5 Tips Cara Merawat Aki Mobil Anda Agar Lebih Awet

24 February, 2021
clock-bold
2 menit membaca

Image 5 Tips Cara Merawat Aki Mobil Anda Agar Lebih Awet

Baterai mobil atau biasa lebih dikenal dengan aki bisa disebut sebagai nyawa mobil. Tanpa adanya aki, mobil tak bisa menyala dan berjalan. Untuk itu penting mengetahui cara merawat aki agar Anda kondisinya tetap prima dan bisa awet digunakan. Baterai mobil umumnya bisa bertahan antara 2 tahun dan juga 5 tahun. Namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia aki mobil berikut adalah tips cara merawat aki mobil supaya lebih awet.

Mengencangkan Posisi Aki di Tempatnya

Aki yang tidak terpasang dengan baik di tempatnya bisa membuatnya bergetar dan berpotensi untuk merusak bagian dalam mobil serta arus pendek. Sebaiknya Anda terus memastikan aki mobil terpasang pada posisi yang pas dan dicek secara rutin, terlebih ketika melintas di jalan bergelombang.

Matikan Semua Lampu Saat Keluar Mobil

Membiarkan lampu depan dalam kondisi menyala dan lampu di dalam mobil hidup, bisa membuat aki cepat habis, lho! Ada baiknya, sebelum keluar dari mobil Anda memastikan seluruhnya dalam keadaan mati. Supaya tidak lupa, Anda bisa menaruh catatan kecil di dasbor, memasang stiker pada kunci mobil guna memastikan semuanya sudah dalam kondisi mati. Dengan begitu, Anda bisa lebih memperpanjang usia aki mobil.

Sering Cek Kondisi Aki

Biasanya ada beberapa bengkel yang memberikan pengecekan aki  mobil secara berkala, misal setiap tiga bulan sekali. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisinya memang masih tetap prima dan mati secara tiba-tiba ketika Anda sedang berkendara di jalan. Mengetahui kondisinya secara berkala juga dapat membuat usia baterai lebih awet.

Jangan Hidupkan Elektronik Saat Mobil Mati

Mungkin hal ini sering diabaikan para pengendara mobil. Masih banyak yang menyalakan radio, AC, mengisi ulang baterai ponsel saat mesin mobil dalam kondisi mati. Hal ini justru bisa memicu baterai mobil cepat soak karena meskipun mesin mobil mati namun baterainya masih tetap terus bekerja. Tanpa disadari jika kebiasaan ini terus dilakukan, jangan heran kalau Anda harus mengganti baterai padahal belum dua tahun.

Perhatikan Kondisi Mobil

Mobil terdiri dari banyak bagian yang saling berkesinambungan. Untuk itu, Anda dapat melakukan perawatan secara rutin agar masing-masing komponen bekerja dengan baik sesuai fungsinya. Bayangkan, kalau salah satu komponen mengalami kerusakan pastinya mobil tak bisa bekerja dengan sempurna. Dengan demikian, umur baterai mobil bisa lebih panjang dari seharusnya.  Nah, untuk Anda pemilik mobil Wuling, jangan lupa selalu melakukan servis berkala dan memeriksa kondisi accu di dealer Wuling terdekat.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer