Serba-Serbi Poles Mobil yang Pengendara Pemula Wajib Tahu | Wuling

Auto Tips

Serba-Serbi Poles Mobil yang Pengendara Pemula Wajib Tahu

22 Oktober, 2020

Image Serba-Serbi Poles Mobil yang Pengendara Pemula Wajib Tahu

Kotoran dan percikan air yang menempel pada bodi kendaraan adalah musuh utama cat mobil. Tumpukan keduanya akan membuat cat menjadi redut karena proses kimiawi. Pada kondisi seperti ini tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan sederhana berupa mencuci dan melakukan poles mobil supaya penampilan mobil Anda selalu menawan.

Dalam prosesnya dibutuhkan edukasi dan pemahaman mengenai cara melakukannya dan obat poles yang ramah untuk kendaraan. Karena tidak jarang orang menggunakan kompon saat menghilangkan goresan halus dan noda pada mobil, ini jelas salah karena akan mengikis lapisan pelindung cat. Berikut ini kami berikan edukasi mengenai poles mobil yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Pengertian Poles Mobil

Pengertian Poles Mobil

Poles mobil adalah salah satu tehnik dalam merawat cat mobil, tujuannya tidak lain adalah supaya cat mobil selalu bersih, terawat serta selalu bebas dari cacat dan goresan. Dalam melakukan poles mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan, diperlukan beberapa tahapan dan tehnik khusus supaya hasilnya bisa maksimal. Untuk pengetahuan Anda, berikut ini adalah 4 manfaat utama poles mobil

  • Perawatan menjadi lebih mudah

Mobil yang sudah melalui tahap poles akan lebih mudah dibersihkan. Anda cukup menyiram mobil Anda, semua kotoran dan noda akan luntur dengan sendirinya.

  • Cat mendapatkan cairan pelindung

Proses poles mobil yang benar akan membuat cat terlapisi cairan pelindung. Cairan ini akan bekerja seperti pada permukaan daun talas, dimana cipratan air dan noda tidak akan menembus cat dengan mudah.

  • Memperlambat penuaan

Sinar ultraviolet (UV) berdampak buruk pada mobil, terlebih cuaca di Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis agak susah untuk diprediksi. Dengan perlindungan menyeluruh pada exterior, cat mobil akan bertahan lebih lama dari dari efek penuaan.

Baca juga: Pengertian Coating Mobil dan Kelebihan Manfaatnya untuk Anda

Jenis Poles Mobil

Supaya penampilan mobil makin optimal, ada 3 jenis perawatan poles di salon mobil yang bisa diaplikasikan pada exterior mobil Anda. Masing masing jenis perawatan ini memiliki tahapan yang berbeda beda tergantung tujuannya.

Cleaning

Cleaning

Perawatan ini meliputi keseluruhan mobil, tidak cuma di eksterior mobil namun juga mesin hingga interior mobil. Tehnik yang digunakan mulai dari cuci biasa, dry wash, snow wash hingga engine cleaning. Tujuannya dalah melakukan pembersihan secara menyeluruh untuk menghilangkan berbagai kotoran dan noda pada mobil.

Detailing

Detailing

Perawatan ini hanya pada permukaan mobil untuk mempercantik tampilan mobil. Tehnik yang digunakan biasanya adalah poles untuk menghilangkan kusam pada mobil dan waxing yang akan memberikan perlindungan dan perawatan pada mobil supaya lebih cerah dan berkilau.

Coating

Coating

Kalau cleaning bertujuan untuk membersihkan semua kotoran dan noda di mobil secara menyeluruh dan detailing bertujuan untuk mempercantik penampilan mobil. Maka proses coating ini adalah pemberian lapisan pada seluruh body mobil untuk memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh.

Interval Poles Mobil

Interval Poles Mobil

Walaupun poles mobil ini adalah sebuah keharusan bagi setiap pemilik mobil supaya penampilan mobil makin menawan, namun pada kenyataannya hal ini tidak boleh dilakukan sesering mungkin. Ini dikarenakan dalam setiap prosesnya, poles mobil menggunakan bahan yang sifatnya abrasif yang akan mengikis clear coat atau pernis. Idealnya untuk satu mobil hanya boleh melakukan poles sebanyak tiga kali saja.

Namun untuk mobil yang sudah dilapisi oleh nano ceramic melalui proses coating, baret ataupun kusam hanya terjadi pada lapisan nanonya saja. Jadi saat dilakukan proses poles mobil yang berulang kali hanya pada lapisan tersebut saja yang terkikis, sedangkan clear coat pada mobil tetap terjaga. Supaya kondisi ini selalu terjaga, ada baiknya melakukan perawatan nano ceramic setiap enam bulan sekali.

Baca juga: Fungsi Body Repair Mobil: Arti, Biaya dan Pemilihan Bengkel

Cara Kerja

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tentunya melakukan kegiatan poles mobil di salon mobil akan sangat beresiko. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya Anda sendiri pun bisa melakukan poles mobil sendiri dirumah dengan cara yang sangat mudah. Namun sebelum melakukannya ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan.

  • Cuci Mobil

Sebelum melakukan langkah poles, mobil harus dicuci terlebih dahulu supaya bersih dari kotoran. Karena kalau memulai langkah poles mobil saat mobil dalam keadaan kotor, kotoran kotoran halus masih menempel di body mobil akan menjadi baret saat proses poles.

  • Keringkan Mobil

Keringkan mobil setelah selesai dicuci, sebaiknya gunakan lap microfiber untuk membersihkannya karena bahannya yang lembut tidak merusak cat. Selain itu juga tingkat penyerapan air pada lap microfiber lebih tinggi dibandingkan dengan lap biasa pada umumnya.

  • Siapkan Perlengkapan Poles Mobil

Setelah mobil bersih kembali, yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan poles mobil yang sesuai dengan mobil Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan kompon yang soft atau medium dan pastikan tidak ada debu yang menempel.

Cara Poles Mobil Tanpa Menggunakan Alat

Cara Poles Mobil Tanpa Menggunakan Alat

Pemolesan yang maksimal seharusnya menggunakan alat, namun kalau Anda tidak memilikinya, Anda tetap bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan kain microfiber. Anda bisa memulai dari panel samping depan kiri atau kanan dan kap mesin lalu bergantian ke masing masing pintum atap hingga panel belakang.

Usapkan cairan poles mobil sedikit demi sedikit hingga merata seluruhnya, lalu gunakakan kain microfiber untuk memoles. Lakukan dengan cara memutar secara berulang ulang supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah hasilnya sudah dirasa cukup, Anda bisa melanjutkan ke area lain perlahan.

Cara Poles Mobil Dengan Menggunakan Alat

Cara Poles Mobil Dengan Menggunakan Alat

Kalau Anda memiliki alat poles, maka proses pengerjaan bisa lebih cepat dan lebih singkat dibandingkan dengan cara yang manual. Proses awalnya sama seperti saat Anda melakukannya manual. Usapkan cairan poles mobil sedikit demi sedikit hingga merata seluruhnya, lalu gunakakan alat poles mobil untuk melakukan prosesnya.

Gunakan kecepatan yang paling rendah saat pertama kali memoles dan tingkatkan kecepatan perlahan supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Yang harus diperhatikan saat melakukan proses ini adalah posisi alat poles mobil harus benar benar tegak lurus dan tidak boleh miring, karena kalau miring akan terkikis.

Cara Memilih Obat Poles Mobil

Cara Memilih Obat Poles Mobil

Pemilihan obat poles khusus sesuai cat mobil akan menghindarkan mobil Anda dari resiko resiko pada mobil Anda. Polisher yang digunakan untuk keperluan mobil ini biasanya bernama Paint Cleaner, Cleaner Wax, Cleans and Shines, Scratch Remover dan lain-lain. Obat poles yang seperti ini dapat mengangkat kotoran secara maksimal namun ramah terhadap lapisan clear coat.

Baca juga: Tips Memilih Karpet Mobil Terbaik dan Cara Perawatannya

Range Harga

Range Harga

Ada beberapa brand obat poles mobil yang bisa Anda gunakan dalam proses ini. Obat poles berkualitas sedang namun hasil yang bagus berada pada range harga 100 ribu – 250 ribu rupiah per botolnya. Sedangkan obat poles berkualitas tinggi dengan tujuan hasil detailing yang jauh lebih baik, Anda bisa mendapatkannya dengan harga 200 ribu – 500 ribu rupiah per botol nya.

Keluarga Wuling, sekarang Anda sudah mengetahui dengan jelas apa saja hal hal yang harus diketahui seputar poles mobil Wuling Anda. Anda harus senantiasa melakukan perawatan mobil secara menyeluruh agar kualitas mobil terjaga dan terlihat elegan saat dilihat. Kalau Anda ingin melakukannya sendiri dirumah, Anda bisa kok melakukannya dengan langkah2 yang sudah kami berikan diatas. Mudah bukan?

Banner Cortez CT Mobil Keluarga Terbaik