8 Tips Aman Berkendara Saat Menempuh Perjalanan Jauh

2 July, 2020
clock-bold
4 menit membaca

Image 8 Tips Aman Berkendara Saat Menempuh Perjalanan Jauh

Kala Anda memutuskan untuk berkendara jarak jauh, ada baiknya mempersiapkan diri agar perjalanan tetap aman dan nyaman. Persiapan diri tersebut bisa meliputi fisik dan mental. Tentunya, tubuh harus bugar supaya perjalanan jadi menyenangkan. Jangan sampai kurang persiapan diri, perjalanan malah berakhir buruk. Karena itu, pastikan mengikuti tips perjalanan jauh di bawah ini ketika Anda memutuskan untuk menyetir jarak jauh supaya kondisi badan tetap segar.

Tidur Cukup

Tidur Cukup

Bepergian jarak jauh tentunya membutuhkan tenaga ekstra. Ada baiknya bagi Anda untuk memperoleh istirahat cukup sebelum bepergian. Setidaknya Anda menghabiskan waktu tidur selama tujuh jam dalam dua hari berturut-turut untuk mengumpulkan energi. Hindari berkendara jarak jauh setelah melakukan banyak aktivitas, ya. Hal itu dapat membuat tubuh terasa cepat lelah.

Berhenti Setiap 2-3 Jam

Berhenti Setiap 2-3 Jam

Duduk dibalik kemudi setir untuk waktu yang lama membuat tubuh terasa pegal. Maka usahakan untuk berhenti setiap 2-3 jam selama perjalanan dilakukan. Hal tersebut dilakukan agar kondisi tubuh tetap segar. Anda juga bisa melakukan peregangan badan dengan berjalan-jalan di sekeliling mobil ketika sedang istirahat, supaya badan tidak kaku. Dengan begitu, tubuh lebih bugar ketika harus menyetir kembali. Hindari untuk menyetir antara pukul 1-3 siang. Pada jam-jam tersebut suhu badan sedang menurun dan membuat orang lebih mudah mengantuk.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Stres Saat Mengemudi

Sedia Makanan dan Minuman

Sedia Makanan dan Minuman

Sangat disarankan untuk membawa cemilan sehat sendiri saat bepergian jauh. Seperti kacang almond bisa menjadi pilihannya. Dengan membawa cemilan sendiri, Anda dapat terhindar untuk berhenti mengonsumsi makanan cepat saji di pinggir jalan. Anda juga bisa menyiapkan permen karet untuk dikonsumsi selama perjalanan jauh. Mengunyah permen karet yang dilakukan secara berulang-ulang dapat membuat pengendara terhindar dari ngantuk karena mendapat sirkulasi yang cukup.

Banyak Minum Air Mineral

Banyak Minum Air Mineral

Mengonsumsi banyak air mineral sangat disarankan ketika Anda melakukan perjalanan jarak jauh. Hal itu dapat mengurangi Anda dari dehidrasi dan mendapat pengganti dari cairan yang tubuh yang terbuang.

Baca juga: 5 Jalan Ekstrem di Indonesia untuk Menguji Kemampuan Mengemudi

Rencanakan Perjalanan dengan Baik

Rencanakan Perjalanan dengan Baik

Sebelum bepergian jarak jauh, ada baiknya bagi para pengendara mencari tahu terlebih dahulu informasi soal perjalanan tersebut sebelum melakukan perjalanan. Misalnya, informasi mengenai jalan atau tempat beristirahat. Dengan begitu, kita dapat menentukan di titik mana saja harus berhenti untuk sekadar beristirahat dan meregangkan otot-otot yang kaku atau menghirup udara segar.

Jangan Menyetir Ketika Mengantuk

Jangan Menyetir Ketika Mengantuk

Jika Anda dilanda rasa kantuk selama perjalanan, sebaiknya tak perlu dilawan. Lebih baik Anda mencari tempat beristirahat terdekat untuk bisa memejamkan mata sejenak selama 15 menit. Karena jika lebih dari 15 menit, alih-alih badan segar, kondisi badan malah menjadi lemas.

Mengajak Teman

Mengajak Teman

Ada baiknya ketika melakukan perjalanan jauh, Anda mengajak seseorang untuk menemani. Mengobrol selama perjalanan jauh bisa membuat Anda tetap waspada akan kondisi jalan. Selain itu, Anda juga bisa bergantian menyetir dengan teman. Dengan begitu, energi pada tubuh bisa tersimpan dengan baik.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat di Perjalanan

Hindari Mengemudi di Malam Hari

Hindari Mengemudi di Malam Hari

Secara biologis, tubuh membutuhkan istirahat antara pukul 12 tengah malam hingga jam 6 pagi. Secara otomatis, pada jam-jam tersebut Anda akan merasa lebih mengantuk dari jam-jam lainnya. Usahakan untuk berhenti sejenak jika bepergian pada jam-jam tersebut daripada memaksakan diri, yang justru bisa berbahaya.

Selain beberapa tips di atas, mobil dengan kabin nyaman dibutuhkan oleh para pengendara untuk membuat perjalanan jauh semakin menyenangkan. Wuling Cortez CT bisa menjadi teman Anda selama perjalanan karena telah didesain memiliki kabin interior yang nyaman.

Tak lupa, fitur-fitur di dalam mobil juga membuat pengendara merasa betah saat berada di dalam dengan interior dua warna, soft touch panel, setir berlapis kulit, layar MID berukuran 7 inci, sistem hiburan dalam layar berukuran 8 inci, box di konsol tengah, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, Anda bisa merasa nyaman dalam kondisi apapun selama perjalanan.

Itulah tips untuk perjalanan jauh Anda yang bisa dilakukan, selamat bepergian!

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer