Pentingnya Fitur Telescopic Steering untuk Kenyamanan Pengendara

20 November, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Pentingnya Fitur Telescopic Steering untuk Kenyamanan Pengendara

Dunia otomotif terus mengalami perkembangan dan inovasi agar dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengemudi maupun penumpang saat berkendara. Salah satu inovasi di dunia otomotif yang semakin banyak diperhatikan oleh produsen mobil adalah tilt & telescopic steering. Apa itu tilt & telescopic steering dan bagaimana fitur ini dapat mendukung kenyamanan pengendara saat mengemudi?

Pengertian Tilt & Telescopic Steering

Tilt & telescopic steering adalah fitur pada setir mobil yang memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan posisi setir sesuai dengan preferensi mereka. Fitur ini tidak hanya memungkinkan pengemudi untuk mengatur ketinggian setir, tetapi juga mengatur kedalaman setir ke arah pengemudi atau menjauh dari pengemudi. Fitur ini dapat memberikan fleksibilitas bagi berbagai tipe pengemudi dengan postur tubuh yang berbeda agar dapat mengemudi dengan nyaman sepanjang perjalanan.

Fungsi Tilt & Telescopic Steering

Fungsi Tilt & Telescopic Steering

Fungsi tilt & telescopic steering bagi pengemudi, antara lain sebagai berikut:

1. Memungkinkan Penyesuaian yang Ergonomis

Tilt &  telescopic steering memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan posisi setir secara ergonomis agar sesuai dengan postur tubuh mereka. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi potensi kelelahan yang terjadi saat berkendara, terutama ketika berkendara dalam jarak yang jauh.

2. Meningkatkan Kenyamanan Pengendara

Posisi setir yang sesuai membuat pengemudi memperoleh posisi mengemudi yang paling nyaman. Dengan begitu, pengemudi dapat lebih berkonsentrasi sepenuhnya pada jalan tanpa adanya gangguan postur tubuh yang tidak nyaman.

3. Meningkatkan Keamanan

Posisi setir yang sesuai dan nyaman juga dapat membantu pengemudi untuk mengendalikan mobil dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan pengendara untuk memberikan respons terhadap kemudi dengan lebih baik dan akurat, utamanya saat berkendara di jalanan yang berliku.

Pengaturan Tilt & Telescopic Steering

Beberapa mobil memiliki mekanisme yang berbeda dalam pengaturan tilt & telescopic steering. Namun secara umum, Anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut untuk mengatur tilt & telescopic steering:

  1. Carilah tuas atau tombol pengatur tilt & telescopic steering di sekitar setir mobil Anda. Biasanya, tuas ini terletak di bagian bawah setir atau pada panel di dekat setir mobil.
  2. Kemudian, atur ketinggian dan kedalaman setir menggunakan tuas atau tombol tersebut sesuai dengan keinginan Anda.
  3. Setelah selesai mengatur posisi setir, pastikan untuk menguji coba pengaturan yang sudah Anda lakukan. Pastikan posisi setir sudah nyaman dan sesuai dengan postur tubuh Anda saat duduk di kursi pengemudi. Pastikan juga bahwa posisi tersebut telah memberikan visibilitas yang baik dan memungkinkan Anda untuk mengoperasikan setir dengan mudah.

Beberapa mobil bisa jadi memiliki mekanisme yang berbeda untuk mengatur tilt & telescopic steering. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat pada buku manual mobil Anda atau menanyakan kepada pihak customer service.

Perlu diingat bahwa pengaturan tilt & telescopic steering sebaiknya dilakukan sebelum berkendara atau sebelum memulai perjalanan. Artinya, penyesuaian ini sebaiknya dilakukan saat kondisi mobil sedang berhenti. Hindari melakukan pengaturan tilt & telescopic steering sambil mengemudi di jalan karena dapat mengganggu konsentrasi Anda saat mengemudi. Selain itu, hal ini juga berisiko membahayakan pengemudi, penumpang, maupun pengguna jalan lainnya.

Apabila Anda merasa posisi setir kurang nyaman di tengah-tengah perjalanan, Anda bisa menepi dan mencari tempat pemberhentian sementara terlebih dahulu untuk melakukan penyesuaian tilt & telescopic steering. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan kembali setelah pengaturan selesai dilakukan.

Fitur Tilt & Telescopic Steering pada New Almaz RS Pro Hybrid

Fitur Tilt & Telescopic Steering pada New Almaz RS Pro Hybrid

Bagi Anda yang ingin memiliki mobil yang dilengkapi dengan fitur tilt & telescopic steering, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Wuling New Almaz RS Pro Hybrid. Mobil SUV Hybrid ini dibekali desain inovatif dan berkelas, dengan ruang kabin interior yang memberikan kesan elegan dan menghadirkan kenyamanan. Tidak hanya fitur tilt & telescopic steering saja, mobil ini juga dilengkapi fitur canggih lainnya, seperti TFT Multi Information Display, wireless charging, touchscreen head unit, dan panoramic sunroof.

Dari segi performa, mobil New Almaz RS Pro Hybrid juga tidak kalah canggih karena menggunakan mesin hybrid yang dibekali transmisi teknologi Dedicated Hybrid Transmission (DHT) untuk meneruskan dan membagi daya antara mesin bensin 2.000 cc bertenaga 123 hp, serta motor generator 130 kW dengan torsi 320 Nm secara cepat. Mobil ini memiliki 3 mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi, yaitu:

  • EV Mode / Pure Electric Drive, di mana roda digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik dengan sumber energi baterai dan engine dalam keadaan mati.
  • Series Hybrid, di mana roda digerakkan oleh motor listrik, namun engine dalam keadaan hidup dan bekerja mengisi daya baterai.
  • Hybrid Parallel, di mana engine dan motor listrik berbagi beban kerja untuk menggerakkan roda.

Kombinasi fitur ergonomis, disertai dengan desain elegan dan mesin yang powerful, menjadikan mobil Wuling New Almaz RS Pro Hybrid mampu memberikan pengalaman mengemudi yang lebih menyenangkan, nyaman, dan aman bagi pengendara. Dengan adanya fitur tilt & telescopic steering, Anda tidak perlu khawatir akan c

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer