Fungsi Shockbreaker Mobil dan Cara Perawatannya

22 February, 2021
clock-bold
3 menit membaca

Image Fungsi Shockbreaker Mobil dan Cara Perawatannya

Shockbreaker adalah salah satu komponen mobil yang bisa memberikan kenyamanan pada sebuah mobil dan shockbreaker memiliki masa pakai yang berbeda pada setiap mobilnya, karena sangat tergantung dari cara pemakaian mobilnya.

Terutama kalau mobil sering dipakai di jalan yang tidak rata, maka shockbreaker akan mudah rusak dan masa pakainya berkurang. Ketika shockbreaker mengalami kerusakan, maka kenyamanan Anda bisa terganggu saat mengendarai mobil.

Shockbreaker menjadi salah satu komponen yang sering dianggap sepele dan sering diabaikan untuk dirawat, padahal peranannya sangatlah penting. Setidaknya ada beberapa fungsi yang dijalankan shockbreaker dalam sebuah kendaraan.

Fungsi Shockbreaker Pada Kendaraan

Fungsi Shockbreaker Mobil dan Cara Perawatannya 1 1000x569

Fungsi shockbreaker pada sebuah mobil yaitu untuk meredam goncangan dan untuk membuat mobil tetap stabil saat adanya sebuah goncangan. Dengan adanya shockbreaker, maka ban kendaraan akan aman dan bodi mobil tidak akan terguncang secara berlebihan. Shockbreaker pada suatu kendaraan akan melakukan peredaman getaran, ketika peer bergerak dengan naik dan turun.

Cara Kerja Shockbreaker Kendaraan

Cara Kerja Shockbreaker Kendaraan

Shockbreaker mobil biasanya diterapkan dekat dengan roda atau ban mobil yang telah dilengkapi dengan peer untuk tujuan menahan gerakan peer, agar peer bergerak dengan lebih lembut. Ketika kendaraan sedang dipakai dan melintas pada suatu jalanan yang tidak rata, maka bagian bodi mobil akan turun otomatis untuk ditopang oleh peer.

Secara otomatis peer akan ikut turun secara perlahan dan shockbreaker akan melakukan penekanan pegas melalui gas atau minyak, karena tergantung dari shockbreaker yang dipakai dalam kendaraan. Adanya komponen ini maka gerakan menurun bodi mobil tidak akan berlangsung dengan berlebihan. 

Ketika peer kembali ke posisi semula atau memantul ke atas, maka pegas akan ditahan oleh shockbreaker dan akan dilepaskan secara perlahan, sehingga gerakannya lebih halus. Kinerjanya memang sangatlah signifikan dan kerjanya sangat berat. Semakin sering mobil membawa beban berat, maka daya tahan shockbreaker akan semakin berkurang.

Cara Merawat Shockbreaker Kendaraan

Cara Merawat Shockbreaker Kendaraan

Shockbreaker juga menjadi salah satu komponen yang perlu dirawat kebersihannya, dengan begitu bisa terhindar dari berbagai debu dan kotoran yang menempel. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kebersihan shockbreaker.

Silahkan Anda dongkrak mobil dengan peralatan yang memadai dan dongkrak mobil hingga posisi ban terlihat melayang dan pastikan terlihat sebuah batang besi dari shockbreaker mobil. Sebaiknya Anda membeli dongkrak yang berkualitas agar kinerjanya bisa sesuai.

Anda tinggal bersihkan bagian batang shockbreaker dengan memakai air bersih dan bagusnya Anda menggunakan air yang keluar dari selang, sehingga ada dorongan airnya. Pembersihan shockbreaker dengan air perlu dilakukan untuk mencegah berbagai kotoran atau debu menempel di shockbreaker.

Pastikan sela-sela shockbreaker dibersihkan dengan baik, agar tidak mengakibatkan seal dan piston pada mobil cepat aus. Pada mobil tertentu, shockbreaker biasanya dilengkapi dengan karet penutup untuk mencegah debu atau kotoran menempel.

Apabila shockbreaker sudah dilengkapi dengan karet penutup, maka Anda tinggal bersihkan karet secara berkala dan perlu ganti karet, apabila karetnya sudah rusak atau sobek. Saat berkendara, pastikan selalu menghindari jalanan yang berlubang. Apabila terpaksa melewati jalan berlubang, maka Anda harus mengendarai mobil secara perlahan.

Ketika berkendara, jangan juga membawa beban yang terlalu berat dan pastikan jangan membawa penumpang lebih dari kapasitas mobilnya, karena akan merusak kondisi mobil. Dengan memperhatikan bobot muatan pada mobil, maka usia pemakaian shockbreaker akan bertahan lebih lama.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer