5 Fakta Keamanan yang Bikin Air ev Nyaman!

5 December, 2023
clock-bold
5 menit membaca

Image 5 Fakta Keamanan yang Bikin Air ev Nyaman!

Semakin populernya mobil listrik di pasaran otomotif dunia, saat ini banyak pengguna kendaraan roda empat yang beralih ke mobil listrik. Salah satu pilihannya adalah Wuling Air ev, mobil listrik compact yang sangat populer di masyarakat Indonesia.

Mobil listrik menjadi salah satu primadona yang saat ini banyak disukai semua kalangan usia. Selain itu mobil listrik juga menawarkan segala fitur modern sekaligus keamanan dalam berkendara yang membuatnya semakin nyaman.

Tentunya dalam menggunakan mobil listrik akan semakin nyaman ketika sudah memahami keamanannya. Seperti menggunakan mobil listrik saat hujan maupun melewati genangan air. Berikut beberapa fakta keamanan mobil listrik Wuling Air ev yang bisa disimak di bawah ini:

1. Fitur Keamanan

Wuling Air ev Long Range sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, seperti rem cakram pada keempat roda, ABS, EBD, ESC, dan hill hold control. Mobil ini juga dilengkapi dengan airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.

Tidak hanya untuk keamanan dalam berkendara, namun keamanan untuk berbagai komponen mobil yang menyangkut masalah kelistrikan juga sudah dipertimbangkan sebaik mungkin. Keamanan ini sudah diperhitungkan dengan matang oleh para ahli sehingga aman digunakan dalam berbagai keadaan dan cuaca.

2. Aman Terhadap Banjir

Wuling Air ev aman untuk berkendara saat cuaca hujan dan banjir. Pada dasarnya, kondisi hujan atau bahkan banjir telah diperhitungkan oleh para ahli yang menciptakan mobil listrik. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir untuk berkendara dengan mobil listrik saat musim hujan dan banjir.

Beberapa keunggulan mobil listrik yang membuatnya tahan terhadap banjir:

Situasi Hujan Sudah Diperhitungkan

Para produsen mobil listrik sudah melengkapi mobil dengan menggunakan pelindung pada beberapa komponen vital, seperti baterai yang telah dilindungi dengan segel khusus yang bersifat kedap. Itu artinya, mobil ini aman digunakan untuk berkendara saat musim hujan atau bahkan melewati genangan air sekalipun.

Aman Melewati Genangan Air

Mobil listrik dirancang dengan bahan terbaik untuk menjamin bahwa kendaraan ini aman jika digunakan untuk melewati genangan. Jadi Anda tidak perlu khawatir mobil listrik akan mengalami korsleting jika digunakan melewati genangan ketika banjir.

Aman Dicas Saat Hujan

Mobil listrik sebenarnya aman dicas saat hujan. Jadi jika dalam kondisi terpaksa, Anda tetap bisa charge mobil listrik meskipun saat turun hujan. Hal ini karena produsen telah mempertimbangkan hal tersebut dengan matang. Salah satu contohnya adalah dengan membuat kepala charger dan soket listrik kedap air sehingga pengisian daya saat hujan akan tetap aman.

Video Seberapa Aman Air ev Melewati Genangan Air?

3. Baterai Sudah Melewati Tes Ketahanan

5 Fakta Keamanan yang Bikin Air ev Nyaman! - 2

Baterai Wuling Air ev sudah melalui 41 tes uji ketahanan baterai. Tes yang dilakukan ini menunjukan bahwa baterai Wuling Air ev memiliki daya tahan yang kuat. Beberapa hasil tes yang dilakukan untuk menguji daya tahan baterai Wuling Air ev adalah sebagai berikut:

Drop Test

Uji coba ini dilakukan dengan cara menjatuhkan baterai dari ketinggian satu meter dan baterai masih utuh. Tes ini dilakukan untuk mengatasi keadaan darurat.

Flip Test

Uji coba dilakukan dengan percobaan rotasi berulang dalam arah X dan Y, struktur baterai pun masih utuh dan secara efektif dapat mengatasi benturan keras saat berjalan.

Tes Perendaman Air

Baterai direndam di air sedalam 1 meter selama lebih dari 30 menit, dalam keadaan tertutup rapat dan tidak ada aliran air masuk. Uji coba ini dilakukan untuk menangani saat kondisi hujan atau jalan banjir.

Uji Coba Kecelakaan

Dilakukan simulasi tabrakan dalam arah X/Y yang berbeda dengan akselerasi maksimum 28G. Hasilnya baterai tidak memiliki kebocoran atau kerusakan. Baterai masih stabil saat kendaraan mengalami tabrakan.

Uji Pembakaran

Paket baterai dipanggang selama 130 detik dan masih dalam kondisi baik tanpa ledakan atau kebakaran. Baterai dari Wuling Air ev ini aman saat kendaraan menghadapi suhu panas yang ekstrem.

Uji Coba Getaran

Setelah tiga hari baterai digetarkan dengan kekuatan hingga 24Hz, paket baterai tetap stabil, aman, dan bebas masalah. Dengan tingkat kestabilan yang tinggi, baterai bisa menghadapi kendaraan yang tidak stabil karena kondisi jalan.

Oh ya sebelum melanjutkan membaca, Wuling punya informasi menarik yang sayang untuk kamu lewatkan.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan brosur kami yang informatif.

Download Brosur BinguoEV

Download Brosur Alvez

Download Brosur Almaz Hybrid

Download Brosur Air ev

Download Brosur New Almaz RS

4. Kemudahan dan Keamanan Pengisian Daya Baterai

Wuling Air ev dilengkapi dengan fitur Easy Charging sehingga memudahkan pemilik mobil untuk mengisi daya di rumah. Dalam pembelian unit Wuling Air ev akan dilengkapi dengan 2 sistem easy charging, yaitu Socket Box dan Charging Pillar.

Socket Box Air ev berisi socket atau colokan listrik dan alat pengaman elektrikal. Jenis socket charging yang digunakan adalah jenis AC GB/T. Socket Box ini mampu meneruskan daya listrik sebesar 2200 W. Sedangkan Charging Pillar Air ev sudah dilengkapi charging gun sehingga bisa langsung dicolokkan ke mobil listrik. Pilar ini mampu meneruskan daya listrik hingga 7700 W.

5. Usia Daya Tahan Baterai yang Mumpuni

Daya tahan baterai mobil listrik dibuat lebih lama sehingga mampu menunjang aktivitas sehari-hari tanpa harus sering melakukan pengisian daya di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Usia dan ketahanan baterai mobil listrik berbeda-beda tergantung dari jenis, setelan kendaraan, dan frekuensi penggunaan. Namun jangan khawatir, garansi yang dimiliki Wuling Air ev tersedia untuk power battery, drive motor, hingga motor controller dan komponen inti kendaraan termasuk baterai dengan jangka waktunya yang cukup panjang, yaitu 8 tahun atau 120.000 km.

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Find Your Wuling

Find Your
Wuling

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer