Kenali Beragam Jenis Ban yang Cocok untuk Mobil Pick Up

17 January, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image Kenali Beragam Jenis Ban yang Cocok untuk Mobil Pick Up

Salah satu komponen yang penting bagi mobil bermuatan berat seperti mobil pick up adalah ban. Penting bagi pemilik mobil untuk memilih jenis ban yang cocok untuk mobil pick up agar awet dan kuat menahan beban berat. Seperti apa jenis ban mobil untuk muatan berat? Apakah berbeda dengan ban mobil pada umumnya?

Jenis-Jenis Ban Mobil

Jenis-Jenis Ban Mobil

Secara umum, ban mobil dibagi menjadi empat macam, yaitu ban tubeless, ban bias, ban radial, dan ban Run Flat Tyre (RFT). Perbedaan antara keempat jenis ban mobil ini bisa dilihat pada penjelasan berikut:

  • Ban tubeless adalah ban yang tidak memakai ban dalam. Meskipun begitu, ban ini lebih tahan udara dan tidak mudah kempes.
  • Ban bias merupakan ban dengan bobot ringan yang memiliki konstruksi berpola zig-zag dan bertapak tebal. Ban bias cocok digunakan untuk mobil yang mengangkut penumpang.
  • Ban radial adalah ban yang biasanya memiliki pola searah, sehingga cocok digunakan untuk kendaraan yang membawa penumpang, maupun mobil bermuatan barang, seperti pick up.
  • Ban RFT merupakan ban yang bisa berjalan dengan aman pada kecepatan tertentu meskipun dalam keadaan kempes.

Dari keempat jenis ban tersebut, jenis ban mobil untuk muatan berat paling cocok menggunakan ban radial, karena ban radial mampu menahan bobot yang lebih berat dibandingkan tiga jenis ban lainnya. Oleh karena itu, jenis ban inilah yang paling cocok untuk mobil pick up.

2. Tips Memilih Ban Mobil untuk Mobil Pick Up Muatan Berat 1000x569

Tips Memilih Ban Mobil Pick Up Muatan Berat

Pemilihan ban untuk mobil bermuatan berat seperti mobil pick up, perlu mempertimbangkan kemampuan ban tersebut dalam meredam getaran dan menahan berbagai kondisi jalan yang dilalui. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memilih ban mobil yang bagus untuk muatan berat seperti mobil pick up. Tipsnya antara lain:

1. Kenali Jenis Ban

Seperti yang sudah dibahas di awal tadi, sebelum memilih ban untuk mobil, sebaiknya Anda ketahui dulu jenis-jenis ban yang ada. Dari empat jenis ban mobil yang sudah dijelaskan, jenis ban yang paling cocok untuk mobil pick up adalah ban radial karena ban ini mampu menahan beban yang lebih berat sehingga cocok digunakan untuk membawa muatan.

2. Pilih Ban dengan Tapak Sesuai Kebutuhan

Selain mengenali jenis ban, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis tapak ban. Ban memiliki bentuk tapak yang berbeda-beda sesuai fungsinya. Macam-macam tapak ban antara lain:

  1. Highway Terrain (HT), merupakan ban yang dirancang khusus untuk jalan beraspal. Ban HT memiliki kedalaman tapak yang dangkal dengan penghalang bahu dan dinding samping yang sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Ban HT biasanya lebih hemat bahan bakar dan tidak berisik karena tidak menimbulkan traksi tinggi saat melewati medan off-road.
  2. All Terrain (AT), merupakan ban yang dirancang tahan banting untuk berbagai kondisi jalan. Ban ini memiliki kedalaman tapak yang lebih dalam serta penahan bahu dan dinding samping yang lebih signifikan. Tapak ban AT memiliki rongga yang lebih besar daripada HT untuk memungkinkan lumpur keluar dari ban.
  3. Mud Terrain (MT), merupakan ban yang dibuat khusus untuk penggunaan di medan off-road. Ban ini memiliki kedalaman tapak yang lebih dalam dan blok bahu yang lebih besar dibandingkan HT dan AT. Rongganya pun lebih besar sehingga memungkinkan untuk dibawa melewati rintangan yang lebih berat daripada AT.
  4. High Performance (HP), merupakan ban yang dirancang khusus untuk penggunaan di jalan dengan kecepatan tinggi. Ban ini memiliki kedalaman tapak yang dangkal dan karet yang lebih lengket, sehingga cengkeramannya sangat baik.
  5. Ultra High Performance (UHP), merupakan ban yang mirip-mirip dengan ban HP, namun dengan penggunaan kecepatan yang lebih tinggi lagi. Ban ini memiliki kinerja traksi yang lebih baik daripada ban HP.

Dari jenis-jenis tapak ban tersebut, Anda bisa memilih tapak ban mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mobil pick up Anda sehari-hari.

3. Sesuaikan Ukuran Ban

Setiap mobil memiliki ukuran ban masing-masing yang telah disesuaikan dengan fungsi mobil. Ketika Anda membeli ban baru, pastikan ukuran ban mobil baru tersebut sesuai dengan ukuran ban bawaan asli dari mobil agar ban dapat terpasang dengan baik. Ukuran ban bawaan mobil biasanya tertera pada dinding samping ban, yang terdiri atas paduan huruf dan angka.

Harga Ban Mobil Pick Up

Harga Ban Mobil Pick Up

Ban mobil pick up memiliki harga yang bervariasi tergantung merk dan tipe ban. Salah satu merk ban mobil yang tahan lama yaitu ban mobil Goodyear Wrangler. Ban ini dirancang khusus untuk kendaraan muatan berat seperti pick up atau truk dan dapat dikendarai dalam keadaan on-road (jalan biasa) maupun off-road (jalan kasar dan berat). Ban ini tersedia dalam ukuran ring 15 (R15) dan ring 16 (R16). Harga ban Goodyear Wrangler berkisar antara Rp450.000,00 sampai Rp3.300.000,00.

Selain itu, ada juga merk Dunlop LT5 yang juga dirancang khusus untuk mobil angkutan barang. Ban ini diklaim dapat bertahan lama dibandingkan kompetitor di kelasnya. Ban Dunlop LT5 tersedia dalam ukuran ring 13 (R13) dan ring 14 (R14) dengan harga berkisar antara Rp459.000,00 sampai Rp1.150.000,00. Biasanya, jenis ban mobil ring 13 atau ban R13 untuk muatan berat memang berada di kisaran harga Rp275.000,00 hingga Rp500.000,00. Sedangkan harga ban mobil pick up ring 14 atau R14 berada di kisaran harga Rp315.000,00 hingga Rp1.500.000,00.

Jika dibandingkan ban mobil biasa, harga ban pick up muatan berat memang cenderung lebih mahal, namun kualitas dan ketahanannya pun lebih baik dan sesuai untuk mengangkut beban berat. Namun, bagi mobil pick up seperti Wuling Formo Max, beban angkutan yang berat tidak menjadi masalah karena mobil untuk usaha ini memiliki fitur ABS (Anti-lock Braking System) yang berfungsi untuk menjaga ban mobil tetap stabil saat pengereman mendadak. Fitur ABS ini membuat tidak hanya keamanan pengemudi tetap terjaga, tetapi juga menjaga barang bawaan berat di bak belakang tidak terjatuh.

Itulah tadi pembahasan mengenai ban mobil yang cocok untuk mobil pick up dengan muatan berat, mulai dari jenis-jenis, tips memilih ban yang cocok sesuai kebutuhan mobil pick up Anda, hingga kisaran harga ban mobil muatan berat. Apabila Anda ingin membeli ban baru untuk mobil pick up, namun bingung memilih ban yang cocok, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan teknisi mobil pick up Anda.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer