Cara Menyetir Mobil Listrik yang Aman, Terutama Pemula

20 January, 2023

Image Cara Menyetir Mobil Listrik yang Aman, Terutama Pemula

Saat ini Anda pasti sudah tidak asing dengan keberadaan mobil listrik di jalanan. Mobil listrik sangat mudah ditemukan di jalan, terutama di kota-kota besar. Seiring dengan banyak pabrikan yang meluncurkan mobil listrik, minat masyarakat untuk memiliki mobil ramah lingkungan ini semakin besar. Namun, tidak semua orang tahu cara menyetir mobil listrik yang benar dan aman.

Terutama bagi pemula, menyetir mobil listrik masih menyisakan tanda tanya. Apakah mudah dan aman? Nah, untuk Anda yang ingin tahu tutorial menyetir mobil listrik bagi pemula, yuk simak ulasan berikut ini!

Cara Menyetir Mobil Listrik dengan Mudah

Para pemula sangat disarankan untuk menjajal mobil listrik, karena pada prinsipnya lebih mudah untuk dikendarai. Terlebih pada mobil listrik Wuling Air ev yang didesain compact yang mungil, sangat memudahkan pengendara pemula terutama ketika mengendarainya di jalanan terbatas atau saat bermanuver. Berikut merupakan cara menyetir mobil listrik yang perlu Anda pahami:

Tekan Tombol Start-Stop untuk Menyalakan Mesin

1. Tekan Tombol Start-Stop untuk Menyalakan Mesin

Sama seperti mobil lainnya, sebelum berkendara, Anda perlu menyalakan mesin terlebih dahulu. Pada mobil listrik, tekan tombol start-stop untuk menyalakan mesin. Jangan lupa untuk menekan pedal rem saat menekan tombol tersebut.

Saat tombol ditekan, layar digital pada dashboard akan menyala. Ini artinya, mobil siap untuk dijalankan. Jadi pertanda mobil sudah menyala ada pada layar digital, karena mobil listrik tidak bergetar maupun mengeluarkan suara ketika dinyalakan mesinnya.

Ketahui Tuas Transmisi

2. Ketahui Tuas Transmisi

Sebelum menyetir mobil listrik, Anda juga perlu tahu fungsi dari tuas transmisi. Masing-masing tuas transmisi memiliki tanda yang fungsinya berbeda-beda. Tuas bertanda “P” digunakan untuk parkir, “N” untuk netral, “R” untuk mundur, dan “D” untuk memindahkan gigi.

Lepas Rem Tangan

3. Lepas Rem Tangan

Setelah menyalakan mesin mobil dan tahu fungsi dari masing-masing tuas transmisi, selanjutnya Anda perlu melepaskan rem tangan agar mobil bisa melaju. Caranya adalah dengan menurunkan tuas rem tangan atau menekan tombol rem parkir elektrik. Saat melakukan ini, Anda tetap harus menginjak pedal rem karena jika tidak, mobil akan bergerak.

Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi D

4. Pindahkan Tuas Transmisi ke Posisi D

Setelah rem tangan dilepas, Anda kini siap untuk melaju dan berkendara. Nah, untuk dapat melaju, pindahkan tuas transmisi ke posisi D, atau tekan tombol D. Setelah itu, injak pedal gas perlahan supaya mobil dapat bergerak dan melaju. Namun ingat, Anda perlu menyelaraskan gas dan rem saat mengemudi agar kendaraan bisa dikendalikan.

Hati-hati Saat Menginjak Gas

5. Hati-hati Saat Menginjak Gas

Ingat, mobil listrik berbeda dengan mobil manual. Mobil listrik memiliki akselerasi yang instan sehingga dapat berjalan sangat kencang hanya dalam satu tarikan gas. Untuk itulah, Anda sebagai pengemudi wajib berhati-hati saat menginjak pedal gas. Tidak perlu menginjak gas terlalu dalam, pelan-pelan saja agar perjalanan Anda lebih aman dan nyaman.

Sekarang sudah tahu kan cara menyetir mobil listrik yang aman dan mudah? Mobil listrik merupakan mobil yang aman dan cocok untuk para pemula, namun tetap harus memperhatikan keamanan dan keselamatan di sekitar jalan, baik jalanan yang besar maupun jalanan sempit.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer