Kenali Alat Pendingin Mesin Mobil, Cara Kerja dan Perawatannya

21 December, 2022

Image Kenali Alat Pendingin Mesin Mobil, Cara Kerja dan Perawatannya

Ingin kendaraan Anda terhindar dari risiko overheat? Pastikan Anda tahu apa itu alat pendingin mesin mobil. Ini merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan yang berfungsi untuk memastikan mesin kendaraan selalu dalam keadaan optimal dan stabil.

Saat kendaraan dihidupkan, maka mesin kendaraan akan menghasilkan panas dari pembakaran yang terjadi pada mesin tersebut. Untuk menghindari overheat yang bisa membahayakan pengguna, setiap jenis kendaraan telah dilengkapi dengan alat pendingin mesin yang disebut dengan radiator.

Lalu apa saja komponen yang ada pada pendingin mesin mobil dan bagaimana cara kerja serta perawatannya? Yuk. simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Alat Pendingin Mesin Mobil

Pengertian Alat Pendingin Mesin Mobil

Seperti namanya, alat pendingin mesin mobil merupakan sebuah komponen yang berfungsi untuk memastikan suhu mesin tetap terjaga dengan stabil. Sistem ini mampu memastikan suhu sekaligus temperatur mesin selalu dalam keadaan yang optimal.

Suhu mobil yang terlalu tinggi bisa membuat mesin kendaraan bekerja lebih keras. Jika hal tersebut terjadi, kendaraan bisa mengalami mesin overheat dan menyebabkan mesin mogok. Maka dari itu panas yang ada di dalam mesin mobil perlu dibuang dengan menggunakan alat pendingin mesin ini.

Komponen & Fungsi Alat Pendingin Mesin Mobil

Komponen & Fungsi Alat Pendingin Mesin Mobil

Dalam menjalankan tugas untuk menstabilkan suhu kendaraan, alat pendingin mesin mobil ini terdiri dari beberapa komponen yang memiliki fungsi masing-masing akan tetapi saling berhubungan. Beberapa komponen yang ada di alat pendingin mesin antara lain sebagai berikut:

1. Radiator

Komponen utama dari sistem pendingin mesin adalah radiator. Komponen ini terdiri dari pipa kecil dan bak penampungan air pendingin. Pipa ini akan dialiri oleh cairan pendingin yang berfungsi menyerap suhu panas yang dikeluarkan oleh mesin kendaraan.

2. Kipas Radiator

Komponen pendingin mobil yang selanjutnya adalah kipas radiator yang terdiri dari dua bagian. Satu kipas berfungsi untuk memberikan aliran udara ke radiator. Sedangkan satu jenis lainnya yaitu fan radiator yang bekerja dengan mengandalkan tali kipas agar udara dingin bisa melewati kisi-kisi radiator.

3. Pompa Air

Pompa air berfungsi untuk mengantarkan sirkulasi udara dari tangki bawah ke radiator. Pompa ini bekerja untuk membuat air radiator kembali ke dalam pipa-pipa untuk bekerja mendinginkan mesin kendaraan.

4. Termostat

Komponen alat pendingin mesin mobil yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi air pada pendingin mesin. Thermostat memiliki dua jenis yaitu yang memiliki katup by pass dan kedua tanpa katup.

5. Tutup Radiator

Tutup radiator atau cap radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk meningkatkan dan menjaga titik didih air agar tidak naik hingga 100 derajat celcius. Tugas utama dari komponen ini adalah untuk menjaga kestabilan tekanan pada radiator.

Cara Kerja Alat Pendingin Mesin Mobil

Cara Kerja Alat Pendingin Mesin Mobil

Cara kerja alat pendingin mobil sangat bergantung dari berbagai komponen yang ada didalamnya. Akan tetapi radiator memiliki peran yang paling penting. Alat pendingin ini bekerja dimulai dari radiator yang mengalirkan air bersuhu dingin. Selanjutnya air akan dialirkan ke seluruh blok mesin yang mengalami panas.

Selain radiator, komponen kendaraan yang memiliki fungsi sebagai pendingin adalah pelumas. Pelumas atau oli akan bekerja untuk mendinginkan pada bagian area piston yang menurunkan efek gesekan piston sehingga tidak terlalu panas. Panas berlebih bisa membuat piston bengkok dan bisa merusak blok mesin.

Perawatan Alat Pendingin Mesin Mobil

Perawatan Alat Pendingin Mesin Mobil

Sistem pendingin mesin mobil memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga performa kendaraan. Maka dari itu, komponen pendingin mesin ini harus selalu dirawat dengan baik. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk merawat sistem pendingin mobil ini, antara lain yaitu:

  • Jaga jumlah air radiator
  • Gunakan radiator coolant yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan
  • Pastikan tutup reservoir air radiator tidak berkarat
  • Pastikan kipas elektrik bekerja dengan optimal
  • Pantau kondisi drive belt
  • Selalu jaga kebersihan kondensor AC
  • Jangan pernah lepas thermostat

Mesin kendaraan harus selalu dalam suhu yang stabil agar bisa bekerja dengan optimal. Jika mesin mengalami overheat atau suhunya terlalu tinggi, bisa menyebabkan mobil mogok hingga menimbulkan kebakaran. Maka dari itu, Anda harus selalu memastikan alat pendingin mesin mobil berfungsi dengan baik sebelum berkendara khususnya jika ingin berkendara dalam jarak jauh.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer