Selain mesin, komponen lain yang tidak boleh luput dari perawatan adalah kaki-kaki mobil. Kaki-kaki mobil merupakan rangkaian komponen yang ada di bagian bawah kendaraan. Fungsinya beragam, tergantung komponen mana karena sangat bervariasi. Mulai dari bushing, bearing, hingga roda termasuk ke dalam bagian kaki-kaki mobil.
Pada intinya, jika kaki-kaki mobil tidak dalam kondisi terbaik, maka pasti akan mempengaruhi kenyamanan dan performa saat berkendara. Bahkan pada beberapa bagian kaki-kaki bila mengalami kerusakan bisa sangat berbahaya.
Nah, berapa sih biaya servis kaki-kaki mobil? Harga servis kaki-kaki mobil sangat tergantung komponen mana yang akan diperbaiki.
Biaya Servis Kaki-kaki Mobil
Gambar Ilustrasi Biaya Servis Kaki-kaki Mobil
Mengingat komponennya yang beragam dan memiliki fungsi vital, kaki-kaki mobil harus rajin diservis. Biaya servis kaki-kaki mobil memang sangat bervariasi, tergantung komponen apa yang mengalami kerusakan. Untuk referensi berapa kisaran biaya servis kaki-kaki mobil, berikut penjelasannya:
Komponen Kaki-kaki | Kisaran Biaya Servis Kaki-kaki |
Tie Rod | Rp 300.000 – Rp 340.000 |
Bushing Arm | Rp 300.000 – Rp 350.000 |
Ball Joint | Rp 90.000 – Rp 150.000 |
Link Stabilizer | Rp 40.000 – Rp 45.000 |
Bearing Depan | Rp 150.000 – Rp 160.000 |
Bearing Belakang | Rp 80.000 – Rp 90.000 |
Kisaran biaya servis kaki-kaki mobil terkait Tie Rod adalah Rp 300.000 – Rp 340.000, Bushing Arm: Rp 300.000 – Rp 350.000, Ball Joint: Rp 90.000 – Rp 150.000, Link Stabilizer: Rp 40.000 – Rp 45.000, Bearing Depan: Rp 150.000 – Rp 160.000, dan Bearing Belakang: Rp 80.000 – Rp 90.000.
Jika Anda akan melakukan servis kaki-kaki mobil, pastikan Anda melakukannya di bengkel resmi. Termasuk jika Anda adalah pengguna mobil Wuling. Selain aman, rajin melakukan servis di bengkel resmi Wuling juga menggiurkan, dan akan menghemat biaya servis kaki-kaki mobil.
Bengkel resmi Wuling menyediakan layanan garansi dan purna jual, yaitu:
- Bebas biaya servis serta perawatan berkala hingga 50.000 km atau 2,5 tahun (tergantung tahun atau kilometernya yang lebih dahulu Anda capai)
- Berbagai penawaran menarik dan diskon khusus, sebagai bentuk program loyalitas yang diberikan Wuling.
- Suku cadangnya memiliki harga yang lebih murah, 20% perbandingannya dari bengkel non resmi
- Garansi umum diberikan 3 tahun atau 100.000 km untuk komponen utama. Sedangkan, transmisinya bergaransi 5 tahun atau 100.000 km
- Layanan 24 jam darurat serta antar-jemput gratis bagi pengguna yang ingin servis berkala di area-area tertentu
Baca Juga
Oh ya sebelum lanjut membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.
Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.
Komponen Kaki-kaki Mobil
Baca Juga
Gambar Komponen Kaki-kaki Mobil
Kaki-kaki mobil terdiri dari banyak komponen yang memiliki fungsi berbeda-beda, tetapi saling berhubungan. Karena itu, cara servis kaki-kaki mobil juga sangat tergantung dengan komponen mana yang akan diperbaiki. Berikut beberapa komponen kaki-kaki mobil:
1. Kaki-kaki Bushing Arm
Komponen satu ini berguna sebagai titik tumpu roda dan pencengkram kaki-kaki tersebut. Fungsi lainnya juga sebagai peredam getaran sambungan komponen suspensi. Jika bushing arm mengalami masalah, maka kendaraan terasa tidak stabil ketika melaju.
Kerusakan ini dapat dideteksi lebih awal dengan melakukan pengamatan arah laju mobil. Jika mobil cenderung melenceng ke kiri/kanan, berarti bushing arm harus diperbaiki.
2. Kaki-kaki Bearing
Bearing merupakan bagian mobil yang berguna untuk bantalan roda. Bantalan ini memastikan putaran roda stabil ketika digunakan untuk melaju. Kerusakan di kaki-kaki bearing ini bisa diketahui dengan cara didongkrak. Anda bisa melakukan dongkrak serta memutar ban mobil manual. Jika suara bising terdengar, berarti bagian satu ini memang harus secepatnya diperbaiki.
3. Kaki-kaki Suspensi
Bagian suspensi mobil berguna untuk memaksimalkan akselerasi, terutama saat melewati medan berlubang. Suspensi ini terbuat dari baja yang anti karat sehingga daya tahannya kuat. Umumnya kendaraan yang sudah lama mengalami penurunan daya tahan suspensi.
Hal ini akan membuat kendaraan menjadi limbung ketika dipacu. Terlebih jika melaju dalam kecepatan tinggi, atau saat melewati medan berlubang.
4. Ball Joint
Ball joint adalah komponen yang berguna untuk mengikat sumbu lower arm ketika mobil berbelok. Komponen satu ini berkaitan erat dengan roda dan membantu kendaraanmu bergerak stabil. Fungsi lainnya juga sebagai penghubung knuckle roda dengan arm.
Komponen kaki-kaki mobil ini diidentifikasi rusak jika terdengar suara gesekan ketika mobil didongkrak. Bisa juga ketika ban bergerak naik turun ketika melaju, tetapi dalam jeda cukup jauh.
5. Kaki-kaki Per
Komponen pada kaki-kaki mobil ini cenderung sulit dideteksi jika ada kerusakan. Walau demikian, kaki-kaki per cenderung jarang mengalami masalah. Kerusakan terdeteksi jika ada ulir per keongnya patah. Bisa juga dilihat dari bagaimana kondisi bushing atau bantalnya. Lihat bagian tersebut, jika memang terkikis berarti harus secepatnya diganti.
6. Tie Rod
Tie rod adalah komponen mobil yang terhubung langsung dengan setir. Jika masalah di bagian ini terjadi, maka laju mobil cenderung melenceng ke samping. Segera servis kaki-kaki mobil agar masalah tersebut cepat diatasi.
7. Shockbreaker
Shockbreaker merupakan bagian kaki-kaki mobil yang berguna untuk meredam getaran. Saat sedang melajukan kendaraan, kamu pasti kerap melewati jalanan yang medannya kurang stabil.
Adanya shockbreaker membuat Anda tidak merasakan guncangan. Komponen satu ini dianggap rusak jika mobil terasa sekali goncangannya saat melaju. Selain itu, timbul suara bising di bagian belakang dan samping.
8. Roda dan Ban Mobil
Roda dan ban mobil merupakan komponen yang memiliki fungsi vital. Tentu tanpa adanya roda, mustahil bagi mobil untuk dapat berjalan. Fungsi utamanya sendiri adalah sebagai penahan bobot kendaraan dan bantalan.
Roda dan ban mobil ini juga berguna sebagai bantalan agar tidak langsung bersentuhan dengan aspal/jalan. Selain itu, komponen ini juga berguna untuk menjaga keseimbangan kendaraanmu.
Ban mobil terdiri atas dua macam jenis, yakni ban luar dan dalam. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi sudah ada model tubeless tanpa lapisan dalam. Komponen kendaraan ini biasanya didesain bergerigi untuk mengantisipasi slip.
Jika permukaan ban kendaraan sudah mendekati mulus/gundul maka segera diganti. Ban yang sudah mulai gundul sangat berbahaya karena berisiko slip, terutama saat jalanan tengah licin.
Dengan layanan purna jual Wuling tentu tidak hanya mobil berkualitas yang Anda peroleh, tetapi juga layanan pendukung yang sangat menguntungkan. Pada dasarnya, servis kaki-kaki mobil perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan mobil selalu dalam performa terbaik. Servis kaki-kaki mobil memang bisa Anda lakukan di bengkel terdekat, tetapi yang punya jaminan pasti adalah di bengkel resmi. Itu dia pembahasan tentang biaya servis kaki-kaki mobil.
SHARE: