6 Komponen Mobil Wajib Dicek Saat Musim Hujan

19 February, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image 6 Komponen Mobil Wajib Dicek Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan datang, mobil Anda pun perlu diperhatikan agar tetap berjalan dengan baik. Untuk menjaga performanya, Anda perlu mengecek komponen mobil apa saja yang wajib diperiksa, dirawat dan diganti selama musim hujan tiba. Berikut adalah beberapa komponen tersebut.

Karet pada Kendaraan

Karet Pada Kendaraan

Periksa kondisi karet-karet pada kendaraan seperti pada bagian pintu dan jendela. Karet yang kondisinya sudah tidak baik bisa membuat air hujan merembes ke dalam kabin dan membuat kenyamanan berkendara berkurang.

Defogger

Defogger

Beberapa tipe kendaraan punya defogger yang berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca depan atau belakang. Sayangnya perangkat ini jarang diperiksa kondisinya, padahal punya peran penting saat musim hujan. Anda bisa memeriksanya sendiri karena cukup mudah melakukannya. Cukup aktifkan defogger beberapa saat kemudian sentuh kaca depan atau belakang, jika terasa hangat maka defogger bekerja. Jika tidak artinya ada masalah pada perangkat ini.

Rem

Rem

Kinerja rem yang maksimal membuat keamanan berkendara saat hujan lebih terjamin. Maka dari itu komponen pengereman wajib diperiksa saat musim hujan mengingat perannya cukup penting. Pemeriksaan dilakukan dengan melihat kondisi kampas rem, apakah butuh penggantian atau tidak.

Bagian Kelistrikan

Bagian Kelistrikan

Bagian kelistrikan yang mencakup aki dan kabel-kabel tentu perlu diperiksa secara menyeluruh ketika musim hujan. Cek kondisinya agar tidak terjadi hubungan arus pendek serta kondisi dinamo starter. Kesiapan kelistrikan di musim hujan menghindarkan dari masalah-masalah yang mungkin bisa terjadi.

Wiper

Wiper

Seringkali karet pada wiper sudah tipis dan tidak mampu menyingkirkan air dengan maksimal. Akibatnya pandangan pada kaca terhalang bekas air. Anda bisa periksa kondisi wiper dan segera ganti jika kerjanya sudah tidak maksimal.

Keseluruhan Bodi Mobil 

Keseluruhan Bodi Mobil

Anda harus rajin mencuci jeseluruhan bodi terutama bagian bawah kendaraan saat musim hujan. Kotoran bekas lumpur jika tidak segera dibersihkan biasanya akan menimbulkan bintik jamur pada bodi kendaraan serta karat pada komponen bawah kendaraan.

Selain memeriksa komponen-komponen di atas, memiliki mobil keluarga dengan fitur safety yang canggih akan meminimalisir bahaya yang Anda terima saat berkendara di musim hujan. Wuling cortez 1.8, salah satu mobil MPV andalan Wuling yang memiliki fitur safety sudah dilengkapi Hill Hold Control (HHC) dan Automatic Vehicle Holding (AVH) yang mampu menahan mobil saat berada di tanjakan, apalagi saat hujana.

Kedua fitur ini sama-sama berfungsi untuk menahan laju kendaraan ketika berkendara di medan miring. Lalu apa bedanya? Untuk HHC, fitur ini berfungsi untuk menahan laju mobil ketika berkendara di jalanan menanjak. Ketika transmisi diposisikan pada modus drive (D) dan rem dilepas, sistem secara otomatis akan menahan mobil untuk tidak mundur dalam beberapa detik.

Sementara AHV bisa menahan mobil tanpa batasan waktu. Pengendara bisa mengaktifkan fitur tersebut pada tombol yang berada di konsol tengah tepat di bahwa Electric Parking Brake (EPB). Kehadiran fitur ini sangat membantu ketika dalam kondisi stop and go di tanjakan atau turunan saat hujan deras berkat dua fitur safety tersebut.

Itulah enam komponen pada mobil yang patut Anda cek saat memasuki musim hujan. Pastikan Anda selalu berhati-hati dalam berkendara bersama Wuling Cortez kesayangan Anda.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer