Teknologi Bluetooth, Bagaimana Cara Menyambungkan ke Mobil?

2 January, 2024
clock-bold
4 menit membaca

Image Teknologi Bluetooth, Bagaimana Cara Menyambungkan ke Mobil?

Seiring perkembangannya, saat ini mobil telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih. Salah satunya adalah teknologi bluetooth mobil yang memungkinkan kendaraan bisa terhubung dengan smartphone untuk memutar musik.

Bluetooth merupakan salah satu fitur entertainment yang disematkan dalam kendaraan. Teknologi ini berfungsi untuk menghubungkan aktivitas suara di smartphone dengan sistem audio mobil. Lalu bagaimana cara menyambungkan bluetooth ke mobil?

Apa itu Teknologi Bluetooth

Apa itu Teknologi Bluetooth Gambar Teknologi Bluetooth

Teknologi Bluetooth merupakan fitur konektivitas yang berada pada bagian head unit mobil. Biasanya, mobil keluaran terbaru telah dilengkapi dengan fitur ini sebagai penunjang fitur entertainment. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan dan berbagi file multimedia dari smartphone seperti musik.

Saat bluetooth telah terhubung ke mobil, Anda tidak perlu lagi menggunakan tape mobil atau kabel AUX untuk memutar lagu. Jadi bisa dikatakan bahwa bluetooth audio mobil sangat berguna layaknya MP3 player yang akan menemani selama berkendara.

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil

Cara Menyambungkan Bluetooth ke Mobil Gambar Teknologi Bluetooth

Teknologi bluetooth di mobil memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah untuk mendengarkan musik. Selain itu, teknologi ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon saat berkendara.

Sebelum bisa digunakan, Anda perlu menyambungkan bluetooth ke mobil terlebih dahulu. Berikut caranya:

1. Pilih Menu Setup

Langkah pertama untuk menyambungkan bluetooth ke mobil adalah dengan mengaktifkan audio di mobil kemudian pilih opsi ‘Setup’ pada layar monitor head unit. Jika tidak terlihat pada menu utama, Anda bisa mencarinya di menu ‘Setup’ yang ada pada menu audio mobil.

2. Pilih Opsi Menu System

Cara mengaktifkan Bluetooth receiver mobil yang selanjutnya adalah pilih menu system yang terdapat pada menu setup. Selanjutnya pilih opsi ‘Bluetooth Setup’. Anda akan diminta untuk membuat kata sandi untuk menghubungkan smartphone dengan audio mobil.

3. Pilih Paired Device List

Setelah masuk ke menu ‘Bluetooth Setup’, langkah selanjutnya adalah klik pada opsi ‘Paired Device List’ agar bisa menemukan perangkat yang ingin disambungkan. Jika perangkat tidak ditemukan, pilih menu search kemudian lakukan pencarian secara berulang.

Jika setting bluetooth di mobil telah berhasil, maka langkah selanjutnya adalah menyambungkan smartphone ke perangkat audio mobil. Langkah ini merupakan yang terakhir dari cara memutar musik lewat Bluetooth di mobil.

4. Aktifkan Bluetooth di Smartphone dan Audio Mobil

Jika bluetooth pada kedua perangkat telah aktif, maka klik nama bluetooth audio mobil yang tersambung pada perangkat mobil. Anda biasanya akan diminta untuk memasukkan kata sandi untuk menyambungkannya.

Mengatasi Bluetooth Mobil Tidak Terhubung

Mengatasi Bluetooth Mobil Tidak Terhubung Gambar Teknologi Bluetooth

Bagaimana jika koneksi bluetooth sudah diaktifkan namun tidak bisa terhubung dengan audio mobil? Jangan panik karena ada cara mengatasi bluetooth mobil tidak terhubung dengan mudah.

Cara yang pertama adalah matikan koneksi bluetooth dari perangkat smartphone dan audio mobil. Kemudian setelah beberapa saat aktifkan kembali dan pastikan kedua perangkat telah terhubung dan tersambung dengan benar.

Jika cara pertama belum berhasil, coba buka pada pengaturan bluetooth ponsel kemudian pilih opsi ‘forget’ pada perangkat audio mobil. Kemudian sambungkan kembali bluetooth ponsel dengan audio mobil seperti semula.

Oh ya sebelum lanjut membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Yuk unduh brosur kami di bawah ini supaya Anda bisa memiliki akses langsung ke informasi terkini tentang produk dan layanan kami.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

Keunggulan dan Kekurangan Teknologi Bluetooth

Keunggulan dan Kekurangan Teknologi Bluetooth Gambar Teknologi Bluetooth

Teknologi bluetooth pada mobil memang menawarkan berbagai fungsi khususnya untuk menunjang fitur entertainment. Meski begitu, teknologi ini nyatanya juga memiliki kekurangan. Berikut keunggulan dan kekurangan teknologi bluetooth yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan:

  • Tidak membutuhkan kabel untuk bisa terhubung
  • Mampu menembus berbagai media seperti dinding hingga jarak 10 meter
  • Proses pengiriman data lebih cepat
  • Memiliki sistem yang praktis dan mudah digunakan

Kekurangan:

  • Jarak komunikasi terbatas
  • Menggunakan frekuensi yang sama dengan Wifi
  • Perangkat agak kesulitan menemukan koneksi yang dituju jika banyak koneksi terbuka
  • Rentan terkena virus
  • Sering mengalami kegagalan

Saat ini telah banyak mobil yang dilengkapi dengan teknologi bluetooth, salah satunya adalah New Cortez. Mobil ini dilengkapi dengan teknologi bluetooth yang terhubung pada layar head unit-nya. Dengan adanya teknologi bluetooth mobil, mendengarkan musik selama mengendarai New Cortez membuat aktivitas berkendara menjadi lebih mudah.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer