Roda sebagai penggerak mobil punya peranan besar menahan beban dan akselerasi saat berkendara. Banyak pabrikan mobil yang menjajal kedua jenis sistem penggerak ini berdasarkan berbagai hasil riset mereka di pasar dan apa yang dianggap paling dibutuhkan oleh target pasarnya tersebut. Banyak kalangan pencinta mobil mendukung penggerak roda mobil bagian belakang dan banyak pula berpendapat penggerak roda depan lebih bermanfaat untuk keseharian mereka. Bagaimana dengan Anda? lebih memilih penggerak roda depan atau belakang? Simak beberapa fakta berikut!
Karena misi kami adalah mengajak keluarga Wuling berkehidupan yang lebih baik, maka kami sajikan beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan memilih jenis penggerak roda belakang pada mobil pilihan Anda.
Kebiasaan Berkendara
Hal pertama yang perlu disadari adalah kapan dan di mana berkendara, jika lebih sering digunakan dalam kegiatan berkantor sehari-hari dan hanya di dalam kota, maka mobil dengan penggerak roda depan adalah pilhan yang tepat. Dikarenakan kontur jalanan yang cenderung datar dan sering dihadapkan dengan kemacetan, maka sistema penggerak roda depan ini akan sangat membantu dan bermanfaat, karena daya dorongnya dari sisi depan, maka akselerasi yang diciptakan saat mengemudi akan lebih cepat tercipta. Sehingga mobil Anda dapat lebih leluasa bergerak dan laju mobil juga bisa lebih cepat dari saat digas.
Baca Juga
Baca juga: Modifikasi Roda Mobil: Memahami Standar Sebelum Memenuhi Selera
Fisik Jalanan
Jika Anda sering melalui jalur menanjak, maka roda penggerak belakang adalah pilihan yang lebih sesuai. Karena saat mobil menanjak ada momentum yang perlu diciptakan sehingga mobil mampu menahan beban di sisi belakang sebelum terus melaju ke depan. Namun, di jalan datar dan khususnya di saat basah, misalnya selepas hujan, roda penggerak depan akan lebih bermanfaat agar menciptakan traksi sehingga mobil tidak mudah slip.
Keiritan Bensin
Baca Juga
Ketika sampai di pembahasan bensin pasti selalu menjadi bagian yang paling dicari oleh Keluarga Wuling. Seperti yang sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya, bahwa keiritan konsumsi bahan bakar tidak hanya ditentukan oleh satu namun berbagai faktor; sistem roda penggerak juga adalah salah satunya. Roda penggerak belakang akan lebih memakan bahan bakar, dikarenakan guna menggerakan roda belakang diperlukan as yang panjang yang berpengaruh kepada berat mobil, sehingga menggenjot konsumsi BBM. Dengan traksi dan akselerasi yang diciptakan roda depan, maka konsumsi bensin pun akan cenderung lebih irit, sehingga membuat mobil dengan roda penggerak depan menjadi pilihan yang lebih tepat.
Baca juga: 6 Komponen Kaki-Kaki Mobil yang Harus Dirawat
Biaya Produksi
Biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi mobil dengan roda penggerak belakang relatif lebih mahal dibandingkan dengan mobil yang menggunakan roda penggerak depan, sehingga berpengaruh pada harga mobil tersebut saat dijual pertama kali. Mobil dengan roda penggerak depan membutuhkan lebih sedikit komponen mekanis dibandingkan sistema roda penggerak belakang.
Wuling selalu semangat dalam memberikan pilihan yang terbaik pada konsumen kami. Dengan dirilisnya Cortez CT, kini setiap golongan masyarakat diberikan pilihan baru yang lebih beragam untuk memuaskan pengalaman mengendarai MPV. Seperti halnya memilih penggerak roda mobil bagian depan atau bagian belakang. Selalu pastikan untuk memberikan yang terbaik pada keluarga Anda demi kehidupan yang lebih baik.
Sumber: rentalmobilbali.com, carsusnews.com & otomotif.kompas.com
SHARE: