Tips Nyaman Buka Puasa di Jalan dalam Mobil - Wuling Motors | Wuling Indonesia

Life Style

Tips Nyaman Buka Puasa di Jalan dalam Mobil

23 April, 2020

Image Tips Nyaman Buka Puasa di Jalan dalam Mobil

Memasuki bulan Ramadan umat muslim di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia wajib menunaikan ibadah puasa hingga sebulan penuh. Nah, di bulan penuh berkah ini hampir sebagian orang sangat menantikan waktu berbuka puasa, terlebih lagi bersama keluarga, teman, sahabat atau kerabat yang lama menanti.

Hanya saja, ada saatnya Anda harus berada di jalan saat detik-detik berbuka puasa karena satu dan lain hal. Bagi Anda yang kerap berbuka puasa namun masih berada di jalan ada sebaiknya perhatikan tips buka puasa di jalan dalam mobil:

Bawa bekal

Bekal yang dibawa dari rumah akan sangat berguna ketika berbuka puasa. Pastikan bekal yang dibawa ini cemilan atau buah-buahan yang menyehatkan, dan memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Salah satu makanan yang dianjurkan seperti kurma atau Anda juga bisa membawa makanan ringan atau minuman yang dapat mengisi energi seperti roti, kue, biskuit, dan lainnya. Disarankan jangan membawa makan berat seperti nasi dan lauk pauknya.

Nyalakan radio atau aktifkan pengingat adzan di ponsel

Penggunaan radio akan sangat penting terlebih selain dapat berfungsi sebagai media hiburan, radio juga akan jadi sumber informasi atau pengingat waktu berbuka puasa, lantaran suara adzan maghrib berkumandang

Oh iya, smartphone dengan berbagai aplikasi bernuansa Islami saat ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui informasi jadwal adzan. Anda bisa mengaktifkan notifikasi adzan agar tak perlu repot-repot mengecek ponsel karena bisa berbahaya ketika dilakukan saat berkendara.

Menepi terlebih dahulu

Jika waktu berbuka puasa tiba, sebaiknya Anda terlebih dahulu menepi. Pasalnya, mengemudi sambil makan sama saja melanggar aturan lalu lintas.

Akan tetapi, ketika menepi, pastikan tidak sembarangan, agar menghindari kendaraan lain yang juga mungkin sedang mengejar waktu ingin berbuka puasa. Jikapun kondisi jalanan macet, tentunya Anda harus lebih berhati-hati. Menyantap kudapan berbuka puasa ini penting agar pengendara bisa kembali berkonsentrasi ketika berkendara.

Perlengkapan kebersihan

Tak ada salahnya ketika hendak berbuka puasa maka tangan Anda harus tetap higienis. Oleh karena itu, tak ada salahnya membawa hand sanitizer atau paling tidak tisu basah untuk membasuh tangan.

Selain itu, sediakan juga tempat sampah kecil di dalam mobil untuk membuang sisa-sisa makanan dan minuman serta bungkus plastik dan lainnya. Sesudahnya, Anda bisa mencari tempat sampah dekat rumah dan segera membuangnya untuk menghindari kuman-kuman terkumpul di dalam mobil.

Tetap waspada dan konsentrasi

Tak sedikit pengemudi yang ketika sedang puasa gaya mengemudinya berubah. Bisa jadi dia tetap ingin melanjutkan perjalanan karena ada makanan berat yang menanti di rumah atau ingin segera membeli makanan di restoran, sehingga yang dilakukan adalah kebut-kebutan.

Tentu saja hal tersebut jangan dicontoh, karena akan sangat berbahaya baik dialami diri sendiri maupun orang lain. Jadi, tetaplah waspada dan konsentrasi untuk keselamatan Anda.

Nah, itulah beberapa tips buka puasa di jalan saat dalam mobil agar tidak membahayakan diri dan nyaman ketika harus berbuka puasa di jalan.

Quick Help