Seperti Apa Cara Kerja Mobil Hybrid Berdasarkan Jenisnya?

21 November, 2022

Image Seperti Apa Cara Kerja Mobil Hybrid Berdasarkan Jenisnya?

Solusi untuk memilih kendaraan yang hemat bahan bakar serta ramah lingkungan bisa menggunakan mobil hybrid. Cara kerja mobil hybrid menggunakan dua sumber tenaga yaitu bahan bakar dan listrik sehingga bisa menjadi solusi untuk kebutuhan mobil masa kini.

Mobil hybrid merupakan jenis kendaraan yang menggunakan sistem penggerak dengan dua sumber energi, yaitu mesin bensin dan listrik dari baterai diproses motor listrik. Kombinasi dari penggunaan dua sumber energi ini diyakini mampu menghasilkan efisiensi lebih tinggi dari mesin konvensional.

Selain memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi, mengutip laman berita otomotif.tempo.co, mobil hybrid dipercaya juga mampu mengurangi polusi udara mencapai 90%. Tidak hanya itu, mobil jenis ini juga memiliki biaya perawatan yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

Secara umum, mobil hybrid terdiri dari tiga jenis yaitu full hybrid, standard hybrid dan plug-in hybrid. Masing-masing jenis ini memiliki cara kerja yang berbeda. Lalu bagaimana bagaimana cara kerja teknologi mobil hybrid, yuk simak penjabaran di bawah ini.

Cara kerja Mobil Hybrid

Begini cara kerja mobil hybrid berdasarkan jenisnya:

Full Hybrid

1. Full Hybrid

Cara kerja mobil hybrid jenis ini secara penuh menggunakan tenaga dan sumber utama energi dari mesin bensin. Sedangkan motor listrik hanya berfungsi untuk memberikan tenaga tambahan jika diperlukan.

Pada mobil full hybrid, motor listrik digunakan sebagai satu-satunya sumber penggerak mobil ketika kendaraan berada dalam kecepatan rendah. Hal ini membuat mobil full hybrid sangat irit bahan bakar sehingga sangat efektif digunakan ketika jalan macet.

Pada kecepatan jelajah, mesin bensin dan motor listrik pada mobil full hybrid akan secara bersamaan digunakan untuk menggerakkan mobil. Sedangkan pada saat pengereman, fungsi motor dari penggerak roda menjadi penghasil daya listrik sehingga menghasilkan listrik yang disimpan di dalam baterai.

Standard Hybrid

2. Standard Hybrid

Mobil hybrid adalah mobil yang sumber penggeraknya dilakukan oleh mesin bensin dan motor listrik. Cara kerja mobil standard hybrid adalah dengan mengubah energi yang dihasilkan dari mesin bensin menjadi energi listrik yang berguna untuk mengisi baterai.

Pada kecepatan jelajah, mesin bensin akan secara penuh mengambil alih tenaga penggerak mobil. Saat baterai kekurangan daya ketika dalam kecepatan jelajah, maka generator akan mengubah energi yang dihasilkan oleh mesin bensin untuk mengisi baterai.

Pada saat proses pengereman, generator dari energi gerak mobil sistem hybrid akan diubah menjadi energi listrik. Sedangkan saat mobil berhenti sementara, maka peralatan elektronik mobil akan mengambil daya dari baterai.

Plug-in Hybrid

3. Plug-in Hybrid

Pada dasarnya cara kerja mobil plug in hybrid hampir sama dengan kendaraan hybrid. Yang membedakan hanya pada kapasitas baterai yang lebih besar sehingga memungkinkan jangkauan jelajah yang lebih luas. Mesin bensin hanya akan diaktifkan dalam kondisi darurat saat mobil kehabisan daya baterai.

Pada mobil hybrid jenis ini, pemilik bisa melakukan pengisian ulang daya baterai dengan cara mengecas di rumah atau SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) menggunakan plug-in tersebut. Dengan penggunaan kapasitas baterai lebih besar, membuat mesin bensin lebih jarang bekerja.

Mobil hybrid memang diklaim memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih bagus serta lebih ramah lingkungan. Tidak hanya itu, teknologi hybrid juga minim getaran dan rendah suara mesin serta akselerasi dan kecepatan meningkat.

Almaz Hybrid merupakan salah satu jenis mobil hybrid yang menawarkan banyak kelebihan. Selain irit bahan bakar dan ramah lingkungan, mobil ini juga memiliki akselerasi serta getaran mesin yang halus. Hal ini membuat Almaz Hybrid bisa menjadi salah satu pilihan mobil hybrid masa kini di Indonesia.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer