Penyebab Pintu Mobil Terkunci di Dalam & Cara Membukanya

24 May, 2023

Image Penyebab Pintu Mobil Terkunci di Dalam & Cara Membukanya

Pintu mobil yang terkunci adalah masalah yang dapat menimbulkan kekhawatiran dan kebingungan bagi pemilik mobil. Kunci yang terkunci di dalam mobil atau kunci yang hilang dapat membuat situasi semakin rumit. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang dapat membantu Anda membuka pintu mobil yang terkunci tanpa merusak atau merusak kendaraan.

Dalam artikel ini, dijelaskan beberapa tips efektif tentang cara membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara mengatasi masalah ini dengan aman dan efisien.

Penyebab Mobil Terkunci dari Dalam

Ada beberapa penyebab umum mengapa pintu mobil dapat terkunci dari dalam. Mengetahui penyebab ini dapat membantu Anda mencegah terkuncinya pintu mobil di masa mendatang. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan mobil terkunci dari dalam:

  • Kunci Terjebak di Dalam Mobil: Ini bisa terjadi ketika Anda keluar dari mobil tanpa membawa kunci dan pintu secara otomatis terkunci.
  • Sistem Kunci Otomatis Bermasalah: Masalah teknis pada sistem kunci otomatis dapat menyebabkan mobil terkunci tanpa Anda sengaja mengunci pintunya, karena gangguan pada sensor.
  • Kesalahan Pengoperasian Kunci: Jika Anda tidak mematikan kunci setelah mengunci pintu, atau jika tombol kunci tidak berfungsi dengan baik, maka pintu mobil dapat terkunci dengan kunci berada di dalam.
  • Anak-anak atau Hewan Peliharaan yang Mengunci Pintu: Terkadang, anak-anak atau hewan peliharaan dapat tidak sengaja mengunci pintu ketika bermain dengan kunci atau tombol penguncinya.
  • Motor Penggerak pada Mobil Berkarat: Keberadaan karat pada motor penggerak membuat pintu mobil menjadi seret dan sulit untuk dibuka. Bahkan, dalam kasus yang lebih buruk, pintu mobil bisa terkunci secara keseluruhan.
  • Kotoran yang Menumpuk pada Handle Mobil: Kotoran yang terakumulasi di handle pintu bisa membuatnya berkarat, sehingga mengakibatkan kesulitan saat membuka pintu.
  • Pintu Mobil yang Penyok: Dampak dari benturan ini dapat merusak handle pintu atau mengubah posisi motor penggerak. Akibatnya, pintu mobil menjadi sulit untuk dibuka.

 

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

Jika Anda mengalami kejadian di mana pintu mobil terkunci dari dalam dan Anda tidak memiliki akses kunci, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk membuka pintu mobil tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara membuka pintu mobil dari dalam untuk pemula. Pastikan Anda mencobanya dengan hati-hati dan tetap menjaga keamanan kendaraan.

1. Menggunakan Penggaris atau Kartu Plastik

Metode mudah yang bisa Anda coba adalah menggunakan penggaris atau kartu plastik yang cukup fleksibel. Caranya adalah dengan memasukkan ujung penggaris atau kartu plastik di antara jendela dan bagian pintu mobil. Kemudian, gesekkan penggaris atau kartu tersebut ke bawah dengan lembut sambil berusaha menjepit tuas kunci yang ada di dalam pintu. Dengan gerakan yang tepat, pintu dapat terbuka.

2. Menggunakan Obeng atau Alat Runcing

Anda dapat memasukkan obeng atau alat runcing tersebut melalui celah jendela atau pintu yang cukup sempit. Tujuan dari metode ini adalah untuk mencapai tuas pengunci pintu yang ada di dalam. Dengan hati-hati dan secara perlahan, Anda dapat memanipulasi tuas pengunci tersebut sehingga pintu mobil dapat terbuka.

3. Membuka Pintu Mobil dari Dalam Pakai Tali atau Benang

Membuka kunci mobil dari dalam juga bisa menggunakan tali atau benang yang cukup kuat dan panjang. Caranya adalah dengan memasukkan salah satu ujung tali melalui celah pintu atau jendela yang cukup lebar. Kemudian, buatlah simpul di ujung tali yang masuk ke dalam mobil. Dengan menggerakkan tali secara perlahan, Anda dapat mencoba menjepit tuas pengunci pintu yang ada di dalam. Jika berhasil, pintu akan terbuka.

4. Cara Buka Pintu Mobil yang Terkunci Pakai Bola Tenis

Anda bisa mencoba menggunakan bola tenis untuk membukanya. Caranya, lubangi bola tenis dengan obeng atau benda tajam. Arahkan lubang bola tenis ke depan lubang kunci pintu mobil yang terkunci. Tekan bola tenis ke arah lubang kunci dengan tangan. Lakukan tekanan perlahan dan berulang hingga pintu terbuka.

5. Menggunakan Gantungan Baju

Gantungan baju adalah benda yang mungkin ada di dalam mobil. Nah, anda juga bisa menggunakannya untuk membuka pintu mobil dari dalam. Pastikan gantungan baju tersebut terbuat dari kawat yang cukup panjang. Anda perlu membentuk gantungan baju menjadi kawat yang lurus dan memanjang. Kemudian, masukkan salah satu ujung kawat tersebut melalui celah jendela atau pintu yang cukup lebar. Dengan memanipulasi kawat secara hati-hati, Anda dapat mencoba menjepit tuas pengunci pintu yang ada di dalam dan membuka pintu mobil.

Penyebab Pintu Mobil Terkunci di Dalam _ Cara Membukanya 1 1000x563

6. Menggunakan Kunci Cadangan

Jika Anda memiliki kunci cadangan, Anda dapat mencobanya untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Pastikan Anda selalu menyimpan kunci cadangan di tempat yang aman dan mudah dijangkau.

Salah satu teknologi kunci cadangan terkini yang dapat Anda manfaatkan untuk membuka pintu mobil yang terkunci adalah teknologi IoV (Internet of Vehicles) atau Wuling Remote Control App. Teknologi ini memanfaatkan konsep Internet of Vehicles untuk mengendalikan fungsi unlock/lock pada pintu mobil secara nirkabel.

Teknologi ini ada pada mobil Wuling Air ev. Dengan kecanggihan ini, pintu mobil Anda dilengkapi dengan sensor dan perangkat elektronik yang terhubung dengan sistem IoV. Anda dapat membuka atau mengunci pintu mobil melalui aplikasi smartphone yang terhubung dengan kendaraan Anda. Sinyal akan dikirim melalui jaringan nirkabel dan diterima oleh sistem Air ev pada mobil, yang kemudian akan mengeksekusi perintah tersebut.

7. Menggunakan Layanan Buka Pintu Mobil Profesional

Jika cara-cara membuka mobil dari dalam di atas terlalu berisiko untuk pemula, Anda dapat menghubungi layanan profesional yang menawarkan layanan membuka pintu mobil yang terkunci. Para teknisi yang berpengalaman akan menggunakan alat-alat khusus untuk membuka pintu mobil dengan aman dan tanpa merusak.

Pastikan Anda selalu berhati-hati saat mencoba metode apapun untuk membuka pintu mobil yang terkunci dan mengutamakan keamanan kendaraan. Jika Anda menghadapi kesulitan atau tidak yakin, sebaiknya menghubungi layanan profesional untuk membantu membuka pintu mobil dengan aman. Dengan demikian, Anda dapat mengatasi situasi tidak menyenangkan saat pintu mobil terkunci dan mendapatkan akses ke dalam kendaraan tanpa merusaknya.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer