Autotips

TIPS MEMILIH MOBIL YANG NYAMAN UNTUK KELUARGA

13 November, 2017

Image TIPS MEMILIH MOBIL YANG NYAMAN UNTUK KELUARGA

Memiliki mobil adalah idaman setiap keluarga, apalagi jika keluarga tersebut memiliki anak kecil. Tidak tega rasanya jika harus mengajak si kecil ke sana ke mari, sementara cuaca sedang tidak bersahabat, panas yang terik atau hujan yang lebat. Di Indonesia, mobil berjenis MPV (Multi Purpose Vehicle) adalah mobil idaman keluarga, sehingga muncul berbagai jenis MPV dengan berbagai fitur yang menarik. Mulai dari low cost hingga yang premium.

 

Masyarakat Indonesia sendiri beberapa dekade terakhir masih menyenangi mobil berjenis MPV. Kendaraan bertipe ini memang sangat digandrungi masyarakat Indonesia, karena  mampu mengangkut banyak muatan disamping juga tetap bisa gesit untuk menyelinap di tengah padatnya kendaraan. Mobil jenis ini memang sangat sesuai untuk digunakan dengan seluruh anggota keluarga, sehingga banyak produsen otomotif meluncurkan berbagai merk mobil yang serba guna ini. Nah ketika akan membelinya maka ada banyak hal yang perlu anda pikirkan, maka tidak salah jika mengikuti tips memilih mobil keluarga agar ketika membelinya anda tidak akan merasa kecewa. Anda bingung menentukan pilihan? Berikut  tips untuk memilih mobil yang nyaman untuk keluarga :

  1. Fitur keamanan

Untuk urusan keluarga, pastinya ingin selalu memberikan yang terbaik. Begitu juga saat berkendara menggunakan mobil, pastikan kendaraan keluarga memiliki fitur keamanan yang bisa diandalkan. Pastikan mobil MPV yang akan dipilih memiliki fitur keamanan seperti ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electric Brake-force Distribution) dan juga BA (Brake Assist). Lebih baik lagi jika dilengkapi dengan fitur tahan goncangan saat terjadi benturan.

  1. Performa mesin dan efisiensi bahan bakar

Performa mesin menjadi poin penting selanjutnya pada mobil MPV keluarga. Pastikan jika mobil memiliki akselerasi yang halus dan nyaman saat perpindahan gigi. Serta, efisiensi bahan bakar agar penggunaannya tidak boros dan terjadi pembengkakan biaya.

  1. Kenyamanan tempat duduk penumpang

Saat berkendara bersama keluarga, apalagi dalam perjalanan jauh. Tentunya ingin semua anggota keluarga merasa nyaman sepanjang perjalanan. Pastikan jika mobil MPV memiliki fitur kenyamanan pada tempat duduk penumpang, meliputi material yang baik dan berkualitas.

  1. Desain yang elegan

Dalam memilih mobil MPV keluarga, desain eksterior dan interior juga harus memenuhi kriteria. Pasalnya, hal ini juga akan memengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Mobil MPV hadir dalam berbagai bentuk, yang memengaruhi luas kendaraan. Nah, pastikan untuk memilih mobil MPV dengan desain modern dan elegan yang nyaman bagi semua anggota keluarga ya.

  1. Ketersediaan layanan purna jual

Layanan purna jual adalah jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan mutu untuk produk yang ditawarkannya. Ketersediaan tempat layanan purna jual akan sangat membantu dan memudahkan Anda dalam mendapatkan beberapa kelebihan seperti halnya service resmi, suku cadang asli, dan juga klaim garansi. Mobil dengan merk yang sudah lama dikenal umumnya telah memiliki lebih banyak tempat layanan purna jual di berbagai kota. Kondisi ini menjadi penting karena apabila anda mengalami masalah dengan mobil atau terjadi sesuatu hal yang buruk, maka anda bisa memanfaatkan berbagai kelebihan yang telah ditawarkan.

  1. Perhitungkan biaya perawatan

Anda juga sebaiknya telah mengetahui perbandingan biaya perawatan mobil yang anda minati dengan mobil lain yang sejenis. Pada dasarnya, semakin kompleks teknologi yang digunakan pada sebuah mobil maka akan semakin besar pula biaya perawatan dan harga dari komponen suku cadangnya. Tentunya anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih pada fitur mobil yang jarang digunakan. Lebih baik sebelum memutuskan memilih sebuah mobil, perhitungkan terlebih dahulu biaya perawatan yang akan dikeluarkan nantinya.

  1. Pertimbangkan nilai jual mobil

Mobil-mobil dengan harga yang hampir sama bisa memiliki harga jual kembali atau harga jual bekas yang berbeda. Hal seperti ini dikarenakan terdapat perbedaan pada tingkat permintaan pasar untuk mobil bekas. Berdasarkan dalam hukum penawaran dan permintaan, maka mobil bekas yang banyak peminatnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi. Oleh karena itu, ketika anda akan memilih sebuah mobil juga harus mempertimbangkan nilai jualnya lagi, mungkin ada kalanya anda bosan, atau memaksa anda untuk menjual mobil tersebut karena kebutuhan yang mendesak, dengan begitu anda tidak akan kesulitan lagi dalam menjualnya.

  1. Harga yang terjangkau

Membeli mobil tentunya harus disesuaikan dengan budget yang ada. Munculnya banyak mobil MPV di Indonesia, juga menawarkan harga yang bersaing. Nah, perhitungkan dengan baik antara kelebihan dan harga yang diberikan. Jika harga yang ditawarkan sebanding dengan kenyamanan, bahan bakar yang irit serta biaya perawatan yang tidak tinggi, mobil MPV tersebut bisa menjadi pilihan.

Semoga tips di atas dapat membantu anda dalam menentukan mobil MPV yang tepat untuk keluarga anda dan tidak salah pilih dalam menentukan pilihan.

 

Sumber:

https://www.otosia.com/review/tips-memilih-mobil-mpv-untuk-keluarga.html

https://www.cermati.com/artikel/tips-cermat-memilih-mobil-keluarga