Bagaimana Mengetahui Masa Kadaluarsa Ban Mobil?

30 December, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Bagaimana Mengetahui Masa Kadaluarsa Ban Mobil?

Masa kadaluarsa dari ban mobil bisa diketahui melalui berbagai kode yang tertera pada dinding ban. Kode ini berupa angka-angka yang umumnya menunjukan minggu dan tahun.

Sebagai pemilik kendaraan, wajib untuk mengetahui masa kadaluarsa dari ban yang digunakan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat penggunaan ban yang sudah tidak layak. Perlu Anda tahu juga bahwa ban terbuat dari material karet seiring waktu dapat menyebabkan aus hingga gundul dan bahkan retak karena usia.

Jika performa sudah kurang optimal, ban bisa mudah meletus akibat terlalu panas dan digunakan dalam perjalanan jauh. Pada saat perjalanan jauh, terkadang tekanan angin pada ban bisa berubah-ubah. Hal ini dapat terjadi karena suhu panas atau kebocoran.

Tekanan angin ban mobil juga memang seharusnya dicek secara rutin. Bila berkurang sedikit saja, efek yang ditimbulkan bisa banyak. Namun saat ini dengan teknologi yang sudah semakin canggih, telah ada fitur TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Fitur ini dapat mengetahui tekanan angin pada ban melalui layar MID yang ada di dashboard sehingga mudah untuk memantau. Fitur canggih ini memang tidak semua dimiliki oleh mobil keluaran baru.

Fitur TPMS sudah bisa Anda temukan pada mobil Wuling New Almaz RS Pro, yang mana memudahkan pemilik mobil untuk mengecek tekanan ban, serta kondisi lainnya hanya melalui tampilan di layar dashboard mobil.

Masa Kadaluarsa Ban Mobil

Masa kadaluarsa ban mobil pada umumnya tidak ditunjukkan dengan sebuah tanggal expired. Namun biasanya, ban yang sudah digunakan lebih dari 5 tahun bisa dikatakan sudah kadaluarsa.

Tahun produksi memang bisa menunjukan kapan pembuatan ban. Namun hal tersebut tidak semata memiliki pengaruh mutlak berapa tahun masa kadaluarsa ban. Pasalnya, usia pakai ban terhitung sejak ban pertama kali digunakan.

Oleh karena itu, pabrik ban merekomendasikan bahwa ban mobil tidak boleh digunakan lebih dari lima hingga enam tahun sejak pertama kali digunakan. Lalu untuk ban yang belum digunakan dan disimpan dengan baik tidak akan mengalami masalah kualitas atau kekuatan.

Ban mobil dapat digunakan jika disimpan dengan benar selama tidak merusak anyaman baja atau dinding ban. Namun, pabrikan menyarankan untuk mengikuti batas usia maksimal lima tahun jika Anda ingin tetap aman.

Cara Cek Ban Mobil Kadaluarsa

Cara Cek Ban Mobil Kadaluarsa

Untuk mengetahui masa kadaluarsa ban mobil, ternyata sangat mudah. Yaitu dengan mengecek secara fisik pada bagian mobil untuk melihat tanggal produksi ban yang Anda gunakan.

Terdapat sebuah kode yang mengindikasikan tanggal produksi dari sebuah ban. Umumnya terdapat 4 kode angka yang dapat ditemukan pada dinding ban. Dua angka di depan biasanya menunjukan minggu dan dua angka di belakang menunjukan tahun pembuatannya.

Sebagai contoh, cara melihat tanggal kadaluarsa ban mobil ketika melihat kode produksi ban, seperti pada angka 4023:

  • Dua digit pertama dari empat angka tersebut menunjukkan minggu ke berapa ban mobil diproduksi, yaitu minggu keempat puluh. Dengan kata lain, jika Anda menghitung dari awal tahun, minggu keempat puluh adalah minggu pertama dari bulan Oktober.
  • Dua digit terakhir menunjukkan tahun produksi yang menunjukkan bahwa ban diproduksi pada tahun 2023. Ini berarti ban mobil Anda akan masuk masa kadaluarsa 5 tahun kemudian, pada minggu keempat puluh di tahun 2028.

Anda juga perlu tahu apa itu tanggal yang tertera di permukaan ban. Hal tersebut bukanlah tanggal masa kadaluarsa, melainkan informasi tanggal produksi ban. Sedangkan, tanggal kadaluarsanya sendiri adalah berpatokan dengan pertama kalinya ban mobil di pakai dan ditambah waktu lima tahun pemakaian.

Efek Ban Mobil Kadaluarsa

Menggunakan ban mobil yang sudah kadaluarsa bisa menimbulkan efek yang sangat berbahaya. Salah satunya ialah ban bisa meletus di perjalanan yang mengakibatkan kecelakaan. Selain itu, ada beberapa efek penggunaan ban mobil kadaluarsa yang perlu Anda ketahui:

  • Membahayakan Keselamatan Penumpang

Efek paling jelas dalam penggunaan ban yang sudah kadaluarsa adalah membahayakan keselamatan sopir dan penumpang. Pasalnya, ban merupakan komponen pada mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Apabila ban sudah kadaluarsa, tidak menutup kemungkinan bahwa daya cengkramnya juga sudah berkurang dan dapat dengan mudah tergelincir yang dapat menyebabkan kecelakaan fatal.

  • Mengurangi Efisiensi Bahan Bakar

Ketika performa ban sudah menurun karena kadaluarsa, tekanan ban pun bisa berubah-ubah karena kondisinya yang sudah jelek. Karena kondisinya yang demikian dapat membuat mesin mobil bekerja lebih keras sehingga konsumsi bahan bakar semakin banyak.

Nah, demikian penjelasan untuk mengetahui masa kadaluarsa ban mobil dan efek buruk jika telat diganti. Penting untuk selalu memperhatikan tanggal produksi sebelum membeli dan menggunakannya pada mobil kesayangan Anda.

Menggunakan ban mobil yang masih prima tentu akan menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Pasalnya ban merupakan satu-satunya komponen mobil yang bersentuhan langsung dengan jalan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer