Pengertian Horsepower pada Komponen dalam Mobil

15 November, 2022

Image Pengertian Horsepower pada Komponen dalam Mobil

Bagi Anda yang gemar dengan dunia otomotif pasti sudah tidak asing dengan istilah horsepower. Ini merupakan salah satu komponen penting dalam mobil yang banyak digunakan sebagai pertimbangan ketika akan membeli atau memilih kendaraan.

Horsepower atau sering juga disebut dengan tenaga kuda merupakan salah satu spesifikasi penting pada sebuah kendaraan. Komponen ini memiliki pengaruh besar dalam menentukan performa dan kecepatan laju kendaraan sehingga perlu diperhatikan dengan baik agar bisa mendapatkan kendaraan yang sesuai kebutuhan Anda.

Lalu apakah horsepower sama dengan torsi? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Horsepower

Pengertian Horsepower

Horsepower adalah istilah yang merujuk pada satuan tenaga kuda. Istilah ini biasa digunakan untuk menentukan seberapa tangguh kekuatan sebuah mobil. Istilah horsepower sebenarnya sudah digunakan sejak jaman dulu namun pada awalnya digunakan untuk mengukur mesin uap dengan tarikan kuda.

1 horsepower biasanya mampu mencapai kekuatan 735,5-745,7 watt. Itu artinya 1 horsepower sudah termasuk tenaga yang besar. Fungsi dari komponen dalam mobil ini adalah untuk membuat kendaraan dapat tetap melaju meski menggunakan beban yang berat.

Perhitungan tenaga kuda ini sama dengan mesin yang diciptakan oleh manusia. Hal inilah yang membuat istilah horsepower juga digunakan untuk mengukur kemampuan atau kekuatan sebuah mesin. Tenaga yang dihasilkan oleh mobil dalam waktu tertentu akan menjadi tolak ukur untuk mengetahui seberapa hebat produk tersebut.

2. Cara Kerja Horsepower 1000x569

Cara Kerja Horsepower

Saat mobil bergerak, horsepower akan bekerja untuk menentukan tingkat kecepatan kendaraan sesuai dengan keutamaan yang dimiliki oleh mesin. Tenaga ini baru akan muncul saat mesin mobil sudah dihidupkan dan kendaraan dalam kondisi bergerak. Semakin cepat laju kendaraan maka tenaga kuda yang diperlukan juga akan semakin besar.

Perbedaan Horsepower dan Torsi

Perbedaan Horsepower dan Torsi

Masih ada banyak orang yang menganggap bahwa horsepower dan torsi merupakan hal sama. Namun sebenarnya dua hal ini memiliki pengertian hingga cara kerja yang berbeda dan tidak bisa disamakan satu sama lainnya. Meski begitu, horsepower dan torsi memang saling berhubungan.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan torsi dan power yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Pengertian

Torsi bisa diartikan sebagai gaya yang dikeluarkan oleh mesin mobil yang berfungsi untuk memutar penggerak. Ketika mobil merubah kecepatan, maka hal tersebut disebabkan oleh torsi. Semakin besar torsi yang dikeluarkan maka akan semakin cepat laju kendaraan. Sedangkan horsepower merupakan tenaga yang dikeluarkan mesin agar dapat mencapai kecepatan tertinggi.

Perbedaan Proses dan Cara Kerjanya

Torsi menjadi komponen yang bekerja lebih dulu dengan memberikan dorongan tenaga. Saat  ruang bakar mesin terjadi pembakaran dan mobil dalam keadaan diam, maka gaya akan tetap dihasilkan oleh roda belakang sehingga mobil mampu bergerak. Setelah mobil bergerak, akan muncul tenaga untuk kecepatan tertentu yang dihasilkan dari horsepower.

Perbedaan Fungsinya Saat Kendaraan Diam

Torsi sudah mengambil peran bahkan ketika mobil masih dalam keadaan diam. Sedangkan horsepower baru akan muncul jika kendaraan sudah bergerak. Ketika laju kecepatan semakin meningkat, maka tenaga yang bekerja juga akan semakin besar. Jika ingin mengurangi tenaga, maka menggunakan brake horsepower adalah caranya.

Saat ini telah banyak mobil yang dibekali dengan mesin dengan horsepower cukup besar sehingga kendaraan mampu mencapai kekuatan yang maksimal. Salah satu contohnya seperti mobil New Cortez yang memiliki 140hp. Dengan tenaga tersebut, mobil ini mampu menghasilkan performa mesin yang optimal.

Nah, salah satu hal penting ketika memilih kendaraan adalah perhatikan tenaga yang mampu dihasilkan. Maka dari itu, jangan lupa cek spesifikasi horsepower yang dimilikinya karena akan sangat berpengaruh terhadap tenaga dan performa kendaraan.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer