Mengenal Sistem GPS Mobil yang Digunakan Saat Ini

26 March, 2021

Image Mengenal Sistem GPS Mobil yang Digunakan Saat Ini

Salah satu fitur yang istimewa dalam sebuah mobil adalah sistem GPS, karena GPS memiliki kegunaan yang penting dan mampu menunjang kenyamanan dalam sebuah kendaraan.

Untuk memiliki sebuah mobil di jaman sekarang memang bukanlah hal yang sulit, karena tersedia beragam jenis mobil bekas atau baru. Kini mencari mobil tidak lagi sesulit jaman dulu, karena bisa diperoleh dengan cara mengakses situs lewat jaringan internet.

Tidak hanya mobil baru, banyak juga situs yang menampilkan mobil-mobil bekas berkualitas yang dijual. Mobil bekas yang kondisinya masih bagus biasanya memiliki harga yang lumayan tinggi, apalagi dengan mobil keluaran terbaru.

Mengenal GPS Mobil

Mengenal GPS Mobil

Global Positioning System atau GPS merupakan suatu alat navigasi yang diterapkan dalam mobil dan memiliki peranan yang penting, karena bisa mencegah atau menghindari mobil dari pencurian. Adanya sistem GPS tentu sangat membantu para pengendara, karena bisa lebih aman dalam memarkirkan mobilnya.

Sistem GPS memang sempat ditolak oleh pihak Mahkamah Konstitusi atau MK, karena dianggap bisa memperkecil konsentrasi pengemudi terhadap mobilnya. Dengan adanya GPS, maka para pengendara akan mengalami ketergantungan.

Setelah mengalami perdebatan yang panjang, akhirnya sistem GPS disetujui oleh MK dan nyatanya memberikan manfaat yang lumayan besar. GPS juga terdiri dari 2 jenis dan keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jenis GPS Mobil

Jenis GPS Mobil

Jenis GPS mobil yang paling populer di Indonesia yaitu GPS mobil navigasi dan GPS mobil tracker. GPS Navigasi umumnya berguna untuk membantu para pengendara menunjukan jalan dan biasanya dikombinasikan dengan penunjukkan suara dari Google Map. Namun ada beberapa GPS Tracker yang telah dikombinasikan dengan fasilitas radio, karena, pemutar musik dan game.

1. GPS Navigasi

GPS Navigasi

GPS Navigasi memiliki kinerja yang sangat simpel, namun sangat membantu. Anda tinggal memakai alat khusus yang sudah tersambung dengan aliran listrik, maka sudah bisa menggunakan fasilitas GPS navigasi secara penuh.

Para pengendara juga tidak akan dikenakan biaya bulanan saat menggunakan GPS navigasi. Sedangkan untuk GPS tracker membutuhkan biaya bulanan untuk membeli kuota dan GPS tracker sangatlah bergantung pada kinerja baterai.

GPS navigasi juga memiliki sedikit kekurangan seperti tidak adanya alternatif jalan lain, apabila jalur yang sedang ditempuh mengalami kemacetan. GPS navigasi biasanya tidak memberikan jalan alternatif, karena update data biasanya akan dilakukan setiap 2 bulan sekali.

2. GPS Tracker

GPS Tracker

GPS Tracker adalah sistem yang bisa melakukan perubahan dalam hitungan detik dan GPS Tracker mampu memberikan informasi yang lumayan rinci. Tak hanya itu, GPS Tracker juga memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

GPS Tracker menjadi sistem yang sangat mudah dibongkar pasang, sehingga GPS ini bisa dipakai untuk mobil pribadi Anda atau mobil rental yang Anda sewa. Selain itu, GPS Tracker sangatlah penting diterapkan dalam mobil, karena bisa menghindarkan resiko mobil hilang.

Sistem GPS Tracker juga bisa menghindarkan Anda dari jalan buntu atau rute jalan yang menyimpang. Sistem ini juga bisa menghindarkan berbagai resiko penyalahgunaan kendaraan oleh pelaku yang berniat jahat.

GPS Tracker juga sudah berbasis android, sehingga Anda bisa memantau kendaraan secara real time. Jika mobil Anda disewakan, maka GPS Tracker akan memberikan informasi yang detail. GPS Tracker akan menginformasikan mengenai jarak tempuh, jam kerja, parkir dan kecepatan kendaraan.

Kenyaman merupakan fokus Wuling untuk memberikan yang terbaik bagi Anda, Keluarga Wuling. Anda bisa menemukan fitur ini pada Wuling Almaz melalui WIND (Wuling Indonesian Command) dengan fitur voice command yang disematkan pada head unit Almaz. Fitur interaktif ini memudahkan pengendara mengoperasikan berbagai fitur kendaraan pada Almaz, salah satunya adalah sistem navigasi GPS. Dengan kemudahan ini konsentrasi selama berkendara tidak akan terganggu dan berkendara akan semakin aman dan nyaman.

Itulah dua jenis sistem GPS pada mobil yang umum digunakan saat ini. Pastikan memanfaatkan sistem ini untuk menghindari Anda dari kecelakaan saat menyetir.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer