Fungsi Dop Velg Mobil, Bukan Hanya Bikin Mobil Lebih Stylish!

29 October, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Fungsi Dop Velg Mobil, Bukan Hanya Bikin Mobil Lebih Stylish!

Dop velg mobil atau center cap adalah penutup bagian tengah velg yang bisa dipasang atau dilepas secara mudah. Mobil-mobil yang menggunakan dop velg mobil akan memiliki penampilan lebih menarik dibandingkan velg yang tidak menggunakan dop.

Biasanya dop velg merupakan bagian penutup yang terletak pada bagian tengah velg. Pada bagian ini terpasang logo dari produsen mobil tersebut. Namun untuk velg mobil variasi, logonya pun beraneka ragam dengan tampilan lebih menarik daripada dop velg mobil dari produsen mobil.

Penggunaan dop velg mobil ini juga terdapat pada mobil Wuling Alvez, yang memiliki tiga tipe yaitu EX, CE dan SE. Untuk tipe Alvez SE menggunakan dop velg mobil yang memiliki tampilan trendy dan stylish. Dengan memilih tipe ini Anda bisa bijak dalam pengeluaran namun tetap gaya, karena Anda tetap dapat mengedepankan tampilan style modern pada eksterior.

Sampai saat ini banyak sekali komponen berupa dop velg mobil yang dijual di pasaran untuk mempercantik mobil. Tidak hanya untuk menambah estetika saja, namun dop velg mobil ini memiliki beberapa fungsi perlindungan agar velg tidak mudah kotor di area-area tertentu.

Fungsi Dop Velg Mobil

Dop velg mobil juga memiliki beberapa fungsi yang dijelaskan seperti di bawah ini:

  • Menampilkan Estetika Kendaraan

Dop velg pada mobil bisa dilepas atau dipasang kembali. Umumnya, fungsi dari dop velg mobil sangat identik dengan ornamen estetika. Ada berbagai pilihan desain dan gaya dop velg di pasaran. Kebanyakan pemilik mobil memasang dop velg agar kendaraannya lebih enak dipandang dan terlihat rapi.

  • Keamanan Velg Kendaraan

Dop velg tidak hanya berfungsi sebagai ornamen estetika saja. Komponen ini juga berfungsi sebagai proteksi roda kendaraan. Adanya dop velg mampu mencegah air dan kotoran masuk ke area dalam velg. Komponen ini mampu melindungi baut spindle dan laher roda. Dengan adanya dop velg, komponen di dalamnya lebih awet dan tidak mudah karat.

  • Perawatan Velg Lebih Mudah

Pada umumnya, dop velg dipasang pada bagian luar. Komponen ini mampu melindungi velg dari kotoran atau kerak yang menempel. Adanya dop velg mampu membantu proses pembersihan velg mobil menjadi lebih mudah. Pemilik mobil hanya perlu melepas dop velg untuk membersihkannya.

Cara Pasang Dop Velg Mobil

Cara Pasang Dop Velg Mobil

Cara memasang dop velg mobil sebenarnya sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah dengan beberapa perlengkapan sederhana. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasang dop velg mobil Anda dengan benar:

  1. Siapkan dop roda dan velg mobil. Pastikan ukuran dop sesuai dengan jenis velg pada mobil Anda.
  2. Sebelum memasang dop velg mobil, pastikan untuk membersihkan roda terlebih dahulu.
  3. Periksa sistem penguncian hub roda, seperti ring atau mur. Pastikan seluruh sistem penguncian dalam kondisi baik.
  4. Tempatkan dop pada roda mobil secara merata.
  5. Pasang ring dan mur penutup roda. Pastikan untuk memasang komponen sesuai dengan petunjuk pabrikan.
  6. Periksa kembali kelurusan dan kekencangan hub roda. Pastikan tutup dipasang dengan benar.

Cara Membuka Dop Velg Mobil

Untuk membuka dop velg mobil hanya memerlukan beberapa perlengkapan sederhana, yaitu kunci-kunci untuk membuka mur dan baut pada dop velg mobil dengan cara berikut:

  1. Pastikan mempersiapkan kunci-kunci yang sesuai pada dop velg mobil.
  2. Lepaskan mur dan baut yang ada pada dop velg mobil.
  3. Lalu lepaskan dop secara pelan-pelan.

Cara Merawat Dop Velg

Setiap komponen pada mobil pasti memerlukan sebuah perawatan. Seperti dop velg mobil yang tidak luput dari perawatan. Apabila tidak dirawat, dop velg mobil bisa saja terlepas tanpa diketahui saat berada di jalan raya.

Berikut adalah beberapa cara untuk merawat dop velg:

  • Pastikan Terpasang dengan Baik

Setelah melakukan pemasangan pada dop velg, pastikan bahwa komponen tersebut terpasang dengan baik.

  • Parkir Mobil di Tempat yang Aman

Dop velg mobil terkadang menjadi incaran, sehingga tidak heran kalau dop velg mobil hilang saat berada di parkiran. Sebelum meninggalkan mobil, pemilik mobil harus mencari tempat parkir yang aman.

  • Lakukan Pengecekan Secara Rutin

Agar dop velg tetap awet, pengecekan secara rutin perlu dilakukan. Pastikan dop velg tidak memiliki kerusakan atau retakan pada bagian penguncian. Dop velg yang sudah rusak atau longgar tentu berpotensi lepas dari velg dan hilang.

  • Menggunakan Lem Besi

Dop velg yang sudah longgar bisa dipasang kembali menggunakan lem besi. Untuk pengaplikasiannya mudah, cukup mengoleskan lem dalam bentuk titik-titik ke beberapa bagian, kemudian pasang dop velg.

  • Menggunakan Pengunci Dop Velg

Untuk mencegah dop velg hilang, bisa menggunakan pengunci dop velg. Pengunci ini merupakan alat tambahan yang dirancang untuk penguncian velg. Biasanya, pengunci dop velg berupa mur dan kunci yang dipasang menggunakan alat khusus.

  • Menggunakan Cable Strap

Cable strap atau cable tie digunakan untuk mengikat dop velg. Cara penggunaannya juga cukup mudah, pemilik mobil hanya mengikat cable strap pada beberapa titik velg. Dengan demikian, dop velg tidak mudah hilang atau lepas.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer