Tentang Captain Seat: Pengertian, Fungsi Hingga Cara Perawatannya

18 July, 2022

Image Tentang Captain Seat: Pengertian, Fungsi Hingga Cara Perawatannya

Bagi Anda yang kerap menggunakan mobil MPV mewah, pasti sudah tidak asing dengan istilah Captain Seat. Ini merupakan salah satu jenis jok atau interior mobil yang biasa digunakan pada mobil mewah karena memiliki fitur yang dapat memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya.

Salah satu faktor penting dalam memilih sebuah kendaraan adalah kenyamanan. Maka dari itu, saat ini banyak produsen mobil yang berlomba menghadirkan fitur kenyamanan dalam kendaraan, salah satunya adalah dengan menghadirkan Captain Seat di dalam interior mobil. Selain menambah kenyamanan saat berkendaraan, hadirnya jok mobil dengan fitur lengkap ini juga menambah kesan mewah pada kendaraan.

Untuk lebih jelasnya tentang pengertian, apa kelebihannya hingga bagaimana tips memasangnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Jok Captain Seat

Pengertian Jok Captain Seat

Captain Seat merupakan jok yang dibuat hanya untuk satu orang. Jok jenis ini biasanya dipasang pada jok baris kedua yang memisahkan antara penumpang kanan dan kiri. Itu artinya, di baris kedua atau baris tengah kendaraan hanya terdapat dua jok.

Fitur ini merupakan salah satu aksesoris yang bisa Anda temukan pada mobil tipe MPV. Tidak hanya memisahkan antara penumpang mobil baris kedua di bagian kanan dan kiri saja, akan tetapi jenis jok yang biasa digunakan pada mobil mewah ini juga dilengkapi dengan fitur arm rest hingga leg rest yang membuat penumpang menjadi lebih nyaman.

Beberapa mobil MPV kelas premium juga menambahkan fitur yang membuat Captain Seat dapat bergerak maju dan mundur hingga direbahkan secara maksimal. Ada juga beberapa jenis mobil yang menambahkan fitur berupa motor listrik untuk mengoperasikannya.

Perlu Anda ketahui bahwa jok Captain Seat berbeda dengan Pilot Seat meskipun memiliki model jok yang sama-sama terpisah. Pilot Seat biasanya lebih individual dan personal mulai dari desain hingga fitur-fiturnya.

Pada Captain Seat, fitur arm rest dapat dilipat, sedangkan Pilot Seat bersifat permanen. Tidak hanya itu, Pilot Seat biasanya menawarkan fitur yang lebih lengkap dan canggih seperti pemanasan suhu, lumbar support, fitur pijat hingga fasilitas car entertainment in hand pada masing-masing jok. Namuni Pilot Seat ini hanya bisa dipasang untuk MPV yang berukuran besar.

Fungsi Captain Seat

Fungsi Captain Seat

Captain Seat merupakan salah satu aksesoris yang umum digunakan pada mobil jenis MPV. Selain menambah kesan mewah pada kendaraan, kehadiran fitur ini juga memiliki banyak fungsi. Salah satunya untuk menambah kenyamanan khususnya bagi penumpang yang berada di baris kedua.

Penggunaan jok mobil jenis ini juga memudahkan akses untuk mencapai baris ketiga. Hal ini karena pemasangannya terpisah sehingga terdapat celah cukup lebar antara jok kanan dan kiri yang akan memudahkan akses untuk ke jok baris ketiga. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melipat jok mobil seperti pada jok mobil biasa untuk bisa ke jok baris ketiga.

Adanya fitur arm rest dan leg rest pada jok Captain Seat juga berfungsi untuk  memberikan kenyaman yang lebih baik khususnya untuk lansia. Dengan  begitu, kenyamanan selama berkendara akan terjaga.

Kelebihan dan Kekurangan Captain Seat

Kelebihan dan Kekurangan Captain Seat

Saat ini telah banyak jenis mobil MPV yang dilengkapi dengan Captain Seat. Tidak hanya itu, banyak juga mobil jenis lain yang melakukan modifikasi dengan menambahkan jenis jok ini demi menunjang kenyamanan.

Hadirnya fitur jok ini di dalam kendaraan nyatanya memang menawarkan banyak kelebihan. Akan tetapi ada juga kekurangan dari penggunaan jok mobil terpisah ini. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui:

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan Captain Seat yang menguntungkan Anda, yaitu:

Ruang Kabin Baris Kedua Menjadi Lebih Luas

1. Ruang Kabin Baris Kedua Menjadi Lebih Luas

Salah satu kelebihan dari penggunaan jok jenis ini adalah bisa membuat ruang kabin di baris kedua menjadi lebih luas. Hal ini karena pada Captain Seat hanya terdiri dari 2 jok di bagian kanan dan kiri dan pemasangannya juga terpisah.

Memberikan Kenyamanan Lebih

2. Memberikan Kenyamanan Lebih

Keuntungan lainnya dari penggunaan Captain Seat adalah mampu memberikan kenyaman lebih baik terhadap penumpang khususnya lansia dan anak-anak. Captain Seat dilengkapi dengan fitur arm rest dan leg rest yang akan membuat penumpang lebih nyaman meskipun melakukan perjalanan jauh.

Membuat Tampilan Mobil Lebih Mewah

3. Membuat Tampilan Mobil Lebih Mewah

Penggunaan Captain Seat juga membuat desain interior mobil menjadi terlihat mewah. Penumpang yang duduk di jok ini juga akan terlihat lebih eksklusif dan berkelas sehingga tidak heran ini jika jok jenis ini banyak dipasang pada mobil premium.

Kekurangan

Meskipun menawarkan banyak kelebihan, jok berdesain premium ini juga memiliki kekurangan. Mobil yang dilengkapi jok ini menjadikan kapasitas kendaraan bisa berkurang. Jika menggunakan jok konvensional pada baris kedua bisa muat tiga orang, maka untuk penggunaannya hanya dapat menampung dua penumpang saja.

Cara Perawatan Jok Captain Seat

Cara Perawatan Jok Captain Seat

Agar lebih awet dan fungsinya tetap optimal maka perlu perawatan yang tepat. Cara merawat  jok seperti ini  yang pertama adalah selalu jaga kebersihannya. Jika jok kotor atau basah segera lap menggunakan kain kering dan halus agar cairan tidak merusak material jok tersebut.

Selain membersihkan bagian luas, Anda juga perlu merawat komponen pada Captain Seat agar fungsi fiturnya tetap maksimal. Salah satu caranya adalah dengan mengatur posisi kursi ketika kendaraan berhenti. Hal ini untuk menjaga agar komponen gir dan motor listrik lebih awet.

Agar fitur jok ini berfungsi dengan baik, ada baiknya Anda harus lebih sering menggunakannya. Pasalnya jika fitur arm rest dan leg rest tidak pernah digunakan, justru akan mudah berkarat dan membuat fungsinya tidak optimal.

Tips Memasang Captain Seat pada Jok Mobil

Tips Memasang Captain Seat pada Jok Mobil

Saat ini tidak hanya bisa ditemukan pada mobil MPV premium saja. Telah banyak pengguna mobil biasanya yang melakukan modifikasi dengan memasang jok kelas premium ini. Jika ingin memasang Captain Seat pada jok mobil, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas ruang kabin. 

Jika sekiranya ruang kabin terlalu sempit untuk menggunakan fitur jok ini, ada baiknya jangan dipaksakan karena justru akan membuat fungsi dari Captain Seat menjadi tidak maksimal.

Perlu Anda ketahui juga bahwa memasang jok jenis ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan baik-baik sebelum memasang jok mobil jenis ini agar manfaatnya bisa sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Ada banyak mobil yang telah dipasang dengan Captain Seat salah satunya adalah New Cortez. Jika Anda duduk di kursi Captain Seat pada mobil smart car ini sudah dilengkapi fitur Multipurpose Seat Tray yang terpasang pada bagian belakang jok barisan depan, sehingga  bisa memberikan nyaman ketika harus bekerja dengan laptop atau makan di dalam kabin.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer