Standar KM dan Kualitas Pemakaian Normal Mobil Per Tahun

20 June, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Standar KM dan Kualitas Pemakaian Normal Mobil Per Tahun

Berapa standar Km dan kualitas pemakaian normal mobil setiap tahun? Pertanyaan seperti ini tentu memiliki jawaban yang berbeda-beda dari satu pengguna mobil ke pengguna lainnya. Pasalnya setiap kebutuhan orang dalam menggunakan mobil untuk aktivitas sehari-hari juga berbeda pula.

Jumlah Km yang sudah ditempuh oleh mobil cukup signifikan dalam menentukan perawatan mobil, baik itu mengenai servis berkala maupun penggantian komponen mobil yang menggunakan acuan jumlah Km. Pemakaian mobil yang sesuai dengan standar kilometer (KM) dan kualitas pemakaian yang normal per tahun sangat penting untuk menjaga performa dan umur pakai mobil Anda.

Standar kilometer yang dianggap normal untuk mobil biasanya berkisar antara 10,000 hingga 20,000 kilometer per tahun. Angka ini dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil, kondisi jalan yang dilalui, dan gaya mengemudi pengguna.

Pemeliharaan rutin seperti pergantian oli, filter udara, dan cairan lainnya harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Ini membantu menjaga kinerja optimal mesin dan sistem lainnya.

Nah, untuk lebih memahami standar Km dan kualitas pemakaian normal mobil per tahun, mari simak ulasan di bawah ini:

Bagaimana Pemakaian Normal Mobil Per Tahun?

Sebenarnya, tidak ada standar yang pasti untuk jumlah kilometer ideal yang dapat ditempuh oleh suatu mobil. Angka kilometer ideal berbeda-beda untuk setiap mobil, tergantung pada usianya.

Sebuah mobil biasanya menempuh 10.000 hingga 20.000 km setiap tahun untuk penggunaan biasa, seperti berkendara di dalam kota. Namun, jika penggunaan mobil tersebut cukup sering, bahkan jika digunakan untuk berkendara di luar kota, maka jarak tempuhnya dapat melebihi angka tersebut.

Mobil yang sudah berusia lima tahun idealnya memiliki jarak kilometer antara 200.000 dan 400.000 km. Sebaliknya, mobil yang lebih muda, misalnya dua tahun, mungkin memiliki jarak kilometer antara 20.000 dan 40.000 km.

Jumlah-jumlah ini menunjukkan bahwa mobil tersebut telah digunakan untuk waktu yang lebih lama, yang berdampak pada kualitas mesinnya. Namun, jika angkanya jauh lebih rendah dari estimasi tersebut, itu menunjukkan bahwa mobil bekas yang akan dibeli cukup jarang digunakan.

Apabila mobil yang sering digunakan, tentunya banyak komponen mobil yang harus diperhatikan, seperti kondisi ban, rem mobil hingga komponen penting pada mesin seperti kualitas filter oli hingga aki. Namun untuk mobil yang cukup jarang digunakan, bisa dipastikan bahwa kondisi bannya masih tebal dan banyak komponen lainnya belum berkurang.

Kualitas Wuling Alvez Setelah Digunakan 1 Tahun

Kualitas Wuling Alvez Setelah Digunakan 1 Tahun

Membeli mobil baru dari dealer dan menggunakannya selama satu tahun, biasanya tidak banyak performa mobil yang berkurang. Seperti konsumsi bahan bakar yang masih tetap irit dan performa mesin yang tetap tangguh. Namun apabila baru dalam setahun sudah banyak perubahan, tentu akan sangat mengecewakan, tetapi hal ini tentu bergantung dari perawatan oleh pengguna.

Jika kualitas mobil tersebut baik dan pemiliknya rutin melakukan servis mobil maka pemakaian setahun tidak akan mengecewakan. Seperti pengalaman pengguna mobil Wuling Alvez setelah satu tahun penggunaan untuk bekerja hingga road trip ke luar kota.  Selama menggunakan Alvez dalam satu tahun, ia merasa terpesona melihat desain dan fitur-fitur Alvez yang didapatkan dengan harga mulai dari Rp 200 jutaan. Seperti fitur sunroof hingga fitur keamanan ADAS.

Setelah menggunakan selama 1 tahun, meski telah melakukan road trip dari Surabaya ke Solo, konsumsi BBM Wuling Alvez menghasilkan 1 banding 20, full to full/. Apalagi saat perjalanan di tol Semarang dengan kondisi banyak tanjakan yang biasanya membuat boros bensin.

Ditambah jasa servis untuk kendaraan tersebut cukup terjangkau dibandingkan mobil yang ia miliki sebelumnya. Mobil Alvez miliknya sudah tersemat berbagai macam fitur dengan teknologi canggih namun dengan harga yang affordable di kelasnya. Tonton video testimoni Andi sebagai pengguna Alvez  pada link di sini.

Setelah menyimak testimoni di atas dan penjelasan mengenai standar km dan kualitas pemakaian mobil per tahun, tentu sedikit banyak memberikan Anda wawasan tambahan sebelum membeli mobil bekas. Pastikan bahwa keadaan mobil juga dalam keadaan prima dan melakukan servis rutin supaya tidak khawatir dengan komponen-komponen mobil yang selama ini tidak terlalu diperhatikan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer