Seberapa Besar Daya Tahan Baterai Mobil Listrik?

19 August, 2022
clock-bold
4 menit membaca

Image Seberapa Besar Daya Tahan Baterai Mobil Listrik?

Demi menunjang mobilitas yang tinggi, saat ini banyak produsen mobil listrik yang membekali kendaraannya dengan kapasitas baterai cukup besar. Daya tahan baterai mobil listrik dibuat lebih lama sehingga mampu menunjang aktivitas sehari-hari tanpa harus sering melakukan pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Beberapa waktu belakangan ini popularitas mobil listrik semakin meningkat. Hal ini juga didorong dengan kebijakan pemerintah yang ingin mengalihkan masyarakat dari mobil konvensional ke mobil listrik yang lebih ramah lingkungan. Tidak heran jika produsen mobil listrik berlomba untuk membuat inovasi teknologi yang lebih canggih termasuk dalam hal kapasitas daya baterai atau listrik.

Lalu, seberapa besar sebenarnya ketahanan baterai listrik mobil yang bagus itu? Untuk mengetahui jawabannya simak penjelasan di bawah ini.

Usia dan Ketahanan Baterai Mobil Listrik

Usia dan Ketahanan Baterai Mobil Listrik

Usia dan ketahanan baterai mobil listrik berbeda-beda tergantung dari jenis dan setelan kendaraan. Akan tetapi secara umum, usia rata-rata baterai mobil listrik adalah berkisar antara 10-15 tahun atau setara dengan 200 ribu kilometer.

Usia baterai listrik juga dipengaruhi dari jenis baterai yang digunakan. Secara umum, baterai mobil listrik yang banyak digunakan saat ini merupakan jenis lithium ion. Baterai jenis ini akan mengalami siklus pengosongan saat dikendarai dan akan mengisi daya saat dicolokkan ke SPKLU.

Daya tahan mobil listrik juga bisa dipengaruhi oleh suhu. Suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa berpengaruh terhadap usia baterai mobil listrik. Saat suhu panas, biasanya akan membuat baterai mobil listrik lebih cepat berkurang masa pemakaiannya.

Tidak hanya itu, pengisian daya yang berlebih juga berpengaruh terhadap perubahan kimiawi di dalam baterai mobil listrik. Hal ini akan berpengaruh terhadap efisiensi penyimpanan energi sehingga baterai cenderung lebih cepat terkuras.

Mobil listrik rata-rata memiliki baterai yang bisa digunakan hingga sampai 1000 kali isi ulang penuh. Namun setiap tahun biasanya usia baterai akan berkurang meskipun masih tetap bisa dipakai. Baterai mobil listrik yang sudah mencapai 1000 kali isi ulang penuh biasanya juga menjadi tidak optimal dan kemampuannya berkurang hingga 40%.

Usia dan ketahanan baterai mobil listrik juga tergantung dari jenis kendaraan. Maka dari itu, beberapa jenis baterai mobil listrik yang ditawarkan oleh produsen kendaraan memiliki garansi penggantian baterai mobil listrik secara gratis, namun Anda harus membayar biaya berlangganan setiap bulannya.

Baterai Wuling Air EV Telah Melewati Uji Ketahanan & Keamanan

Baterai Wuling Air EV Telah Melewati Uji Ketahanan & Keamanan

Wuling Air ev merupakan salah satu jenis mobil listrik yang tengah banyak diperbincangkan di kalangan pecinta otomotif beberapa waktu belakangan ini. Mobil listrik mini besutan Wuling ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih serta memiliki tampilan eksterior dengan desain future-tech yang stylish.

Salah satu daya tarik utama dari mobil listrik ini adalah daya tahan baterai mobil listrik berdimensi compact ini. Selain memiliki fitur easy charging yang membuat proses charger baterai Wuling Air ev menjadi lebih mudah dan cepat, baterai mobil listrik ini juga telah melewati uji ketahanan sehingga aman untuk digunakan. Aspek keselamatan menjadi prioritas utama Wuling dalam pengembangan mobil listrik khususnya dalam kompo komponen baterai dan sistem kelistrikan tegangan tinggi tersebut.

Baterai Wuling Air ev telah melewati serangkaian pengujian ketahanan dengan hasil yang sangat memuaskan. Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan keamanan serta ketahanan baterai dari berbagai kondisi pengoperasian.

Wuling Air ev sendiri menggunakan baterai berjenis lithium ion phosphate (LFP) yang berguna untuk menyimpan sekaligus menjadi sumber energi yang diperlukan mobil listrik ini. Perangkat baterai yang digunakan pada Wuling Air ev telah lolos 16 model uji ketahanan pada berbagai kondisi dan situasi.

Pengujian ketahanan yang dilakukan pada baterai yang digunakan antara lain adalah tes jatuh, kebakaran, uji rotasi berulang-ulang, rendaman air, benturan hingga uji getaran untuk memastikan baterai mobil listrik aman digunakan sehari-hari. Ulasan tentang uji ketahanan baterai Wuling Air ev dapat dilihat pada video Seberapa Kuat dan Aman Baterai Wuling Air ev?

Berbagai pengujian yang telah dilewati baterai mobil listrik Wuling Air ev menunjukkan bahwa baterai kendaraan aman dan tahan untuk digunakan dalam berbagai kondisi. Tidak hanya itu, kendaraan ini juga memberikan fitur kemudahan dalam isi ulang daya sehingga mobil listrik ini bisa menjadi solusi baru untuk mobilitas yang aman dan ramah lingkungan di perkotaan.

Mobil listrik mini yang ikonik ini sudah bisa Anda miliki melalui pemesanan di dealer resmi Wuling. Dengan daya tahan baterai mobil listrik yang dimiliki oleh kendaraan ini, Wuling Air ev sangat cocok untuk menunjang mobilitas sehari-hari karena selain tahan lama, pengisian ulang daya baterai juga mudah dan cepat.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer