8 Cara Menyetir Mobil Bagi Pemula, Aman dan Mudah

29 June, 2020
clock-bold
4 menit membaca

Image 8 Cara Menyetir Mobil Bagi Pemula, Aman dan Mudah

Menyetir mobil bagi seorang pemula bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan ataupun mengerikan. Jika tak mengetahui seluk-beluk berkendara dengan tepat, bukan tidak mungkin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Nah, untuk Anda yang masih pemula dalam menyetir mobil sebaiknya perhatikan tips mengemudi mobil untuk pemula berikut ini.

Kenali Mobil Lebih Dalam

Tips Mengemudi Mobil Untuk pemula - Kenali Mobil Lebih Dalam

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai berkendara bagi pemula adalah menghadirkan rasa nyaman di balik kemudi setir. Kemudian perlahan-lahan pahami fungsi beberapa komponen yang ada di dalam mobil. Seperti soal perseneling mobil, ketahui waktu yang tepat untuk menggunakan gigi pada posisi tertentu. Misal, ketika Anda berada di tanjakan, disarankan untuk menggunakan gigi rendah. Demikian ketika mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, tak disarankan untuk menggunakan gigi rendah.

Cari Posisi Paling Nyaman Saat Berkendara

Tips Mengemudi Mobil Untuk pemula - Cari Posisi Paling Nyaman Saat Berkendara

Sebelum menyalakan mobil, pastikan semua kondisi kaca spion dan tempat duduk sudah sesuai sehingga membuat Anda nyaman. Dengan merasa nyaman di dalam mobil, dapat membuat rasa gugup Anda yang masih minim pengalaman menyetir berkurang. Tips ini sangat penting untuk Anda yang baru pertama kali mengemudi mobil. Pastikan punggung sudah menyandar pada jok mobil dengan posisi yang tepat agar tak cepat pegal dan lelah.

Cari posisi duduk yang membuat Anda bisa melihat dengan jelas kondisi di sekitar mobil. Ada yang mengatakan, posisi duduk yang pas adalah setengah dari ketinggian kaca depan. Kemudian posisi lutut tidak terlalu merentang, sehingga Anda dapat mudah mengontrol pedal gas, rem, dan kopling. Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk ke depan.

Baca juga: Mengatasi Silau Cahaya Lampu di Malam Hari

Abaikan Hal yang Tak Penting Saat Berkendara

Abaikan Hal yang Tak Penting Saat Berkendara

Saat Anda berada di balik kemudi setir, artinya sedang melakukan satu pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Sesuaikan kaca spion, pakai sabuk pengaman, dan ikuti aturan lalu lintas ketika sedang mengemudi. Abaikan hal-hal yang dapat membuat konsentrasi Anda terpecah. Misalnya saat kondisi macet, pandangan Anda harus tetap fokus ke depan agar tetap bisa waspada dan lebih responsif.

Ada dua hal dasar yang perlu diingat sebelum Anda berkendara. Pertama jangan menggunakan ponsel sembari berkendara juga jangan menyetir di bawah pengaruh alkohol. Untuk para pemula bisa juga hindari makan sembari berkendara, menyetel musik dengan volume terlalu tinggi, dan berbincang mengenai hal yang sangat mendalam. Hal-hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi bagi pengendara pemula.

Memegang Setir Dengan Tepat

Memegang setir dengan tepat

Posisi memegang setir harus tepat agar Anda bisa mengontrol mobil dengan optimal. Banyak hasil riset menunjukan, posisi tangan di arah jarum jam 9 (tangan kiri) dan 3 (tangan kanan) merupakan posisi terbaik untuk Anda memegang kemudi setir. Sangat penting untuk memposisikan tangan di setir dengan benar.

Ingat Untuk Menggunakan Lampu Sein

Tips Mengemudi Mobil Untuk pemula - Ingat Untuk Menggunakan Lampu Sein

Lampu sein di mobil bukan sekadar aksesori belaka. Lampu sein itu merupakan indikator untuk memberi tahu pengendara lain ketika kita ingin berbelok. Saat berada di jalan, tentu kita akan berhadapan dengan pengendara dan pengguna jalan lain. Tanpa memberikan sinyal ketika akan berbelok, bukan tidak mungkin Anda juga membahayakan pengguna jalan lainnya. Gunakan lampu sein sebagai penanda ketika akan berbelok, berhenti sejenak, ataupun memutar arah.

Baca juga: Cara Putar Balik Mobil yang Aman

Jangan Mengendarai dengan Kecepatan Tinggi

Jangan Mengendarai dengan Kecepatan Tinggi

Bagi pengendara tidak disarankan untuk mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi. Anda yang belum mahir mengendarai mobil bisa jadi kehilangan kendali saat memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Sebaiknya kendarai mobil sesuai dengan kecepatan sesuai rambu lalu lintas di jalan.

Jaga Jarak Aman Dengan Kendaraan Lain

Jaga Jarak Aman Dengan Kendaraan Lain

Usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan Anda. Jangan terlalu mepet dengan kendaraan di depan, karena hal itu membuat Anda sulit menghindar ketika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Tetap Tenang saat Berkendara

Tetap Tenang saat Berkendara

Jangan biarkan suasana hati yang sedang buruk mempengaruhi Anda ketika berkendara, apalagi buat pengendara pemula. Apabila dibiarkan, suasana hati yang sedang tidak enak itu dapat membuat kita lebih mudah tersulut emosi dan itu tidak baik ketika tengah berkendara. Usahakan agar tetap tenang dan menciptakan suasana hati yang senang ketika sedang berkendara.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer