Cara Jaga Kesehatan saat Menyetir Mobil di Bulan Puasa

27 February, 2024
clock-bold
3 menit membaca

Image Cara Jaga Kesehatan saat Menyetir Mobil di Bulan Puasa

Saat memasuki bulan ramadan, tanpa sadar, kebiasaan makan dan tidur Anda berubah drastis. Tetapi Anda sebaiknya pun memahami apa yang harus dilakukan dan memastikan segala hal terpenuhi selama menjalani ritual puasa. Kami selalu mengharapkan para pembaca dan pelanggan kami untuk terdorong menjalani kehidupan yang lebih baik. Maka kami selalu memberikan saran dan cara terbaik agar tetap jaga kesehatan saat menyetir mobil di bulan puasa.

Perhatikan Jadwal Imsak

 Jadwal Imsak

Perhatikan jadwal imsak Anda dengan benar. Anda harus yakin bahwa Anda telah berhenti makan beberapa menit menuju imsak. Kalau Anda memutuskan untuk tetap berpuasa selama perjalanan jauh seperti mudik, maka Anda tidak boleh melewatkan sahur karena cara ini sangat penting untuk membuat Anda tetap fokus menyetir mobil saat berpuasa.

Ketahui Berat Badan

Berat Badan

Kedua, ketahui berat badan Anda. Ketika sudah tahu, Anda akan bisa menentukan apa yang diharapkan dari berpuasa tahun ini—apakah menambah berat badan atau mengurangilebih banyak, selain tentunya tetap sehat dan meningkatkan tingkat spiritual Anda. Dengan berpuasa,  seharusnya mengurangi frekuensi makan dan tidak peduli berapa lama Anda melakukannya, Anda mungkin masih merasakan dorongan untuk makan di siang hari, tetapi jangan!

Penuhi Kalori yang Tepat

Penuhi Kalori yang Tepat

Salah satu cara untuk mendukung Anda saat merasa lapar di siang hari adalah dengan mengonsumsi makanan dengan takaran kalori, lemak, dan mineral yang tepat selama sahur. Sebaiknya  tidak makan terlalu banyak, karena bisa merasa kembung saat bekerja, dan Anda tidak ingin mengonsumsi terlalu banyak makanan pedas &berbumbu karena akan mengganggu sistem pencernaan dan akan sangat mengganggu ketika Anda berkeliling menyetir mobil.

Baca juga: Masih di Jalan? Ini Tips Buka Puasa di Mobil

Diet yang Tepat

4. Diet yang Tepat 1000x569

Diet seimbang selama berpuasa adalah menjaga jumlah kalori di angka 700—bisa lebih atau kurang, tergantung berat badan Anda dan tergantung apakah ingin tetap segitu atau menambah atau malah mengurangi berat lebih banyak. Kombinasi yang tepat dari 700 kalori adalah sandwich keju, selada, daging, dan pilihan sausnya. Silakan dinikmati dengan segelas susu dan pisang.

Atau jika Anda ingin alternatif lain, pilih semangkuk mie ayam, segelas susu, dan apel—seperti kata pepatah, sebuah apel sehari menjaga Anda dari dokter. Tentu saja Anda dapat menyesuaikan konten diet Anda agar sesuai dengan selera/sistem pencernaan Anda; beberapa orang lebih suka mengonsumsi susu kedelai karena lebih bergizi atau makan sepiring nasi dengan daging sapi atau daging ayam, tetapi hati-hati dengan santan ya, supaya tidak kembung.

Baca juga: Pelajari Cara Berkendara dan Merawat Mobil di Bulan Ramadan

Waktu Tidur yang Cukup

Waktu Tidur yang Cukup

Mendapatkan jumlah waktu tidur yang tepat juga akan membantu menjaga kekuatan dan membuat Anda terjaga di siang hari, cara ini sangat efektif untuk membuat Anda tetap fokus menyetir mobil selama perjalanan. Alhamdulillah jika pekerjaan Anda memungkinkan untuk berhenti bekerja lebih awal dari biasanya, itu berarti Anda dapat pulang lebih cepat dan cukup istirahat antara 5—8 jam sehari. Ketika Anda kekurangan tidur, sangat mungkin Anda kelelahan dan mengantuk.

Ketika ini terjadi, jangan mengemudi, apalagi sendiri. Ajaklah teman untuk ngobrol di perjalanan, mainkan lah musik yang penuh semangat, latihlah kesabaran Anda selama masa puasa ini; artinya hindari mengebut agar terhindar dari celaka & marah dengan orang lain di jalan raya.

Salah satu tujuan puasa adalah menjaga tingkat emosi Anda tetap rendah dan percayalah, ini baik untuk tubuh dan pikiran Anda. Pastikan Anda selalu memeriksa kondisi mobil agar tetap prima mengemudi saat sedang puasa, terutama ketika merencanakan pergi ke luar kota untuk mudik. Selalu berhati-hati dan bersemangat untuk kehidupan yang lebih baik!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer