6 Macam Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap | Wuling

Auto Tips

6 Macam Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap

22 September, 2020

Image 6 Macam Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap

Air Conditioning atau AC merupakan fitur yang menambah kenyamanan pengendara dan penumpang di mobil. Ada banyak ragam komponen AC pada mobil dengan cara kerja yang berbeda pada setiap komponen AC tersebut. Simak sederet komponen AC yang umum terpasang di mobil Anda beserta dengan fungsinya.

Kompresor

Kompresor

Mendengar kata AC pasti sudah akrab dengan yang namanya kompresor. Kompresor merupakan pusat cara kerja dari komponen AC yang lain. Kompresor juga diibaratkan nyawa dari sebuah sistem AC. Sebagai pusat dari sistem AC, kompresor memiliki peranan untuk menghisap gas dan kemudian mengeluarkannya kembali.

Saluran hisap pada kompresor ini terhubung dengan komponen lain, yakni evaporator. Saluran hisap pada kompresor ini bekerja dengan menghirup gas bertekanan rendah.

Sementara saluran buangnya terhubung dengan kondensor yang tugasnya membuang gas bertekanan tinggi. Sederhananya begini, kompresor menghirup gas dingin sementara gas panasnya dikeluarkan.

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Aki Mobil Awet

Evaporator

Evaporator

Evaporator bekerja sebagai komponen penyerap panas. Tugasnya adalah menghilangkan panas dari dalam kendaraan Anda. Oleh karena itu, suhu evaporator harus terus terjaga.

Evaporator memiliki gas yang melalui sirip-sirip pendingin akan berubah menjadi gas yang lebih dingin dan sejuk. Komponen ini pun merupakan komponen terluar yang nantinya akan mengeluarkan udara sejuk dan aman untuk dihirup di dalam kabin mobil Anda.

Kondensor

Kondensor

Kondensor memiliki peran hampir sama dengan radiator pada mobil yaitu untuk memancarkan panas. Biasanya, kondensor terletak di depan radiator. Namun ada juga pabrikan yang meletakannya pada bodi kendaraan demi keaerodinamisan. Supaya dapat bekerja dengan baik, kondensor harus mendapat aliran udara yang bagus setiap saat.

Pada mobil berpenggerak roda belakang, biasanya udara didapatkan dari kipas pendingin mesin. Sementara pada mobil berpenggerak roda depan, udara tersebut didapat dari satu atau lebih kipas pendingin.

Pressure Regulating Device

Pressure Regulating Device

Komponen AC mobil yang satu ini berfungsi untuk mengontrol suhu evaporator. Dapat dilakukan jika tekanan refrigeran juga bisa dikendalikan dan mengalir ke evaporator yang bekerja untuk menyerap panas.

Baca juga: Apa Perbedaan ABS, EBD, ESC, dan BA Pada Mobil?

Receiver Drier

Receiver Drier

Komponen ini memiliki fungsi untuk memisahkan antara gas dan cairan, menghilangkan kelembaban, serta menyaring kotoran. Biasanya receiver drier memiliki kaca transparan di bagian atas dan sering digunakan untuk melakukan pengisian ulang pada sistem.

Accumulator

Accumulator

Accumulator merupakan komponen pelengkap pada sistem AC mobil yang memiliki orifice tube, yang mana berperanan sebagai alat penurun tekanan refrigerant. Nah, accumulator ini bertugas menampung refrigerant cair yang memiliki temperatur rendah serta campuran minyak pelumas dari evaporator untuk sementara waktu.

Keluarga Wuling, itulah bagaimana cara kerja dari 6 macam komponen AC yang terpasang di mobil pada umumnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik