Pahami Fungsi Poles Mobil, Cara Kerja dan Biaya

29 July, 2024
clock-bold
6 menit membaca

Image Pahami Fungsi Poles Mobil, Cara Kerja dan Biaya

Memiliki mobil yang tampak selalu bersih dan berkilau adalah impian setiap pemilik kendaraan. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan melakukan poles mobil. Poles mobil bukan hanya sekedar mempercantik tampilan kendaraan, tetapi juga memberikan perlindungan tambahan pada cat mobil. Kotoran dan percikan air yang menempel pada bodi mobil adalah musuh utama cat mobil. Karena tumpukan keduanya, cat akan menjadi redut secara kimiawi. Dalam situasi seperti ini, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk melakukan perawatan dasar mobil Anda, seperti mencuci dan poles, agar tampilannya tetap menarik.

Dalam prosesnya, diperlukan pengetahuan tentang prosedur dan obat polesan yang ramah lingkungan untuk kendaraan. Karena kompon tidak jarang digunakan untuk menghilangkan noda dan goresan pada mobil, ini jelas salah karena akan mengikis lapisan pelindung cat. 

Artikel ini membahas fungsi poles mobil, cara kerjanya, serta perkiraan biaya yang diperlukan untuk melakukan poles mobil.  Berikut ini kami berikan edukasi autotips mengenai poles mobil yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Pengertian Poles Mobil

Pengertian Poles Mobil Gambar Penjelas Pengertian Poles Mobil

Salah satu merawat cat mobil adalah poles, yang bertujuan untuk menjaga cat mobil tetap bersih dan rapi serta bebas dari goresan dan cacat. Proses poles mobil membutuhkan beberapa langkah dan teknik khusus untuk mencapai hasil yang optimal. Untuk informasi Anda, berikut adalah empat keuntungan utama poles mobil:

  • Cat Mendapatkan Cairan Pelindung

Setelah proses poles mobil dilakukan dengan benar, cat akan dilapisi dengan cairan pelindung. Proses ini mirip dengan permukaan daun talas, di mana noda dan air tidak dapat menembus cat dengan mudah.

  • Perawatan Menjadi Lebih Mudah

Mobil yang sudah dipoles akan lebih mudah dibersihkan. Semua kotoran dan noda akan luntur dengan sendirinya hanya dengan menyiramnya.

  • Memperlambat Penuaan

Sinar ultraviolet (UV) membahayakan mobil, dan cuaca di Indonesia, yang merupakan negara tropis, sulit untuk diprediksi. Dengan melindungi bagian luar mobil secara menyeluruh, cat mobil akan bertahan lebih lama dari kerusakan yang disebabkan oleh penuaan.

  • Meningkatkan Nilai Jual

Mobil yang terawat dengan baik dan memiliki tampilan yang mengkilap cenderung memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Poles mobil dapat menjadi investasi yang baik untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai jual kendaraan.

Jenis Poles Mobil

Ada tiga jenis perawatan poles di salon mobil yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penampilan eksterior mobil Anda. Masing-masing perawatan memiliki tahapan yang berbeda-beda tergantung pada tujuan perawatan mobil tersebut.

Cleaning

Cleaning Gambar Penjelas Cleaning Mobil

Perawatan ini mencakup seluruh mobil, termasuk eksterior dan mesin hingga interior. Metode yang digunakan mencakup cuci biasa, cuci kering, cuci salju, dan perawatan kendaraan. Tujuannya adalah melakukan pembersihan menyeluruh untuk menghilangkan semua kotoran dan noda yang ada pada mobil.

Detailing

Detailing Gambar Penjelas Detailing Mobil

Perawatan ini hanya dilakukan pada permukaan mobil untuk meningkatkan penampilannya. Biasanya, metode ini termasuk poles untuk menghilangkan kusam dari mobil dan waxing untuk melindunginya dan membuatnya lebih cerah dan berkilau.

Coating

Coating Gambar Penjelas Coating Mobil

Jika membersihkan bertujuan untuk membersihkan semua kotoran dan noda di mobil, dan detailing bertujuan untuk membuat mobil terlihat lebih baik, maka proses coating adalah menempelkan lapisan pada seluruh bodi mobil untuk memberikan perlindungan yang lebih baik.

Interval atau Jangka Waktu Poles Mobil

Interval Poles Mobil Gambar Penjelas Interval Poles Mobil

Walaupun poles mobil adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap pemilik mobil untuk meningkatkan penampilannya, hal ini tidak boleh dilakukan terlalu sering. Ini disebabkan oleh fakta bahwa selama proses poles mobil, bahan yang bersifat abrasif digunakan, yang akan mengikis pernis atau cat jelas. Disarankan agar satu mobil hanya melakukan poles tiga kali.

Namun, ketika mobil dilapisi nano keramik, proses poles berulang kali hanya mengikis lapisan nano keramik tersebut, sehingga lapisan putih mobil tetap bersih. Ada baiknya melakukan perawatan nano keramik setiap enam bulan sekali supaya kondisi ini tetap terjaga.

Cara Kerja Poles Mobil

Anda dapat melakukan poles mobil di rumah dengan sangat mudah. Namun, ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum melakukannya.

  • Cuci Mobil

Sebelum memulai proses poles, mobil harus dibersihkan terlebih dahulu agar bebas dari kotoran. Ini karena jika mobil dalam keadaan kotor saat proses poles dimulai, kotoran halus yang menempel di tubuh mobil akan menjadi baret saat prosesnya dilakukan.

  • Keringkan Mobil

Setelah mobil dicuci, gunakan lap microfiber untuk membersihkannya. Bahannya yang lembut tidak merusak cat, dan lap ini menyerap air lebih baik daripada lap biasa.

  • Siapkan Perlengkapan Poles Mobil

Setelah mobil Anda dibersihkan, Anda harus menyiapkan poles mobil yang sesuai dengannya. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan kompon yang lembut atau medium dan pastikan tidak ada debu yang menempel.

Cara Poles Mobil Tanpa Menggunakan Alat

Cara Poles Mobil Tanpa Menggunakan Alat Gambar Penjelas Cara Poles Mobil Tanpa Menggunakan Alat

Untuk pemolesan yang optimal, Anda harus menggunakan alat, tetapi Anda bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan kain microfiber. Anda dapat memulai dengan kap mesin dan panel samping depan kiri atau kanan, lalu bergantian ke masing-masing pintu atap hingga panel belakang.

Setelah Anda menempatkan cairan poles mobil sedikit demi sedikit ke seluruh area, gunakan kain microfiber untuk memolesnya. Lakukan ini dengan cara memutar secara berulang ulang untuk mendapatkan hasil terbaik. Setelah Anda memiliki hasil yang cukup, Anda dapat melanjutkan ke area lain perlahan.

Cara Poles Mobil Dengan Menggunakan Alat

Cara Poles Mobil Dengan Menggunakan Alat Gambar Penjelas Cara Poles Mobil Dengan Menggunakan Alat

Jika Anda memiliki alat poles, proses pengerjaan akan lebih cepat dan lebih singkat daripada melakukannya secara manual. Cara memulainya hampir sama: usapkan cairan poles mobil secara merata di seluruh mobil, lalu gunakan alat poles mobil untuk memulai proses.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, mulailah dengan kecepatan paling rendah saat memoles. Selama proses ini, penting untuk memperhatikan bahwa posisi alat poles mobil harus benar-benar tegak lurus. Posisi yang miring akan mengikis.

Cara Memilih Obat Poles Mobil

Cara Memilih Obat Poles Mobil Gambar Penjelas Cara Memilih Obat Poles Mobil

Anda dapat melindungi mobil Anda dari bahaya dengan memilih obat poles yang tepat untuk cat mobil Anda. Polisher yang digunakan untuk mobil ini biasanya disebut dengan nama seperti Paint Cleaner, Cleaner Wax, Cleans and Shines, Scratch Remover, dan sebagainya. Meskipun obat poles jenis ini dapat mengangkat kotoran dengan cepat, ia tidak merusak lapisan clear coat.

Berapa Biaya Poles Mobil?

Range Harga Gambar Penjelas Range Harga

Selama proses ini, Anda dapat menggunakan berbagai merek obat poles mobil. Obat poles berkualitas sedang dengan hasil yang baik dihargai Rp100 ribu - 250 ribu per botol, sementara obat poles berkualitas tinggi dengan hasil detail yang lebih baik dihargai Rp200 ribu - 500 ribu per botol.

Lalu, apabila Anda melakukan poles mobil di sebuah bengkel poles, tentu akan dikenakan biaya jasa yang bisa jadi lebih mahal. Mengingat dari ukuran mobil dan jenis obat poles yang digunakan kurang lebih untuk poles mobil bisa mulai di kisaran harga Rp 3 jutaan.

Setelah menyimak ulasan di atas, kini Anda sudah mengetahui pentingnya poles mobil mulai dari cara kerja dan biayanya. Anda bisa melakukan poles mobil sendiri di rumah seperti cara-cara di atas yang sudah dijelaskan sehingga perawatan mobil bisa dilakukan sendiri. Pastikan selalu menjaga kondisi cat mobil dalam keadaan prima agar kualitas mobil terjaga dan terlihat elegan saat dilihat.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer