9 Cara Memilih Jenis Ban Mobil yang Tepat | Wuling

Auto Tips

9 Cara Memilih Jenis Ban Mobil yang Tepat

1 Juni, 2020

Image 9 Cara Memilih Jenis Ban Mobil yang Tepat

Ban adalah salah satu bagian yang vital untuk sebuah kendaraan, jadi memang sepatutnya harus memilih jenis ban mobil yang tepat ketika harus mengganti ban mobil Anda. Kenapa ban merupakan bagian vital? Berikut beberapa fungsi ban yang penting untuk keselamatan berkendara, yaitu:

  • Menahan beban
  • Menahan guncangan
  • Meneruskan tenaga dari mesin
  • Melanjutkan fungsi kemudi
  • Tekanan angin di dalam ban digunakan untuk menopang berat kendaraan dan berat muatan yang dibawa kendaraan.
  • Meneruskan gaya gerak dan pengereman ke permukaan jalan.
  • Mengontrol arah kendaraan

Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih ban. Ban sangat berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, maka Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih ban. Seringkali orang bingung untuk memilih karena kurangnya pengetahuan mengenai ban. Berikut tips yang perlu diperhatikan dalam memilih ban mobil.

Pilih Ban Sesuai Kebutuhan

Memperhatikan kebutuhan berdasarkan penggunaan mobil sangat penting disamping memilih ban yang bagus. Memilih ban yang bagus tanpa memperhatikan kebutuhan atau fungsi mobil tentu akan sia-sia saja dan pasti tak nyaman saat mengendarai mobil.

Tipe Ban

Tipe ban yang sesuai dengan mobil Anda umumnya tertera pada plakat di pintu, atau laci mobil. Sebagai contoh: terdapat huruf P (Passenger), berarti ban tersebut didesain untuk mobil penumpang, lalu ada LT (Light Truck), ST (Special Trailer), T yang berarti ban serep, dan R (Radial).

Ukuran Ban

Jika memilih dan menggunakan ukuran yang lebih kecil, atau lebih besar dibandingkan dengan ukuran velg, ban tidak akan dapat terpasang dengan baik. Ukuran biasanya terdapat pada angka di belakang huruf R yang tertera pada plakat.

Lebar Ban

Semakin lebar ban, maka daya cengkramnya akan semakin baik, begitu pun sebaliknya. Namun, ban yang lebar akan memengaruhi akselerasi kendaraan Anda.

Pola Tapak Ban

Selain lebar, pola tapak juga akan berpengaruh kepada daya cengkeram dan akselerasi, untuk jalan yang memiliki pola hujan cukup tinggi disarankan menggunakan pola V. Pola atau kembangan ban sangat berpengaruh pada kinerja traksi dan pengereman.

Ketebalan Ban

Ban yang lebih tipis memang terlihat lebih keren ketika digunakan, namun ban dengan profil tipis sangat buruk ketika digunakan untuk melintasi jalan yang jelek, serta velg akan cepat rusak.

Perhatikan Kode Kecepatan

Perhatikan contoh kode P195/55/R15 84V. Huruf V pada bagian belakang menunjukkan kecepatan maksimal yang mampu diatasi oleh ban. Jika diterjemahkan kecepatan maksimal mencapai 240 km/jam.

Perhatikan Kode Produksi

Setiap ban memiliki kode produksi yang tertera pada sisi bagian luar ban. Terdiri dari 5-7 digit. Digit 1-3 adalah huruf, dan digit sisanya adalah angka. Perhatikan bagian yang angka. Misal MA1115. Artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-11 di tahun 2015 (Sekitar akhir Maret 2015).

Tidak disarankan membeli ban lama, karena tapak ban sudah mulai mengeras yang berpengaruh pada daya cengkram ban ke aspal terutama pada saat pengereman. Hal ini mengurangi kenyamanan dan berpengaruh pada keselamatan berkendara.

Semoga tips memilih jenis ban mobil di atas dapat membantu menentukan pilihan ban yang tepat untuk mobil Wuling Anda. Kangan lupa selalu merawat ban dengan baik supaya memiliki umur pakai yang lama, ya!

Sumber: viva.co.id, camargus.com & otosentrum.com

Quick Help