Fungsi Coilover Mobil, Kelebihan & Cara Memasang yang Tepat

26 October, 2023
clock-bold
4 menit membaca

Image Fungsi Coilover Mobil, Kelebihan & Cara Memasang yang Tepat

Shockbreaker atau peredam kejut merupakan bagian yang sangat penting dari mobil yang dapat menunjang kenyamanan dalam berkendara. Tidak jarang pemilik kendaraan yang ingin mobilnya semakin nyaman pasti akan memodifikasi bagian peredam kejut ini dengan mengganti atau memodifikasinya dengan menggunakan coilover.

Meski tidak harus diganti, namun bila dibandingkan dengan shockbreaker bawaan mobil, coilover ini disebut memiliki lebih banyak kelebihan untuk menunjang kenyamanan berkendara. Karena menggunakan coilover dapat membuat mobil semakin nyaman dalam melewati jalanan rusak dan bergelombang di jalan.

Selain dari sisi kenyamanan, coilover memiliki tampilan yang modis dari segi warna dan desain, sehingga membuat mobil terlihat semakin keren. Maka tidak heran bagi para pecinta otomotif yang suka memodifikasi mobilnya akan mengganti shockbreaker biasa bawaan mobil dengan coilover.

Ketika shockbreaker biasa bawaan mobil tidak dapat dengan mudah untuk mengatur tingkat tinggi rendahnya, coilover mobil dapat diatur tinggi rendahnya secara mudah. Apabila dilakukan perubahan para pengaturannya, tentu penampilan mobil akan berubah drastis.

Apa Itu Coilover Mobil?

Coilover atau disebut juga coil spring over shock adalah sejenis per suspensi (peredam kejut) yang menyatu dengan shockbreaker mobil bagian depan. Dari bentuknya terlihat bahwa sebuah per menyatu dengan shockbreaker layaknya shockbreaker pada sepeda motor.

Komponen ini dapat dipasang di hampir semua jenis mobil yang bertujuan untuk menjaga kontak permukaan dengan aspal jalan. Selain itu, coilover dapat diubah tinggi rendahnya dengan mudah sesuai kebutuhan.

Setelan tinggi rendah coilover ini bermuatan gas, sehingga dapat leluasa diatur sesuai keadaan medan jalan yang akan dilalui. Sehingga pemilik mobil dapat merasakan keras dan halusnya peredam kejut tersebut sesuai kebutuhan.

Pengaturannya ini pun dapat dipelajari melalui instruksi pada kemasannya. Pada umumnya pengaturan untuk mengubah tinggi rendah serta tingkat kekerasannya dapat diatur dengan memutar pengaturan pada bagian atas coilover.

Biasanya coilover ini digunakan banyak pecinta otomotif untuk memodifikasi mobilnya agar terlihat semakin keren dan berbeda dari mobil biasa lainnya. Selain itu karena memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan shockbreaker biasa tentu membuat coilover semakin banyak diminati.

Fungsi Coilover untuk Mobil

Fungsi Coilover untuk Mobil

Fungsi dari coilover mobil ini utamanya adalah sebagai pengganti shockbreaker bawaan mobil. Memiliki fungsi yang sama seperti shockbreaker pada umumnya, coilover ini menjaga kontak permukaan dengan aspal jalan.

Namun karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan shockbreaker biasa, membuat coilover menjadi pilihan utama para pecinta otomotif untuk semakin menunjang mobil dari kenyamanan dan penampilan.

Selain dari segi kenyamanan, coilover memiliki fungsi untuk mempercantik penampilan mobil. Karena memiliki tampilan modis serta dapat diatur tinggi rendahnya.

Kelebihan Coilover pada Mobil

Menggunakan coilover mobil memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan menggunakan shockbreaker bawaan mobil. Beberapa kelebihannya adalah:

  1. Mudah dalam mengatur tinggi rendahnya kendaraan dengan coilover daripada menggunakan shockbreaker biasa.
  2. Selain tinggi rendah, coilover ini dapat diatur tingkat kekerasan dalam meredam guncangan. Sehingga pengguna mobil bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.
  3. Kinerja mobil menjadi lebih baik dengan coilover, terutama dalam hal stabilitas saat menikung. Respon yang dimiliki saat mengemudi di kecepatan tinggi juga menjadi lebih baik.
  4. Gerakan mobil lebih fleksibel, karena dapat diatur sesuai kebutuhan mengenai tinggi-rendah dan dan kekencangan pegas sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan berbagai jenis permukaan jalan yang berbeda.
  5. Memiliki tampilan yang lebih keren dibandingkan dengan shockbreaker biasa. Sehingga menggunakan coilover lebih menarik. Beberapa orang senang memodifikasi tampilan agar kolong mobil menjadi rendah alias ceper. Mobil dengan ground clearance rendah lebih mempesona dan unggul dalam handling mobil.

Kekurangan Coilover pada Mobil

Selain kelebihan di atas, coilover mobil juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa Anda perhatikan. Kekurangannya ini cukup lumrah dan dapat diatasi dengan perawatan rutin yang cukup mudah.

Apabila menggunakan coilover dan menyetelnya dengan rendah, memiliki kemungkinan besar coilover-nya terkena air, debu, dan kotoran dari jalan. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi kinerja dan memperpendek umur pakai komponen ini.

Maka dari itu bagi Anda yang menyetel coilover rendah harus selalu membersihkannya dari debu dan kotoran yang menempel pada komponen ini. Apalagi pada saat musim hujan.  Ketika komponen ini bebas dari kotoran berupa air dan debu, tentunya usia pakainya dapat panjang dan berfungsi dengan baik.

Cara Memasang Coilover pada Mobil

Cara Memasang Coilover pada Mobil

Dalam pemasangannya, coilover ini cukup mudah untuk dipasang secara mandiri asalkan memiliki peralatan yang lengkap. Dibutuhkan beberapa perlengkapan untuk membuka kunci-kunci yang ada pada bagian roda dan shockbreaker mobil.

Berikut cara pemasangan coilover secara mandiri yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Siapkan peralatan seperti dongkrak untuk mengangkat mobil dan kunci pas, kunci sok, obeng, serta tang untuk melepas beberapa kunci yang ada di roda dan bagian shockbreaker.
  2. Angkat mobil menggunakan dongkrak, lakukan dengan hati-hati agar mobil diangkat secara presisi.
  3. Lepaskan shockbreaker mobil yang lama menggunakan kunci pas dan kunci sok, kemudian periksa kondisinya.
  4. Pasang coilover mobil yang baru mengikuti instruksi pemasangan sesuai yang disarankan produsen (ada pada kemasan produk). Pastikan Anda mengencangkan kunci pas dengan benar dan tepat.
  5. Turunkan mobil dan atur tinggi kendaraan dengan mengatur ketinggiannya. Usahakan Anda menyetel ketinggian kendaraan secara merata di semua sisinya sehingga seimbang.
Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer