Lampu Sein: Fungsi pada Mobil dan Cara Memperbaiki

31 May, 2022
clock-bold
7 menit membaca

Image Lampu Sein: Fungsi pada Mobil dan Cara Memperbaiki

Pada dasarnya, setiap mobil pastinya akan dilengkapi dengan empat lampu sein dan biasanya diletakan di bagian kiri dengan kanan serta di bagian depan atau belakang mobil. Pada Almaz RS lampu sein berada di atas lampu mobil utama dengan teknologi LED dengan desain modern.

Ketika dinyalakan, maka lampu sein akan menyala secara bersamaan di bagian kanan atau kiri saja. Tujuan utama harus menyalakan lampu sein, agar memberikan tanda lampu untuk pengemudi lain. Setidaknya ada beberapa fungsi dari lampu sein yang penting untuk Anda ketahui.

Apa Itu Lampu Sein?

Lampu sein adalah komponen yang harus dimiliki oleh semua kendaraan. Fungsi dari lampu sein adalah untuk memberitahu kendaraan lain ketika Anda ingin berbelok supaya risiko kecelakaan bisa dikurangi. Pada saat ini, lampu sein merupakan hal yang wajib dimiliki oleh kendaraan. Biasanya lampu ini akan memiliki warna kuning yang berkedap-kedip ketika Anda menghidupkannya. Warnanya dipilih karena dianggap bisa tetap dilihat meski pengendara lain berada dari jarak yang jauh dan di waktu siang hari. Warna kuning juga bisa dilihat dengan jelas ketika hari sedang hujan.

Sejarah Lampu Sein?

Lampu sein merupakan komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting untuk menjaga keselamatan penumpang. Jangan sampai Anda mengalami kecelakaan hanya karena Anda tidak menggunakan lampu sein. Namun banyak orang yang masih menyepelekan fungsi dari lampu ini dan langsung belok tanpa menyalakan lampu nya terlebih dahulu.

Bahkan ada juga yang menyalakan lampu kanan tetapi belok ke kiri. Kata sein merupakan serapan dari bahasa Inggris yang asalnya adalah kata sign. Kalau riting adalah bahasa dari Jawa yang diambil dari bahasa Belanda yaitu richting yang artinya adalah arah. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda mungkin mau mengetahui sejarah dari lampu ini.

Setelah masuk abad ke-18, mobil dengan bahan bakar bensin makin banyak digunakan karena memiliki kecepatan yang lebih baik daripada kuda. Namun penggunaan kendaraan ini menyebabkan terjadinya banyak kecelakaan, apalagi saat ada tikungan.

Sejak tahun 1920, beberapa produsein kendaraan yang ada di Jerman akhirnya berinovasi untuk memasukkan peluit uap dan lonceng. Lonceng ini dimasukkan ke dalam kendaraan yang mereka produksi dan bisa dijadikan tanda ketika pengendara ingin belok.

Kalau loncengnya berbunyi sekali maka pengemudi akan berbelok ke kanan, kalau dua kali artinya akan belok ke kiri. Namun hal ini kurang efektif karena cukup tingginya aktivitas berkendara di jalanan pada saat itu sehingga membuat banyak pengendara bingung karena lonceng yang bersahut-sahutan.

Bunyi lonceng yang dinyalakan setiap orang menjadi tidak jelas. Hal ini membuat adanya inovasi baru pada tahun 1930-an, dimana ada alat tambahan yang dimasukkan ke bagian depan dan belakang mobil. Pengendara hanya harus menekan tombol kontak yang sudah tersambung dengan lampu dan lampu inilah yang merupakan awal dari lampu sein dan masih digunakan sampai saat ini.

Cara Menyalakan Lampu Sein yang Benar?

Lampu sein bisa dijadikan tanda ketika seorang pengendara ingin berbelok. Namun banyak orang yang masih salah dalam menggunakan lampu sein ini. Contohnya seperti menyalakan lampu sein saat sudah dekat dengan tempat dimana ia ingin berbelok.

Padahal menyalakan lampu sein memiliki prosedur sendiri dan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Lampu sein biasanya harus dilakukan setidaknya 50 meter sebelum Ingin belok atau pindah jalur. Hal ini dilakukan supaya pengendara lain bisa lebih waspada ketika Anda ingin berbelok.

Kalau Anda sudah menyalakan lampu sein maka Anda tidak perlu untuk menggerakkan kaki atau melambaikan tangan. Karena pengendara semacam ini dianggap sebagai aggressive rider. Lampu sein dianggap sudah cukup efektif untuk memberitahu pengendara lain kalau Anda ingin berbelok atau pindah jalur.

Sebaiknya Anda tidak menggerakkan badan secara agresif karena hal ini akan mempengaruhi keseimbangan motor. Anda harus menjaga kaki di tempat yang seharusnya supaya motor tidak mudah oleng.

Fungsi Lampu Sein Mobil

wuling_image artikel_w4 nov 1 1 revisi 1000x569

Berikut ini merupakan beberapa fungsi lampu sein pada mobil yang perlu Anda ketahui.

1. Berikan Tanda Untuk Pindah Jalur

Berikan Tanda Untuk Pindah Jalur

Lampu sein mobil memiliki fungsi untuk memberikan isyarat yang jelas untuk pengemudi lain saat Anda hendak berpindah jalur. Salah satu jenis jalan yang sering terlihat banyak pengendara berpindah jalur adalah jalan tol.

Ketika Anda hendak berpindah jalur, maka pastikan menyalakan lampu sein mobil terlebih dulu. Dengan menyalakan lampu sein, maka akan memberikan informasi kepada pengemudi yang lain di belakang, agar tidak menyalip ke arah perpindahan jalur.

Lampu sein juga bisa menjadi isyarat untuk pengemudi di bagian depan, agar mempertahankan kecepatan dan tidak berpindah jalur ke arah yang akan dituju. Penggunaan lampu sein akan membuat perpindahan jalur berjalan dengan baik.

2. Berikan Tanda Untuk Menyalip

Berikan Tanda Untuk Menyalip

Fungsi dari lampu sein juga sangat diperlukan untuk menyalip kendaraan yang berada di depan, sehingga kendaraan yang ada di belakang bisa lebih berhati-hati. Menyalip perlu dilakukan akibat mobil di depan terlalu lambat atau berbagai hal lainnya.

Lampu sein yang Anda nyalakan akan memberikan isyarat, sehingga Anda bisa menyalip dan melaju dengan kecepatan lebih kencang dibandingkan mobil yang berada di depan. Dengan melihat sein, maka pengendara di depan bisa mengetahui maksud Anda dan akan mempertahankan atau menurunkan kecepatan mobilnya.

3. Berikan Tanda untuk Kendaraan di Arah Berlawanan

Berikan Tanda untuk Kendaraan di Arah Berlawanan

Sein memang tidak hanya berguna untuk menyalip atau berpindah jalur, namun juga menjadi pertanda untuk kendaraan di arah yang berlawanan. Ketika Anda melihat kendaraan dari arah berlawanan dan hendak mendahului mobil di depan, maka perlu untuk menyalakan lampu sein.

Dengan melihat lampu sein mobil Anda, maka mobil dari arah berlawanan akan menurunkan laju kendaraannya. Dengan penggunaan sein, maka berbagai kecelakaan tabrakan bisa dihindarkan. Anda perlu mengetahui momen yang tepat untuk menyalakan lampu sein.

Penyebab Kerusakan Lampu Sein LED Mobil & Memperbaikinya

Penyebab Kerusakan Lampu Sein LED Mobil & Memperbaikinya

Berikut ini adalah beberapa penyebab kerusakan lampu sein LED mobil dan cara memperbaikinya.

1. Putusnya Bola Lampu

Putusnya Bola Lampu

Penyebab pertama yang bisa membuat lampu sein mobil mati adalah putusnya bola lampu dan masalah ini sangatlah sering terjadi. Bola lampu yang terlalu lama dan cara mengendarai mobil yang kurang tepat bisa menjadi penyebab putusnya bola lampu.

Bukan cuma putus, namun bola lampu juga bisa pecah akibat terlalu panas atau mengalami benturan yang parah. Penampakannya, Anda akan melihat kawat bola lampu yang putus atau tidak menyambung. Bola lampu yang sudah putus tidak akan bisa diperbaiki dengan cara disambung.

2. Putusnya Sekring

Putusnya Sekring

Ketika Anda mengecek kondisi dari bola lampu mobil dan nyatanya tidak ada yang putus, maka kemungkinan penyebabnya adalah sekring yang putus. Untuk melakukan pengecekan, Anda harus mencabut bagian sekring mobil yang biasanya terdapat tulisan turn lamp.

Turn lamp merupakan bagian yang menghubungkan antara sekering mobil dengan lampu sein. Apabila turn lamp dicabut, maka sambungan tersebut akan terputus dan jika terputus, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

3. Aki Mobil Mati

wuling_image artikel_w4 nov 1 2.3 1000x569

Penyebab utama lampu sein bisa mati karena aki mobil mati. Secara umum, fungsi dari aki mobil yaitu untuk menyimpan daya dan untuk menyalurkannya ke lampu sein. Jika daya dalam aki mati, maka lampu sein juga akan mati.

Aki mati juga akan membuat berbagai komponen yang membutuhkan listrik menjadi mati. Cara pertama yang bisa menjadi solusinya adalah mengecas aki untuk menambah daya dan cara kedua adalah dengan mengganti aki lama dengan yang baru.

4. Flasher Mati

Flasher Mati

Lampu sein tidak bekerja dengan baik juga bisa disebabkan akibat adanya komponen flasher yang tidak normal. Jika komponen flasher mati, maka lampu sein akan mati dan salah satu solusi paling tepatnya adalah dengan mengganti flasher-nya.

5. Putusnya Kabel Lampu

Putusnya Kabel Lampu

Ketika adanya kabel lampu yang putus, maka kerja dari lampu sein akan terhambat. Jika Anda menemukan ada kabel lampu sein yang putus, maka Anda bisa memperbaikinya dengan menyambung atau bisa mengganti kabel lampu dengan yang baru. Itu dia penjelasan terkait autotips lampu sein. Baca artikel lainnya terkait eksterior mobil hanya di Wuling ya!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer