana bisa mengorganisir usaha Anda untuk bisa lebih baik lagi?

Cara melakukannya adalah dengan memulai mencatat semua hal penting terkait dengan usaha Anda. Mulai dari nasihat terkait usaha hingga tantangan yang dihadapi saat memulai usaha. Jadi, di saat mulai menemukan kesulitan, Anda bisa melihat kembali catatan Anda ini untuk menemukan solusi apa yang harus dilakukan.

5. Selalu Siap Menghadapi Kemungkinan Terburuk

Selalu Siap Menghadapi Kemungkinan Terburuk

Jalan tidak selalu mulus, begitu juga usaha. Anda harus memiliki mental seorang pengusaha, karena pada saatnya Anda harus benar-benar siap untuk berhadapan dengan kondisi terburuk.

Anda harus terbuka dengan berbagai kritik dan nasihat, karena ini adalah cara paling mudah untuk menghadapi berbagai kemungkinan terburuk saat memulai sebuah usaha. Selalu lakukan evaluasi apa saja yang menjadi kekurangan pada diri Anda selama menjalankan usaha.

Lalu yang paling terpenting adalah terus belajar dari kesalahan Anda dan jangan cepat puas dengan keadaan yang ada. Evaluasi yang berkala akan membantu Anda menemukan momentum baru setiap harinya untuk membuat bisnis menjadi jauh lebih baik setiap harinya.

6. Lakukan dengan Passion

Cara Memulai Usaha dari Nol di Masa PPKM 6 1000x569

Cara selanjutnya untuk memulai dan menjalani sebuah usaha yang sejalan dengan passion akan membuat Anda menjadi lebih rileks, terlebih saat usaha yang sedang dijalankan diterpa badai. Dengan begini Anda tidak akan kesulitan mempertahankan komitmen saat menjalankan usaha dalam berbagai keadaan, karena passion akan membuat Anda menjadi jauh lebih fokus dalam menjalankan usaha.

7. Siapkan Modal dan Bidik Peluangnya

Siapkan Modal dan Bidik Peluangnya

Faktor lain yang tidak kalah penting dalam memulai sebuah usaha adalah modal. Anda harus benar-benar memastikan modal yang Anda gunakan berasal dari mana, apakah dari dana pribadi ataukah dana bersama. Apabila berasal dari dana bersama, Anda harus pastikan semua sudah diatur dengan jelas yaitu hitam diatas putih supaya nantinya tidak ada yang merasa dirugikan saat pembagian hasil usaha.

Perencanaan matang yang sudah Anda lakukan sebelumnya akan sangat membantu dalam membidik peluang dan menganalisa pasar dengan baik. Cara ini akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan usaha ke depannya nanti.

Nah, dengan hadirnya Formo S, Wuling berkomitmen untuk mendukung semua kegiatan usaha, baik yang masih skala UMKM atau usaha yang sudah besar. Kendaraan ekonomis ini juga bisa disebut cost-efficient karena adanya biaya operasional dan maintenance yang affordable. Maka Formo S juga bisa dikatakan sangat tepat sebagai teman terbaik dalam memulai usaha atau bisnis dengan modal yang masih minim.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer