5 Kebiasaan Membuat Baterai Mobil Bisa Awet - Wuling Motors

Autotips

Kebiasaan yang Membuat Baterai Mobil Bisa Awet

9 Maret, 2020

Image Kebiasaan yang Membuat Baterai Mobil Bisa Awet

Baterai mobil atau biasa lebih dikenal dengan aki bisa disebut sebagai nyawa mobil. Tanpa adanya baterai, mobil tak bisa menyala dan berjalan. Untuk itu penting mengetahui cara merawat aki agar Anda kondisinya tetap prima dan bisa awet digunakan. Baterai mobil umumnya bisa bertahan antara 2 tahun dan juga 5 tahun. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia baterai mobil.

Mengencangkan posisi baterai di tempatnya

Baterai yang tidak terpasang dengan baik di tempatnya bisa membuatnya bergetar dan berpotensi untuk merusak bagian dalam mobil serta arus pendek. Sebaiknya Anda terus memastikan baterai terpasang pada posisi yang pas dan dicek secara rutin, terlebih ketika melintas di jalan bergelombang.

Matikan semua lampu saat keluar mobil

Membiarkan lampu depan dalam kondisi menyala dan lampu di dalam mobil hidup, bisa membuat baterai cepat habis, lho! Ada baiknya, sebelum keluar dari mobil Anda memastikan seluruhnya dalam keadaan mati. Supaya tidak lupa, Anda bisa menaruh catatan kecil di dasbor, memasang stiker pada kunci mobil guna memastikan semuanya sudah dalam kondisi mati. Dengan begitu, Anda bisa lebih memperpanjang usia baterai mobil.

Sering mengecek kondisi aki

Biasanya ada beberapa bengkel yang memberikan pengecekan aki secara berkala, misal setiap tiga bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisinya memang masih tetap prima dan mati secara tiba-tiba ketika Anda sedang berkendara di jalan. Mengetahui kondisinya secara berkala juga dapat membuat usia baterai lebih awet.

Jangan nyalakan elektronik ketika mobil dalam kondisi mati

Mungkin hal ini sering diabaikan para pengendara mobil. Masih banyak yang menyalakan radio, AC, mengisi ulang baterai ponsel saat mesin mobil dalam kondisi mati. Hal ini justru bisa memicu baterai mobil cepat soak karena meskipun mesin mobil mati namun baterainya masih tetap terus bekerja. Tanpa disadari jika kebiasaan ini terus dilakukan, jangan heran kalau Anda harus mengganti baterai padahal belum dua tahun.

Lebih memerhatikan kondisi mobil

Mobil terdiri dari banyak bagian yang saling berkesinambungan. Untuk itu, Anda dapat melakukan perawatan secara rutin agar masing-masing komponen bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Bayangkan, kalau salah satu komponen mengalami kerusakan pastinya mobil tak bisa bekerja dengan sempurna. Dengan demikian, umur baterai mobil bisa lebih panjang dari seharusnya.  Nah, untuk Anda pemilik mobil Wuling, jangan lupa selalu melakukan servis berkala dan memeriksa kondisi accu di dealer Wuling terdekat, cek di wuling.id/dealers.

Quick Help