6 Hal Penting Sebelum Memodifikasi Mobil | Wuling

Life Style

6 Hal Penting Sebelum Memodifikasi Mobil

2 Juli, 2020

Image 6 Hal Penting Sebelum Memodifikasi Mobil

Ada beragam alasan mengapa seorang pengendara ingin memodifikasi mobil kesayangan mereka. Salah satunya adalah supaya performa mobilnya lebih baik. Atau ada juga yang hanya ingin mempercantik tampilan mobilnya. Hal ini sebenarnya boleh dilakukan. Tapi perlu diingat, modifikasi mobil yang cenderung ekstrem ada konsekuensinya tersendiri. Nah, supaya tidak salah langkah, berikut hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memodifikasi mobil.

Garansi Bisa Hangus

Garansi Bisa Hangus

Garansi mobil diberikan oleh pabrikan untuk merawat mobil Anda. Biasanya garansi tersebut bisa diklaim secara berkala seperti penggantian oli atau ketika mobil mengalami kerusakan, Anda tak perlu mengeluarkan biaya karena masih ditanggung pabrikan.

Tapi perlu dicatat, kerusakan tak akan ditanggung garansi jika mobil telah dimodifikasi. Kerusakan ini mungkin saja terjadi karena Anda mengganti komponen tertentu yang tidak sesuai. Bisa juga modifikasi dilakukan secara asal-asalan.

Berpotensi Membahayakan Anda

Berpotensi Membahayakan Anda

Modifikasi yang melibatkan elektrifikasi dapat membahayakan keselamatan Anda di jalan. Terlebih jika mengubah posisi kabel dan dilakukan secara tidak profesional. Bukan tidak mungkin semua fungsi fitur yang menggunakan elektrifikasi akan tidak berfungsi. Pastikan modifikasi yang Anda lakukan tidak mengurangi faktor kenyamanan dan keselamatan.

Performa Mobil Bisa Berkurang

Performa Mobil Bisa Berkurang

Jangan dulu komplain bila mobil Anda tak menghasilkan performa sesuai dengan klaim pabrikan. Bisa jadi hal itu justru disebabkan modifikasi yang Anda lakukan.  Ironisnya banyak orang yang memodifikasi mobil untuk meningkatkan performanya. Nyatanya, modifikasi tersebut malah mengurangi performa mobil.

Menghabiskan Biaya

Menghabiskan Biaya

Mengubah tampilan mobil dari yang biasa tentu akan memakan biaya. Untuk memodifikasi tertentu bahkan bisa membuat pengendara merogoh koceknya dalam-dalam. Seperti mengganti pelek. Meski terihat sepele, biaya untuk mengganti pelek cukup menguras kantong.

Modifikasi Adalah Proses Berkelanjutan

Memodifikasi mobil tak bisa dilakukan secepat kilat, melainkan melalui proses yang bisa dibilang berkelanjutan. Misalnya, saat upgrade suspensi, mengganti jok kursi bergaya sport, atau menambah turbo membutuhkan proses yang tak sebentar.

Anda bisa bolak-balik ke bengkel guna memastikan modifikasi sesuai dengan yang diinginkan. Terburu-buru dalam memodifikasi mobil justru bisa membahayakan karena potensi melakukan kesalahan lebih besar.

Bengkel dengan Reputasi Baik

Jangan asal-asalan memilih tempat untuk memodifikasi mobil Anda. Pilihlah tempat modifikasi yang sudah memiliki nama besar dan berpengalaman agar tidak membahayakan keselamatan Anda di jalan.

Ada beberapa model mobil yang memang cocok untuk dimodifikasi agar tampilan semakin ciamik jika bawaannya sudah bagus. Salah satunya adalah Wuling Almaz yang memiliki tampilan gahar saat keluar dari pabrik. Dengan memodifikasinya sedikit bagian eksterior dapat membuatnya terlihat semakin gagah dan garang. Sedangkan tampilan interior tanpa perlu memodifikasi mobil sudah terlihat elegan nan mewah.