5 Perawatan Door Trim Mobil Agar Tetap Awet

23 July, 2022

Image 5 Perawatan Door Trim Mobil Agar Tetap Awet

Door trim merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi cukup penting dan ergonomis bagi kendaraan. Bagian ini terdapat banyak tombol dan fitur sehingga perlu dirawat dengan baik agar fungsi tombol tersebut bisa optimal.

Door trim atau panel pintu pada kendaraan biasanya dilapisi dengan bahan kulit baik material kulit asli atau kulit sintetis. Pada bagian ini, terdapat banyak tombol dan berbagai fitur yang menunjang kenyamanan dan keselamatan saat berkendara sehingga harus dijaga dengan baik.

Untuk memastikan bahwa semua tombol dan fitur yang ada di panel pintu berfungsi dengan baik, Anda harus merawatnya. Selain itu, door trim yang terawat juga membuat tampilan interior mobil menjadi lebih menarik dan terlihat selalu baru. 

Lalu bagaimana cara merawat door trim mobil yang benar? Berikut ulasannya.

Cara Merawat Door Trim Mobil Agar Awet

Cara Merawat Door Trim Mobil Agar Awet

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa pada door trim terdapat banyak tombol dan berbagai fitur. Maka dari itu, bagian ini harus dirawat dengan baik agar fungsi fitur tersebut bisa maksimal. Akan tetapi karena door trim menggunakan lapisan yang berbeda-beda maka cara perawatannya juga harus disesuaikan.

Berikut ini beberapa tips dan cara merawat door trim mobil agar selalu bersih dan semua fitur yang ada di dalamnya bisa berfungsi optimal:

1.1. Gunakan Vacum Cleaner 1000x569

1. Gunakan Vacuum Cleaner

Cara terbaik untuk membersihkan door trim adalah dengan rutin membersihkannya menggunakan vacuum cleaner. Cara ini cocok digunakan untuk semua bahan lapisan door trim karena vacuum cleaner tidak akan merusak lapisan bahan tersebut.

Vacuum cleaner bisa membersihkan debu dan kotoran hingga di sudut atau celah door trim yang sulit untuk digapai tangan. Cara ini bisa membuat proses pembersihan bagian door trim lebih mudah dan efektif karena semua kotoran dapat tersedot dengan maksimal.

1.2. Gunakan Alat Pembersih Lembut 1000x569

2. Gunakan Alat Pembersih Lembut

Setelah dibersihkan dengan vacuum cleaner, langkah selanjutnya untuk merawat door trim ini adalah Anda bisa membersihkan sisa kotoran yang masih menempel menggunakan sikat nilon lembut dan juga lap kering yang lembut. Tujuannya adalah agar tidak merusak lapisan panel pintu mobil khususnya jika menggunakan material kulit asli.

Gunakan Cairan Pembersih Khusus

3. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Untuk door trim yang menggunakan lapisan berbahan vinyl, Anda harus menggunakan cairan pembersih khusus jika ingin membersihkannya. Hindari menggunakan cairan pembersih yang menggunakan bahan kimia dan pelarut karena bisa membuat warna lapisan vinyl menjadi pudar.

1.4. Bersihkan Tombol tombolnya 1000x569

4. Bersihkan Tombol-tombolnya

Selain membersihkan lapisan door trim, jangan lupa untuk membersihkan semua tombol yang ada pada bagian tersebut. Tombol yang kotor dan berdebu bisa membuat fungsi fitur menjadi terganggu. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dan sikat bulu lembut untuk membersihkan debu dan kotoran yang terdapat di celah-celah tombol pada door trim tersebut.

Bersihkan Secara Rutin

5. Bersihkan Secara Rutin

Salah satu cara untuk membuat door trim mobil adalah lebih awet dan berfungsi dengan baik adalah dengan rutin membersihkannya. Hal ini karena saat membuka pintu mobil, kotoran dan debu dari jalanan sangat mudah menempel pada bagian tersebut sehingga membuatnya cepat kotor. Jika dibiarkan, hal ini bisa merusak fungsi tombol dan fitur yang ada pada door trim tersebut.  

Setiap jenis mobil biasanya memiliki desain door trim yang berbeda-beda. Seperti door trim pada mobil Almaz RS yang memiliki desain luxury dan modern serta dilengkapi berbagai tombol untuk mengendalikan berbagai fitur di dalam kabin. Untuk memastikan semua fitur yang ada pada door trim Almaz RS ini berfungsi dengan baik, Anda harus rajin merawat dan menjaga kebersihan bagian tersebut.

Door trim merupakan salah satu komponen mobil yang dilengkapi berbagai tombol dan fitur penting namun sering terlupa untuk merawatnya. Maka dari itu, jika ingin fungsi fitur pada bagian tersebut selalu optimal, pastikan selalu jaga kebersihan door trim dan rawat dengan cara yang benar.

Buying Consultation

Buying
Consultation

Test Drive

Test
Drive

Find A Dealer

Find A
Dealer

Buying Consultation

Buying
Consultation

Buying Consultation

Test
Drive

Buying Consultation

Find A
Dealer