Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar & Cara Mengatasinya

14 January, 2024
clock-bold
5 menit membaca

Image Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar & Cara Mengatasinya

Suara mesin mobil kasar tentu sangat mengganggu ketika digunakan. Baik dari suaranya hingga timbul kekhawatiran kalau mesin mobil mengalami masalah. Apabila dibiarkan saja, bisa jadi memang ada masalah di mesin mobil.

Ketika suara tersebut dibiarkan maka dapat menimbulkan komponen lain di mesin mobil ikut rusak. Maka dari itu, ketika suara mesin mobil kasar sebaiknya langsung Anda cek agar tidak terjadi masalah yang semakin besar.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan suara mesin mobil kasar yang perlu Anda ketahui agar mudah untuk menemukan solusinya. Bahkan terkadang ditemui saat mobil dinyalakan, hingga pada RPM rendah. Berikut ulasan mengenai suara mesin mobil kasar yang bisa Anda simak di bawah ini.

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Hampir sama seperti suara mesin mobil kasar pada saat dinyalakan, terkadang mesin mobil saat berada di RPM rendah bisa menimbulkan suara yang kasar. Terjadinya suara mesin mobil kasar pada saat RPM rendah ini diakibatkan celah pada katup mesin mobil. Celah tersebut memiliki ukuran standar masing-masing, apabila terlalu rapat hingga terlalu renggang dapat menimbulkan suara yang kasar.

Tentunya harus mengetahui beberapa faktor lainnya untuk mengetahui penyebab dari suara mesin mobil kasar. Agar nantinya dapat menghindari suara mesin mobil yang kasar pada kendaraan kesayangan Anda. Berikut penyebab suara mesin mobil kasar:

  • Kurangnya Oli Mesin

Perlu diingat bahwa kurangnya volume oli mesin pada kendaraan tidak hanya akan menyebabkan suara mesin mobil yang kasar saat di gas atau kerusakan kompresor AC, tetapi akan menyebabkan banyak masalah lainnya.

Oli yang kotor dan jarang diganti adalah penyebab volume oli ini berkurang. Anda dapat memeriksa kualitas dan volume oli dengan melihat dipstick pada tangki. Perhatikan kualitas dan warna oli, sesuaikan takarannya, dan pastikan oli tidak bercampur dengan cairan lain atau kotoran menempel.

Hal ini harus dilakukan secara teratur untuk memastikan bahwa oli, sebagai pelumas komponen mesin mobil berfungsi dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan oli mesin berkualitas dan sesuai anjuran dari pabrikan agar mesin mobil semakin awet.

  • Masalah pada Kompresor AC

Jika terdengar suara kasar dari mesin mobil ketika menginjak pedal gas, bisa jadi ada masalah dengan kompresor AC. Suara seperti itu bisa terjadi ketika mobil dinyalakan atau sudah dijalankan, dan ini terjadi karena kompresor AC kekurangan oli. Oleh karena itu, oli yang jarang diganti membuat kotoran menumpuk, yang pada akhirnya dapat menyumbat berbagai bagian mesin.

  • Masalah pada Celah Katup Mesin

Masalah dengan celah katup mesin mobil dapat menyebabkan suara mesin mobil yang kasar saat menginjak gas. Celah katup yang terlalu rapat atau longgar dapat menyebabkan mesin mobil terdengar kasar saat dipacu. Celah ini biasanya berukuran antara 0,2 dan 0,3 mm.

Namun, jika kendaraan digunakan lebih sering maka celah ini dapat melonggar dan menghasilkan bunyi seperti logam bergesekan karena batang katup bergesekan dengan rocker arm. Hal yang sama berlaku ketika celah terlalu rapat karena batang katup menekan bagian lain katup.

  • Bearing Mobil Rusak

Pernahkah mendengar suara mesin mobil kasar dan dengung yang terus menerus saat Anda menghidupkan mesin ketika putaran mesinnya meningkat? Dalam kasus tertentu, bearing adalah komponen yang bermasalah.

Karena banyaknya bearing yang digunakan pada mobil, tentu akan cukup sulit mengetahui lokasi bearing yang rusak. Apalagi bearing tersebut berada di dalam mesin. Bearing tersebut digunakan pada pompa air, tensioner, alternator, idler, dan kompresor sehingga untuk mengetahui bearing yang bermasalah dianjurkan membawa ke bengkel langganan atau mengundang teknisi terpercaya.

  • Masalah pada Belt Mobil

Faktor terakhir adalah kerusakan pada belt atau sabuk mesin mobil. Seperti yang disebutkan sebelumnya, belt ini yang menghubungkan kipas radiator mobil dengan kompresor AC dan alternator.  Seringkali, sabuk pengaman rusak karena kotoran dan debu yang menumpuk, sehingga tidak nyaman saat digunakan dan menyebabkan suara mesin yang kasar ketika menghidupkan mesin.

Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Kasar

Cara Mengatasi Suara Mesin Mobil Kasar

Untuk mengatasi suara mesin mobil kasar, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Beberapa cara ini bisa dilakukan secara mandiri sampai harus membawa mobil Anda ke bengkel langganan.

Berikut cara mengatasi suara mesin mobil kasar:

1. Menggunakan Oli Berkualitas

Menggunakan oli yang berkualitas, tentu akan memperpanjang usia dari komponen mesin mobil. Karena oli yang berkualitas akan melindungi komponen pada mesin mobil dengan baik dan tidak mudah menguap sehingga volume oli mesin mobil tidak cepat berkurang.

Pastikan untuk menggunakan oli mesin yang dianjurkan oleh pabrikan agar tidak terjadi masalah pada mesin mobil dalam jangka panjang.

2. Cek Rutin Volume Oli Mesin

Selalu pastikan bahwa volume oli mesin mobil Anda masih dalam takaran yang ditentukan. Alasannya karena apabila mesin mobil kekurangan oli akan membuat komponen di dalam mesin cepat panas. Apabila hal tersebut terjadi, komponen-komponen ini akan mudah aus dan rusak hingga menimbulkan suara kasar pada mesin mobil saat dinyalakan.

3. Bersihkan Kompresor AC

Membersihkan kompresor AC dapat menghindari masalah suara mesin mobil yang kasar. Hal ini dikarenakan kompresor AC yang kotor menyebabkan kinerjanya semakin berat dan menimbulkan suara kasar.

4. Menyetel Celah Katup Mesin

Sangat disarankan untuk menyetel celah katup mesin sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil karena katup mesin yang terlalu longgar atau rapat dapat menyebabkan suara bising.

Setelah menyimak penjelasan mengenai suara mesin mobil kasar di atas, sedikit banyak pasti Anda akan memahami penyebab dan cara mengatasinya. Pastikan untuk selalu merawat mobil kesayangan secara berkala agar menghindari permasalahan yang tidak diinginkan saat digunakan.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer