Komponen Mesin Mobil: Fungsi hingga Jenis

30 April, 2022

Image Komponen Mesin Mobil: Fungsi hingga Jenis

Sebagai varian terbaru, Cortez S Type S banyak ditunggu para pecinta otomotif karena mengusung mesin yang sangat bertenaga di kelasnya dengan harga yang lebih terjangkau. Mobil ini mengusung mesin turbo 4 silinder segaris, DOHC, DVVT berkapasitas 1.451 cc, Wuling Cortez S Type S mampu mengeluarkan tenaga hingga 140 daya kuda pada putaran 5.200 rpm.

Dengan tenaga yang sangat besar tersebut dipastikan Wuling Cortez S Type S memiliki dukungan komponen mesin dengan fungsi yang sangat baik. Untuk mengetahui apa saja komponen apa saja yang menghasilkan tenaga luar biasa pada Cortez S Type S, Anda bisa simak pada penjelasan artikel autotips berikut ini.

Blok Silinder

Blok Silinder Gambar penjelas blok silinder

Blok silinder adalah komponen yang paling utama dan merupakan dasar sebuah mesin mobil. Fungsi utama dari blok silinder adalah sebagai tempat dudukan engkol mekanisme engkol. Di dalam blok silinder terdapat beberapa silinder mesin yang masing masing terhubung dengan piston dan poros engkol pada ujung batang yang lain. Pergerakan piston yang naik turun yang membuat pergerakan pada bagian engkol dan menjalankan siklus kerja mesin.

Fungsi Blok Silinder

  • Sebagai tempat naik turunnya piston

Blok silinder memiliki fungsi untuk menjadi dudukan dari naik turunnya piston. Bentuk lubang silinder ini nantinya akan menyesuaikan bentuk piston. Piston akan naik turun di dalam lubang silinder. Supaya piston bisa bekerja dengan baik maka lubang silinder juga harus selalu licin dan halus karena jika permukaan lubang silinder kasar maka piston akan memiliki kinerja yang lebih berat dan kinerja mesin juga akan terpengaruh.

  • Sebagai tempat mengarahkan energi pembakaran

Setiap mesin pasti bisa menghasilkan energi dari adanya proses pembakaran. Biasanya energi yang dihasilkan adalah energi ekspansi atau gaya dorong. Energi ini nantinya akan diarahkan oleh komponen mobil untuk bisa menggerakkan piston. Energi ekspansi yang diberikan kepada mobil tentulah tidak kecil sehingga material pembentuk dari komponen ini juga harus solid. Hal ini dilakukan supaya tidak ada deformasi yang terjadi dari komponen tersebut.

  • Sebagai tempat mekanisme engkol

Ada dua komponen yang terdapat pada mekanisme engkol, yaitu connecting rod dan poros engkol. Kedua komponen ini letaknya ada pada blok silinder. Mekanisme engkol dapat membalikan piston ke atas. Hal ini bisa terjadi karena adanya prinsip mekanisme engkol yang mirip dengan engkau sepeda sehingga muncullah energi putar yang terjadi pada mesin.

  • Tempat saluran pendingin

Fungsi lainnya dari blok silinder adalah untuk mengeluarkan panas yang terdapat pada mesin. Hal ini akan membuat suhu pada mesin mobil menjadi lebih dingin. Fungsi ini biasanya hanya digunakan pada mobil yang tidak menggunakan radiator.

  • Tempat saluran oli pelumas

Blok silinder dapat berfungsi sebagai saluran oli pelumas untuk pelumasan mesin. Pelumas ini diberikan supaya mesin bisa tahan lama dan juga tidak mudah mengalami keausan.

  • Sebagai mainframe mesin

Blok silinder memiliki fungsi sebagai tempat dudukan untuk komponen mesin lain. Hal ini akan membuat bentuk dari blok silinder ini memiliki banyak lekukan. Lekukan ini diberikan supaya blok silinder bisa menyesuaikan bentuknya dengan komponen lain yang akan dipasangkan.

  • Tempat meletakkan nomor mesin

Perannya yang sebagai dudukan untuk semua komponen membuat komponen ini juga digunakan sebagai peletakan nomor mesin. Hal lainnya yang membuat nomor mesin diletakkan pada komponen yang satu ini karena penggantiannya yang jarang.

  • Sebagai tempat proses pembakaran

Blok silinder dapat berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembakaran bahan bakar pada mesin.

  • Sebagai tempat silinder liner, kepala silinder dan roda gila

Blok silinder juga menjadi dudukan dari silinder liner, kepala silinder dan roda gila. Cylinder liner ini adalah komponen yang memiliki dinding halus supaya bisa menggerakkan piston. Silinder liner berfungsi untuk melindungi bagian yang ada pada blok silinder dari gesekan yang diberikan oleh piston. Kepala silinder adalah komponen yang bekerjasama dengan blok mesin supaya bisa melakukan pembakaran. Roda gila adalah komponen yang terletak di samping blok silinder untuk menyimpan dan meredam perubahan putaran yang terjadi pada mesin sehingga putaran mesin bisa selalu stabil.

Jenis Silinder Blok Mobil

  • Mono silinder

Mono silinder merupakan desain dari blok silinder yang hanya memiliki satu tabung silinder. Jenis ini biasanya memiliki desain paling sederhana dan juga paling kecil. Penggunaan dari silinder blok yang satu ini biasanya digunakan pada sepeda motor supaya total mesin ukurannya menjadi lebih kecil.

  • Inline silinder

Jenis blok silinder yang satu ini memiliki desain yang dilengkapi oleh lebih dari satu tabung silinder dengan peletakan secara segaris. Desain yang segaris membuat mesin ini menjadi memanjang tapi bentuknya masih relatif kecil. Tipe yang satu ini biasanya digunakan pada semua mobil penumpang. Mobil yang menggunakan konfigurasi inline 4 silinder biasanya memiliki empat tabung silinder yang diletakkan secara segaris. Ada juga konfigurasi inline 3 silinder yang biasanya digunakan pada mobil kecil dan juga inline 6 silinder yang biasa digunakan pada mobil ukuran besar seperti truk.

  • V silinder

Konfigurasi mesin yang satu ini biasanya diletakkan dalam bentuk beriringan sehingga membentuk huruf V. Tabung silinder akan diletakkan secara beriringan tapi menggunakan satu poros engkol sehingga bagian bawahnya akan berdekatan dan mengarah ke poros engkol yang sama. Biasanya mesin dengan desain silinder yang satu ini digunakan pada mobil sport yang memiliki kapasitas mesin diatas 3000 cc. Mesin dengan kapasitas semacam ini akan menggunakan 6 sampai 12 silinder. Konfigurasi inline tentunya tidak akan cocok untuk penggunaan mesin semacam ini karena akan membuat mesin menjadi sangat panjang. Ada juga sepeda motor yang menggunakan desain silinder semacam ini. Biasanya motor yang memiliki kapasitas diatas 500 cc.

  • Boxer

Boxer merupakan desain blok silinder yang berlawanan.Contohnya, mesin 6 silinder akan memiliki masing-masing 3 silinder yang diletakkan secara berlawanan pada satu sumbu. Mesin ini biasanya memiliki bentuk yang tidak terlalu tinggi dan sangat cocok untuk ruang mesin yang rendah.

Baca Juga: 6 Ragam Komponen AC Mobil

Silinder Head

Silinder Head Gambar penjelas silinder head

Silinder head adalah komponon penting mesin mobil yang dipasang di blok silinder. Silinder head memiliki peranan penting pada ruang pembakaran karena berfungsi untuk memindahkan panas menjadi tenaga. Pada umumnya silinder head terbuat dari bahan alumunium alloy yang sangat ringan yang memiliki efisiensi pendingin sangat baik dan biasanya dilapisi dengan Nikasil. Perawatan silinder head yang benar akan memberikan tenaga dan performa yang optimal.

Fungsi Kepala Silinder

  • Sebagai ruang pembakaran

Letaknya yang ada pada mesin pembakaran membuat fungsi utama dari kepala silinder adalah sebagai tempat untuk pembakaran campuran udara dengan bahan bakar kendaraan supaya bisa ada tenaga. Bentuk dari ruang pembakaran yang ada pada kepala silinder akan berbeda-beda sesuai dengan jenis dan model mesin yang digunakan oleh kendaraan. Ruang bakar ini biasanya memiliki tiga macam, yaitu bentuk segitiga siku-siku, bentuk segitiga sama kaki, dan bentuk parabola. Proses pembakaran yang terjadi pada mesin biasanya akan terjadi saat piston sudah mencapai titik mati. Kondisi ini mengartikan campuran udara dan bahan bakar artinya sudah terkompresi pada kepala silinder sehingga piston bisa langsung terdorong ke bawah.

  • Tempat mekanisme katup

Fungsi dari kepala silinder yang harus kamu ketahui adalah sebagai tempat mekanisme valve. Kepala silinder memiliki kemampuan untuk mengatur waktu tutup dan bukanya katup yang ada pada mesin. Tentunya komponen mekanisme valve akan berbeda-beda sesuai dengan mesin yang digunakan pada kendaraan. Biasanya, komponen yang ada pada kepala silinder ini bisa membantu mekanisme katup. Contohnya seperti camshaft yang membantu menjadi poros penghubung untuk bisa menggerakkan katup atau rocker shaft yang bisa menjadi poros dudukan rocker arm. Komponen lainnya adalah valve intake dan valve exhaust yang merupakan katup untuk saluran intake dan exhaust. Katup yang terakhir adalah valve spring yang merupakan pegas pengembali katup.

  • Sebagai saluran intake dan exhaust

Manfaat selanjutnya adalah sebagai saluran intake dan exhaust. Saluran intake memiliki fungsi untuk menjadi saluran masuk udara dan juga bahan bakar menuju ruang pembakaran yang sudah diatur oleh katup intake. Hal ini bisa disebut sebagai jalur masuk bagi bahan bakar. Saluran exhaust sendiri merupakan saluran yang dapat mengeluarkan asap hasil proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar mesin. Hal ini dapat disebut sebagai jalur keluar sisa pembakaran mesin kendaraan.

  • Tempat sirkulasi oli

Kepala silinder dapat berfungsi sebagai tempat sirkulasi oli. Oli dapat bersirkulasi lewat saluran-saluran oli, lalu dialirkan menuju komponen mekanisme katup yang terdapat pada kepala silinder. Saluran oli yang terdapat pada kepala silinder ini akan terhubung dengan saluran oli yang bisa ditemukan pada silinder blok mesin. Komponen ini akan membantu komponen mekanisme katup bisa selalu dilumasi dengan oli.

  • Tempat pemasangan busi

Kepala silinder bisa menjadi tempat pemasangan busi. Busi memiliki manfaat untuk bisa menghasilkan api di ruang pembakaran mesin supaya mesin kendaraan bisa menghasilkan energi. Bagian busi ada yang mengarah keluar dari kepala silinder. Bukan hanya pada mesin kendaraan Tapi kepala silinder pada mesin diesel juga bisa dipasang pada busi pijar. Kepala silinder ini juga bisa menjadi tempat dipasangnya pompa vakum dan juga pompa injeksi. Dari sini kita bisa ketahui kalau ada sangat banyak fungsi yang dimiliki oleh Kepala silinder.

  • Sebagai jalur water jacket

Bukan hanya menjadi tempat untuk sirkulasi oli tapi kepala silinder juga dapat menjadi tempat sirkulasi air pendingin lewat water jacket yang berada di dalamnya. Air radiator atau air pendingin memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin supaya tidak mengalami overheat. Sirkulasi dari air radiator ini bisa menurunkan suhu panas pada mesin karena adanya proses pembakaran. Kalau sirkulasi air pendingin ini stabil maka mesin bisa memiliki temperatur yang stabil pula dan bisa bekerja dalam keadaan yang normal.

Piston atau Torak

Piston atau Torak Gambar penjelas piston atau torak

Piston atau Torak adalah jantung mesin yang berperan langsung pada proses pembakaran untuk menghasilkan tenaga. Piston yang bergerak naik turun akan mengasilkan energi ke seluruh bagian mesin, mulai dari mekanisme engkol, fly wheel hingga pemindah daya dan penggerak roda. Kepala piston memiliki beberapa macam bentuk, ada yang cembung dan ada juga yang datar.

Fungsi Torak

  • Menyerap udara bersih dan membuang asap sisa pembakaran

Torak mobil berguna untuk menghisap udara bersih dan membuang Atau sisa pembakaran. Komponen ini akan menghisap udara bersih yang berasal dari saluran intake untuk dimasukkan ke dalam ruang bakar. Saat piston mulai naik turun dan valve intake juga terbuka maka akan muncul kegiatan vakum ini pada silinder mesin. Gerakan piston yang turun akan membuat udara terhisap dan masuk ke dalam silinder mesin. Piston yang naik dan valve exhaust yang terbuka akan membuang asap sisa gas pembakaran yang berasal dari silinder mesin.

  • Membuat dan menerima tekanan gas tinggi ketika mesin bekerja

Bagian ini juga memiliki fungsi lain, yaitu membuat dan menerima gas tekanan tinggi saat mesin sedang bekerja. Fungsi ini akan membuat efek tenaga yang tercipta menjadi lebih besar. Namun piston akan mendapatkan tekanan gas yang sangat tinggi akibat adanya ledakan yang terjadi saat pembakaran. Tenang saja karena ini adalah hal yang wajar.

  • Memutar crankshaft bersama connecting rod

Piston bisa memutar crankshaft dan connecting rod. Connecting rod ini juga bisa disebut sebagai batang piston dan akan memutar crankshaft lewat dorongan dan tarikan ke atas bawah. Akan muncul gerakan melingkar secara terus-menerus yang membuat gaya tersebut bisa disalurkan ke flywheel, kopling, transmisi, poros propeller dan roda.

  • Mengubah volume isi silinder mesin

Torak dapat mengubah volume dari isi silinder mesin. Saat mesin sedang bekerja, piston akan melakukan gerakan naik turun dalam langkah kompresi, intake, pembakaran, dan buang. Hal ini akan membuat piston dapat secara otomatis mengubah isi volume silinder saat sedang bekerja.

  • Tempat dudukan ring piston

Perang mobil juga bisa menjadi dudukan ring piston di mana fungsinya adalah sebagai pencegah kebocoran udara selama piston sedang naik turun. Biasanya jumlah dari ring ini akan lebih dari 1, dengan jumlah biasanya ada tiga. 2 akan digunakan untuk kompresi dan satunya lagi akan digunakan sebagai ring oli. Ring piston kompresi berguna untuk memproses pemanfaatan volume udara yang ada dalam silinder dan juga menghapus oli yang ada di dinding silinder. Ring oli dapat menampung dan membawa oli kembali dan melumasi dinding yang ada pada ruang silinder.

Baca Juga: Pentingnya Ganti Oli Mesin Mobil

Batang Piston atau Connecting Rod

Batang Piston atau Connecting Rod Gambar penjelas batang piston

Batang Piston atau Connecting Rod memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara poros engkol dan piston. Batang piston akan menerima tenaga yang dikeluarkan piston dan merubahnya menjadi energi putar.

Ring Piston

Ring Piston Gambar penjelas ring piston

Walaupun tidak terlalu terlihat, ring piston memiliki fungsi yang sangat penting. Ring piston berperan untuk merapatkan piston dengan blok silinder untuk mencegah kebocoran saat proses kompresi sedang berjalan. Bocornya gas saat kompresi dan oli yang masuk ke dalam ruang pembakaran akan menimbulkan permasalahan pada mesin mobil secara keseluruhan. Selain itu ring piston juga berfungsi untuk mengurangi oli yang berlebih di dindind silinder.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Mobil Saat PSBB Selama di Rumah Saja

Poros Engkol atau Crank Shaft

Poros Engkol atau Crank Shaft Gambar penjelas poros engkol

Energi gerak akan dirubah menjadi energi putar oleh poros engkol atau crank shaft, energi inilah yang kemudian akan menggerakkan roda. Selain itu poros engkol juga memiliki fungsi untuk menjaga pergerakan piston supaya dapat bekerja normal. Dalam prosesnya, pergerakan poros engkol akan dibantu batang piston yang pemasangannya ada dibawah blok silinder.

Karter atau Oil Pan

Karter atau Oil Pan Gambar penjelas karter

Keseluruhan kinerja mesin tidak akan berjalan sempurna tanpa adanya karter. Karter atau oil pan berfungsi sebagai penampungan oli mesin yang digunakan sebagai pelumas seluruh komponen mesin. Letak karter berada dibawah blok silinder dan dilengkapi dengan penyumbat oli atau drain plug yang ditambahkan dengan baut dan gasket untuk mencegah kebocoran oli mesin.

Baca Juga: 6 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah

Demikian berbagai komponen yang terdapat pada mesin mobil. Masing masing komponen tersebut memiliki fungsi yang berbeda beda namun saling berkesinambungan. Perawatan masing masing komponen yang benar akan memberikan tenaga mesin yang optimal. Keluarga wuling dapat melakukan perawatan mesin Cortez S Type S di dealer wuling terdekat supaya selalu optimal dan nyaman dikendarai.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer