Perawatan Mobil Saat Libur Panjang | Wuling

Life Style

Perawatan Mobil Saat Libur Panjang

28 Mei, 2021

Image Perawatan Mobil Saat Libur Panjang

Pandemi Covid-19 memang membuat berbagai kebiasaan tahunan dilarang, karena alasan kesehatan dan keamanan. Seperti tradisi mudik lebaran yang kini dilarang karena dapat memunculkan klaster baru virus covid-19. Meski mobil Anda tidak dipakai untuk mudik saat libur panjang, namun mobil tetap harus mendapatkan perawatan yang baik dan benar.

1. Cuci Mobil

Cuci Mobil

Cuci mobil adalah kegiatan rutin yang harus dilakukan, karena bisa membuat kondisi mobil terjaga dan penampilan mobil tetap bagus. Saat libur panjang, pastikan Anda menyempatkan diri untuk mencuci mobil di rumah.

Janganlah mencuci mobil di bawah sinar matahari, karena bisa membuat warna mobil memudar. Peralatan mencuci mobil yang dibutuhkan seperti kain microfiber, kain lap, shampo mobil dan sikat plastik. Bagian kabin juga harus Anda bersihkan dengan baik.

2. Cek Kondisi Ban Mobil

Cek Kondisi Ban Mobil

Ban memiliki peranan yang sangat penting dalam kendaraan, karena menjadi penopang utama mobil. Jika ban mobil kempes, maka mobil tidak bisa melaju dengan baik. Ban mobil umumnya ada empat, yaitu 2 dibelakang dan 2 di bagian depan.

Sembari Anda membersihkan kondisi ban mobil, pastikan seluruh ban dalam kondisi yang baik dengan cara mengecek tekanan angin ban. Anda juga harus memeriksa kondisi ban cadangan yang biasanya terlupakan, karena posisinya berada di bagian kolong mobil.

3. Periksa oli mesin

Periksa oli mesin

Peranan oli mesin dalam sebuah mobil diibaratkan seperti darah dalam tubuh manusia, sehingga kondisinya harus tetap bagus. Oli mesin berfungsi untuk menjaga stamina dari sebuah mobil, sehingga Anda harus memeriksa dan memastikan pergantian oli tepat waktu.

Jika waktu pemakaian dan jarak tempuh terlalu banyak, maka Anda harus segera mengganti oli mesin. Saat anda membuka kap mesin, pastikan memeriksa kondisi air radiator, air aki, minyak rem dan cairan untuk membersihkan kaca mobil.

4. Cek Kolong Mobil

Cek Kolong Mobil

Jika sudah mencuci mobil, maka Anda akan lebih mudah dalam memeriksa bagian kolong mobil. Perhatikan, jangan sampai ada rembesan oli dan berbagai cairan lainnya yang terlihat di bagian bawah mesin. Apabila terlihat rembesan, maka harus segera diperbaiki.

Anda juga harus memeriksa kondisi kaki-kaki mobil, baik yang di bagian depan maupun di bagian belakang. Cek bagian karet, apakah ada yang sudah getas atau pecah. Cek bagian mekanis yang berhubungan dengan suspensi atau setir dengan menggerakkannya pakai tangan.

5. Inspeksi Bodi Mobil

Inspeksi Bodi Mobil

Jika Anda melihat ada beberapa bagian bodi mobil yang penyok, maka bisa segera membawa mobil ke bengkel yang resmi agar mendapatkan perawatan bodi mobil yang maksimal. Pastikan mencari bengkel yang terbaik dan berpengalaman, agar bisa bekerja dengan hasil yang bagus.

Jika Anda membawa mobil ke bengkel biasa tentu akan berisiko, karena bisa saja kerjanya tidak bagus dan malah membuat kondisi mobil semakin buruk. Pastikan bengkel memeriksa semua inspeksi pada bagian bodi mobil.

Bodi mobil menjadi bagian luar yang sangat terlihat jelas, sehingga harus diperhatikan dengan baik. Jika bodi mobil mengalami kerusakan, tentu akan berpengaruh terhadap tampilan mobil.

New Confero S sebagai rekomendasi mobil keluarga terbaru dari Wuling memiliki interior kabin yang lebih lega berkat adanya jok Captain Seat pada baris kedua. Selain lega fitur ini juga mempermudah para penumpang untuk mengakses kursi di baris ketiga. Penumpang yang duduk di kursi baris ketiga tidak perlu lagi repot melipat kursi saat akan ke belakang karena dapat dengan mudah berjalan melalui ruang kosong yang berada di ruang tengah kursi baris kedua.

Kabin yang luas ini juga dilengkapi banyak storage yang dapat menyimpan banyak barang penting di mobil. Oleh karena itu selalu jaga dan rawat kebersihan interior kabin agar tetap terasa nyaman saat berkendara bersama keluarga. Dengan bantuan tips diatas, Anda bisa selalu menjaga kebersihan New Confero S kesayangan Anda dengan mudah!

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik