Kenali Jenis-Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya | Wuling

BlogLife Style

Kenali Jenis-Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

22 Juli, 2021

Image Kenali Jenis-Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya

Untuk menambah penerangan pada lampu mobil, tidak sedikit pengguna yang menggantinya dengan lampu yang lebih terang karena akan menambah visibilitas yang jauh lebih baik. Saat ini ada cukup banyak jenis lampu mobil yang dapat digunakan sesuai dengan penggunaannya, namun tetap pengendara harus benar benar memperhatikan faktor keselamatan para pengguna jalan lain supaya tidak terganggu dengan lampu yang Anda gunakan.

Apa saja jenis lampu yang seringkali digunakan pada lampu utama atau yang seringkali disebut dengan headlamp atau headlight?

Jenis Lampu Mobil pada Bagian Eksterior

Jenis Lampu Mobil pada Bagian Eksterior

Pada bagian eksterior mobil paling tidak mempunyai sembilan jenis lampu yang tersebar mulai dari bagian depan hingga bagian belakang. Namun pada beberapa jenis mobil, terdapat juga lampu pada bagian bodi samping.

Headlight High Beam

Headlight High Beam

Headlight Beam terbagi menjadi dua jenis, yaitu low beam dan high beam. Headlight High Beam disebut juga lampu jauh karena fungsinya untuk memberikan penerangan yang jauh ke depan untuk memberikan visibilitas yang lebih baik pada kondisi jalanan sepi dan gelap. Terletak di lampu utama bagian depan kendaraan dan penggunaannya terbatas, karena saat ada arus dari arah yang berlawanan maka sorot lampunya akan sangat menyilaukan.

Headlight Low Beam

Headlight Low Beam

Jenis kedua dari Headlight Beam adalah Low Beam yang merupakan lampu dekat karena fungsinya untuk menerangi jalanan pada saat kondisi malam yang normal. Pengendara wajib menyalakan lampu ini saat sedang berkendara di malam hari atau melintasi terowongan yang gelap pada siang hari. Lampu ini lebih ramah untuk pengguna jalan lain karena sorot lampunya yang mengarah ke jalan dan tidak menyorot langsung ke depan.

Lampu Senja

Lampu Senja

Lampu senja atau lampu kota memiliki pancaran cahaya yang relatif lebih rendah lagi dibandingkan dengan low beam. Lampu senja dapat juga digunakan pada siang hari sebagai lampu DRL (Daytime Running Light) sebagai salah satu kelengkapan berkendara. Namun fungsi utamanya adalah sebagai perangkat keselamatan berkendara saat hari sudah menjelang malam.

Lampu Kabut

Lampu Kabut

Sesuai dengan namanya, lampu kabut digunakan pada saat cuaca buruk untuk membantu visibilitas pengemudi dan sebagai tanda ada mobil dari arah yang berlawanan. Walaupun menurut aturan lampu kabut diperbolehkan berwarna putih, namun akan lebih baik apabila lampu kabut berwarna kuning.

Lampu Sein

Lampu Sein

Lampu sein mempunyai fungsi yang sangat penting sebagai sarana komunikasi antara pengemudi dengan pengguna jalan yang lain. Lampu ini digunakan untuk memberikan tanda pengemudi akan melakukan perpindahan jalur ataupun berbelok. Lampu ini biasanya berada pada bagian depan dan belakang mobil. Namun pada beberapa jenis mobil, lampu ini juga berada di sisi samping mobil (biasanya berada diatas fender depan) atau menjadi satu dengan rumah kaca spion mobil.

Lampu Hazard

Lampu Hazard

Lampu hazard adalah lampu yang mempunyai fungsi utama untuk memberikan tanda bahaya, biasanya digunakan saat mobil berada dalam masalah. Lampu hazard memiliki komponen yang sama dengan lampu sein, hanya saja perbedaan pada lampu hazard kedua lampu sein akan menyala secara bersamaan pada sisi kiri dan kanannya.

Taillight

Taillight

Taillight adalah lampu berwarna merah yang berada pada bagian tail yang menyala bersamaan dengan lampu rem mobil. Pada jenis mobil tertentu lampu ini sudah menjadi bagian dari mobil, namun ada juga yang menjadi aksesoris tambahan mobil.

Lampu Rem

Lampu Rem

Lampu rem pada umumnya berwarna merah yang berada di bagian belakang mobil dan akan menyala saat pengemudi menginjak pedal rem. Pada penggunaannya lampu rem dan lampu taillight akan bekerja bersamaan yang menunjukkan mobil sedang melakukan pengereman dan mengurangi kecepatan.

Lampu Mundur

Lampu Mundur

Lampu mundur berwarna putih terletak di sekitar lampu rem yang akan menyala secara otomatis saat pengemudi masuk ke persneling R (Reverse) atau mundur.

Memilih Jenis Lampu Mobil Paling Terang

Memilih Jenis Lampu Mobil Paling Terang

Saat ini ada sangat banyak jenis lampu yang bisa dipilih pemilik mobil yang jumlahnya mencapai puluhan, namun secara garis besar jenis lampu ini terbagi menjadi tiga. Apa saja?

Light Emitting Diodes (LED)

Kenali Jenis Jenis Lampu Mobil dan Fungsinya 2.1 1000x569

Pada mobil keluaran terbaru kebanyakan sudah menggunakan lampu LED. Selain dari sekedar estetika, ada berbagai faktor yang membuat lampu LED sudah mulai banyak digunakan.

Alasan pertama dari sisi usia pakai, lampu LED memiliki usia pakai yang jauh lebih panjang dibandingkan dengan jenis lainnya. Usia pakai lampu LED bisa mencapai 20.000 jam, terbilang sangat panjang apabila dibandingkan dengan lampu HID ataupun Halogen. Selain dari usia pakai, lampu LED memang bukan lampu yang paling terang namun lebih efisien apabila dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.

High Intensity Discharge (HID)

High Intensity Discharge (HID)

Jenis lampu yang banyak ditemui di pasaran adalah lampu HID yang juga sering dikenal dengan lampu xenon. Sebagai informasi, Xenon bukanlah nama sebuah merek lampu, namun jenis gas yang berada di dalam lampu tersebut.

Dibandingkan dengan lampu LED, harga lampu HID jauh lebih ramah di kantong. Selain itu kelebihan dari lampu HID ini adalah memiliki cahaya yang paling terang dibandingkan dengan jenis lampu lainnya yang mencapai 3.000 lumens, jauh lebih terang apabila dibandingkan dengan lampu halogen yang hanya mencapai 1.400 lumens. Dengan cahaya seterang ini otomatis dapat memberikan visibilitas yang jauh lebih baik di malam hari.

Namun kekurangannya, lampu HID memiliki potensi silau atau glare yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lampu lainnya sehingga dirasa cukup mengganggu apabila digunakan tidak pada tempatnya. Selain itu, lampu HID juga membutuhkan waktu beberapa saat untuk mencapai terang sempurna.

Halogen

Halogen

Ini adalah jenis lampu standar yang paling banyak ditemui pada mobil yang beredar saat ini. Alasan utama kenapa lampu ini banyak digunakan adalah harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Pada bagian dalam lampu halogen memiliki kawat filamen yang dapat memancarkan cahaya ketika mendapatkan aliran listrik. Gas halogen yang terdapat pada sekeliling kawat akan membuat cahaya lampu menjadi semakin terang.

Kekurangan dari lampu halogen ini adalah cahaya lampu yang tidak terlalu terang dan usia pakai yang tergolong sangat rendah dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Jadi para pengguna lampu halogen akan lebih sering melakukan penggantian dibandingkan dengan jenis lampu lainnya.

Almaz RS sebagai varian SUV terbaru dari Wuling Almaz RS sudah menggunakan lampu LED projector untuk lampu depan sebagai penerangan utama. Selain itu, Almaz RS juga sudah dilengkapi dengan tambahan front fog lamp dan DRL yang memungkinkan pengendara dapat mengemudi dengan aman dan nyaman saat berada dalam situasi apapun dengan baik.

Selama pandemi Covid-19 dan pembatasan aktivitas yang diberlakukan oleh pemerintah, Wuling From Home hadir sebagai wujud kepedulian pelanggan agar tetap aman di rumah. Anda dapat mencari tahu informasi tentang Almaz RS di website kami atau melakukan proses booking, layanan dan informasi dealer ada diĀ  My Wuling+ atau pemesanan mobil melalui store Wuling di e-commerce resmi.

Itulah paparan mengenai jenis-jenis lampu mobil dan apa masing-masing fungsinya. Semoga bermanfaat dan selalu berkendara dengan aman, ya!

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik